Tertarik dengan Bitcoin? Berikut Cara Menambang yang Perlu Diperhatikan

Ilhamsadli.com,- Sebagai instrumen keuangan digital, cryptocurrency atau mata uang kripto telah menjadi salah satu investasi yang menjanjikan karena harganya yang tinggi. Saat ini, regulasi mata uang digital di Indonesia telah diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), sehingga legalitas dan kredibilitas mata uang crypto pun tidak perlu diragukan.

cara menambang bitcoin dengan pc

Jenis mata uang ini memiliki beberapa jenis, namun yang paling familiar bagi Anda saat ini mungkin adalah Bitcoin. Daya tarik Bitcoin sebagai mata uang crypto saat ini semakin tinggi, tercatat, hingga akhir Desember 2020, harga Bitcoin bahkan sudah menembus US$22.588 atau setara dengan Rp318,64 juta per koin. Bahkan, menurut CEO Indodax, Oscar Darmawan, harga bitcoin pada tahun 2021 akan terus meningkat dan bisa tembus hingga Rp2 miliar.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin memulai menggunakan Bitcoin atau crypto indonesia lainnya ada beberapa cara untuk mendapatkan Bitcoin, yaitu dengan membeli atau yang biasa dikenal dengan trading, dan menambang atau mining. Berikut cara menambang Bitcoin dengan PC yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Menambang Bitcoin?

Menambang atau mining Bitcoin merupakan salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin, diibaratkan seperti menambang emas. Untuk melakukan mining, Anda memerlukan perangkat komputer dan perangkat lunak (software) pada server mining Bitcoin. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa menambang Bitcoin memerlukan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni, listrik yang besar dan internet super cepat. 

menambang bitcoin dengan pc

Hal ini karena aktivitas menambang bitcoin memerlukan daya komputasi yang besar. Apabila Anda sudah bertekad untuk main Bitcoin dengan cara menambang, Anda perlu memenuhi spesifikasi perangkat yang diperlukan terlebih dahulu. Ketika Anda sudah memiliki perangkat komputer (PC) yang siap untuk memenuhi daya komputasi menambang Bitcoin. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambang Bitcoin.

Cara Menambang Bitcoin Dengan PC (H2)

Memiliki rig penambangan Bitcoin

Hal pertama yang perlu Anda miliki sebelum menambang Bitcoin adalah memiliki rig khusus untuk menambang Bitcoin. Mata uang kripto dapat ditambang oleh perangkat khusus berdasarkan algoritma yang sama, yang biasanya dikenal dengan application specific integrated circuit (ASIC).

Perangkat khusus ini dibanderol dengan cukup mahal, mulai dari Rp20 juta hingga Rp80 juta dan perangkat ini juga sangat sulit didapatkan karena permintaannya yang sangat tinggi. Pemula yang ingin mendapatkan Bitcoin melalui mining perlu memastikan ketersediaan listrik agar proses penambangan tidak terganggu, dan memiliki perangkat penyimpanan data yang besar.

Memiliki dompet Bitcoin

Memiliki dompet Bitcoin juga perlu Anda siapkan karena dompet digital ini akan menyimpan Bitcoin dari aktivitas penambangan. Selain tempat penyimpanan, dompet digital ini juga mengatur darimana saja sumber Bitcoin yang Anda dapatkan. 

Hal ini karena Bitcoin memiliki kode rahasia yang berasal dari kombinasi karakter unik. Dompet digital ini juga dapat berfungsi seperti rekening, jadi Anda dapat menerima kiriman Bitcoin dari pengguna lain.

Bekerjasama dengan penambang lain

Bagi para pemula yang baru menambang Bitcoin, sebaiknya Anda bekerja sama dengan penambang lain di banyak kolam penambangan. Banyaknya penambang besar yang tersebar di seluruh dunia kadang menyebabkan penambangan Bitcoin sendiri tidak terlalu menguntungkan. 

Nah, jika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan penambang lain, biasanya hasil Bitcoin yang didapatkan akan dibagi kepada para anggota sesuai dengan kontribusi pada proses penambangan. Selain itu, para anggota juga harus membayar biaya sekitar 0-2% kepada operator penambang dari setiap Bitcoin yang didapatkan.

Memiliki program penambangan di PC

Setelah memiliki perangkat khusus, dompet digital dan bekerja sama dengan penambang lain, saatnya Anda menambahkan program penambangan di PC Anda. Program ini nantinya menghubungkan Anda ke jaringan Blockchain dan Bitcoin. Soal harga, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan program penambangan ini gratis dan bisa dijalankan di hampir semua sistem operasional perangkat Anda.

Setelah memiliki semua persyaratan dari cara menambang bitcoin dengan pc di atas, artinya Anda sudah siap untuk menambang Bitcoin. Untuk mengetahui harga dan perkembangan Bitcoin terkini, Anda bisa mengunjungi Tokocrypto. Salam to the moon!
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tertarik dengan Bitcoin? Berikut Cara Menambang yang Perlu Diperhatikan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel