Apakah Penggunaan Hair Dryer Aman Untuk Hewan Peliharaan Anda?

Ilhamsadli.com,- Banyak yang bertanya apakah penggunaan hair dryer aman untuk hewan peliharaan? Jika dilansir dari pendapat ahli, hair dryer ternyata dapat digunakan untuk hewan peliharaan, selama Anda dapat menjaga jarak antara hair dryer dengan bulu hewan Anda. Bila jaraknya terlalu dekat, maka akan menyebabkan luka bakar yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. 

Memang benar bahwa hair dryer dapat digunakan untuk hewan peliharaan, terutama untuk mengeringkan bulu dan kulit hewan yang basah. Namun, selain harus berhati-hati, Anda juga harus melihat berbagai faktor penting seperti tingkat kebisingan hair dryer, jenis hair dryer dan beberapa faktor penting lainnya.

hair dryer untuk hewan peliharaan

Artikel ini akan memberikan beberapa tips dan alasan yang masuk akal untuk meyakinkan Anda bahwa hair dryer aman dan bermanfaat saat digunakan pada hewan peliharaan. Penasaran? Mari kita simak ulasannya!

1. Ampuh dalam Mencegah Iritasi Kulit

Salah satu fungsi dari hair dryer adalah agar dapat mengatasi masalah kulit yang ada pada hewan peliharaan. Setelah memandikan hewan dengan menggunakan shampoo, tentu masih menyisakan sisa air dan sisa sampo yang menempel di kulit hewan peliharaan Anda, sehingga harus segera dibilas dan dikeringkan.

Agar cepat kering, memang harus menggunakan hair dryer ke seluruh bagian tubuh hewan peliharaan, ini bertujuan agar bulu dan badan hewan Anda tidak lembab dan masih menyisakan air .

Bila ini tidak dilakukan, maka dapat menyebabkan iritasi pada kulit hewan peliharaan dan membuat jamur berkembang biak di kulit. Hair dryer dianggap salah satu alat yang dibutuhkan dan aman dalam mengeringkan bulu dan kulit hewan peliharaan Anda.

2. Mengeringkan Bulu Hewan dengan Aman dan Cepat

Sudah hal umum bahwa hair dryer juga digunakan untuk mengeringkan rambut atau bulu hewan peliharaan. Alasan mengapa hair dryer dipilih karena hair dryer mampu membuat proses pengeringan bulu dan kulit hewan menjadi lebih cepat.

Hair dryer memang baik digunakan, namun seperti yang sudah dijelaskan bahwa ada teknik khusus dalam menggunakan hair dryer kepada hewan peliharaan. Salah satu aturan yang dilakukan adalah dengan mengusahakan hair dryer berjarak cukup jauh dengan hewan peliharaan dan buat volume terkecil supaya tetap aman. Alasannya adalah hair dryer pada umumnya menghasilkan panas yang bisa menyebabkan luka bakar pada hewan. Di samping itu, hair dryer juga menghasilkan suara bising, yang membuat hewan peliharaan Anda takut dan cemas saat Anda mengeringkan badannya.

3. Penggunaan Hair Dryer Bahkan Aman untuk Bulu Hewan Peliharaan Anda yang Panjang

Beberapa jenis hewan peliharaan memiliki bulu yang panjang, khususnya pada anjing dan kucing. Perawatannya juga lebih ekstra dibandingkan dengan hewan berbulu pendek, yang dikarenakan bulu hewan harus dijaga agar tidak rontok, pemilihan makanan yang tepat, harus menyisir dan memandikannya secara rutin. Salah satu cara yang aman dalam menjaga bulu hewan peliharaan adalah dengan menggunakan hair dryer. 

Hewan berbulu panjang aman menggunakan hair dryer bila dilakukan dengan tepat. Ini akan membuat lapisan bawah bulu hewan peliharaan yang sering kusut didorong keluar sampai ke kulit dan menarik keluar rambut rontok yang berasal dari lapisan bawah hewan Anda. 

Bulu yang rontok adalah masalah umum yang terjadi pada hewan peliharaan, khususnya jenis hewan dengan bulu panjang. Dengan menggunakan hair dryer, ini akan memudahkan Anda dalam menyisir dan menata rambut hewan peliharaan, membuat bulu tetap terpelihara dan tentunya menjaga bulu hewan tidak rontok dan berceceran dimana-mana.

Catatan

Bila Anda ingin mengeringkan hewan peliharaan dengan menggunakan hair dryer tanpa bantuan Pet salon, langkah yang dapat Anda lakukan adalah pertama dengan mengeringkan bagian kaki hewan peliharaan Anda terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan badan, ke arah kepala hewan peliharaan, dan terakhir periksa kembali bagian-bagian tubuh mana yang masih basah setelah menggunakan hair dryer.

Bila masih belum kering, gunakan hair dryer pada bagian yang masih basah dan jangan gunakan hair dryer ke bagian tubuh secara langsung, karena ini dianggap membahayakan dan dapat membakar bagian tubuh hewan Anda.

Lalu, Apakah Penggunaan Hair Dryer Aman Untuk Hewan Peliharaan Anda? Sudah pasti jawabannya ya dan sangat berguna!
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Penggunaan Hair Dryer Aman Untuk Hewan Peliharaan Anda?"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel