Mothers Day in Vietnam Berbeda dengan Indonesia?

Ilhamsadli.com,- Setiap tahun kita pasti pernah merayakan hari Ibu Nasional, meskipun setiap orang memiliki cara merayakan yang berbeda-beda. Misalnya saja ada yang merayakan dengan memberikan hadiah berupa bunga atau kado ke orang tuanya. Sebagian lagi menghabiskan waktu untuk memanjakan ibunya di hari itu. Meskipun kadang kita menemukan meme tentang perayaan hari ibu yang membuat miris.

Beberapa pengguna media sosial misalnya, memanfaatkan momen ini untuk konten media sosial. Bahasa kasarnya adalah hanya untuk pencitraan semata, berfoto dengan orang tuanya, namun ternyata tidak membantu ketika dimintai bantuan. Semoga orang-orang yang seperti ini segera diberikan kesadaran agar tidak mengulang kembali kesalahan tersebut.
Mothers Day in Vietnam

Tentang Mothers Day di Indonesia

Perjalanan panjang hari ibu, jika diungkap berdasarkan sejarah maka hal ini merupakan perjuangan kongres wanita Indonesia yang dimulai sejak 28 Oktober 1928. Karena gerakan inilah kemudian menggugah organisasi perjuangan wanita menggalang persatuan. Dalam acara ini terlibat 7 organisasi perempuan sehingga memutuskan terbentuknya organisasi perempuan Indonesia pertama dan mandiri dengan nama “PPPI atau Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia dan sekarang berubah nama menjadi Kowani.”

Kemudian Presiden Soekarno ketika itu menetapkan tanggal 22 Desember menjadi Hari Ibu. Bahkan sampai dikukuhkan di Ke[res No. 316 tanggal 16 Desember 1959. Tujuannya adalah agar para wanifa bisa mewujudkan amanah founding mother yakni menjadi wanita mandiri dan berbudi luhur.

Bagaimana dengan Mothers Day di Vietnam dan Dunia

Tidak hanya mothers day in vietnam, tetapi hampir di seluruh dunia merayakan hari ibu di tanggal yang berbeda. Kenapa demikian? Saya masih belum menemukan sumber yang benar-benar valid mengenai perayaannya. Akan tetapi secara international sudah jelas peringatan mothers Day di dunia adalah tanggal 9 Mei di setiap tahunnya.

Mengenai perayaannya, tentunya berbeda setiap negara dalam merayakan dan memperingatinya. Beberapa website memuat mengenai bagaimana tata cara perayaan Mothers Day in Vietnam adalah hampir sama dengan budaya jawa ketika lebaran tiba. Sekilas memang terlihat mirip seperti acara sungkeman. Tetapi akan selalu ada yang berbeda.

Kenapa Ada Mothers Day tapi tidak ada Fathers Day?

Pasti sering muncul pertanyaan kenapa hanya ada perayaan mothers day tapi tidak ada fathers day? Tetapi untuk aku pribadi tidak pernah merasa penasaran kenapa tidak ada perayaan fathers day, karena perjuangan paling besar hingga hampir merenggut nyawa adalah seorang ibu. Bayangkan saja betapa melelahkannya seorang ibu.

Selama 9 bulan membawa sesuatu yang disebut buah hati dalam dirinya, bahkan kadang tidak tidur. Untuk berdiri susah, untuk mengubah posisi tidur tidak bisa, dan itu semua tidak pernah dikeluhkan. Bahkan setelah terlahirnya seorang buah hati ke dunia, semua lelahnya terbayar. Hanya ada senyum tulus seorang ibu dan menghiraukan rasa sakit dalam dirinya. 

Jadi sudah seharusnya memang ada perayaan Mothers Day, karena memang tidak ada perjuangan paling akbar selain perjuangan seorang ibu. Semoga dengan sedikit opini ini, bisa menjawab pertanyaan kenapa peringan mothers day itu menjadi penting untuk diperingati.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Mothers Day in Vietnam Berbeda dengan Indonesia?"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel