Tips Memulai Bisnis Coffee Shop yang Menguntungkan

Ilhamsadli.com,- Coffee shop saat ini juga sudah menjadi bisnis yang merajalela di banyak-banyak tempat, baik kota kecil maupun kota besar. Apalagi bagi orang-orang kota, minum kopi adalah sebuah gaya hidup yang kemudian berkembang menjadi trend bagi semua kalangan, dari kawula muda, mahasiswa hingga masyarakat umum.

Sebagai tempat yang kekinian, selain untuk menikmati kopi juga cocok sebagai tempat nongkrong yang mengasyikkan. Bahkan tempat tersebut juga cocok dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan pertemuan penting bahkan mengerjakan pekerjaan kantor atau sekolah. Jadi tidak mengherankan apabila banyak muncul kafe-kafe baru di setiap ruas jalan di kawasan perkotaan.
Memulai Bisnis Coffee Shop


Aspek Penting Menjalankan Usaha

Usaha kafe-kafe seperti itu memanglah memberikan banyak peluang yang sangat menjanjikan. Apakah Anda tertarik menjalankan usaha tersebut? Nah jika iya, ada baiknya sebelum Anda memulai simak dulu beberapa aspek penting berikut ini! 

Tentukan Konsep

Coffee shop yang semakin menjamur, penting untuk memikirkan konsep secara matang supaya bisnis Anda memiliki ciri khas tersendiri. Dengan konsep yang berbeda dari tempat-tempat lainnya, pasti usaha Anda akan stand out dan menarik pelanggan. Menentukan konsep bisa disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Bisa dimulai dengan konsep yang sederhana namun kenyamanan harus tetap diperhatikan.

Sebab pada umumnya orang pergi ke kafe untuk bersantai setelah menjalankan aktivitas padatnya yang lumayan menguras tenaga. Ada juga yang membutuhkan tempat untuk mengerjakan tugas-tugasnya dengan tenang, berlama-lama duduk dan mengobrol.

Cari Tahu Varian Kopi yang Sedang Populer

Untuk menentukan jenis kopi yang akan di sajikan di kafe, Anda perlu melakukan riset kecil-kecilan dengan cara sering berkunjung ke tempat-tempat yang recommended. Dengan begitu Anda akan memperoleh gambaran mengenai kecenderungan varian kopi yang memiliki banyak peminat dan disukai penikmatnya.

Cari Supplier Biji Kopi yang Tepat

Hal penting selanjutnya yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha tersebut yaitu mencari penyedia biji kopi yang berkualitas. Untuk mendapatkan supplier yang tepat, jika Anda punya banyak waktu dan budget lebih, bisa langsung mengunjungi daerah asal kopi tersebut. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar, Indonesia mempunyai banyak jenis dengan cita rasa tinggi yang tersebar di seluruh Nusantara ini.

Jika tidak bisa berkunjung secara langsung, maka carilah informasi-informasi atau kontak supplier yang telah terpercaya. Anda bisa meminta testernya terlebih dahulu, jika sudah cocok dengan rasa maupun harganya, barulah bisa menjalin kerja sama. Supaya usaha coffee shop berjalan dengan lancar, Anda harus memperhatikan tips-tips yang telah dipaparkan di atas. 

Selain itu membuka warung kopi kekinian juga memerlukan sebuah catatan keuangan tersendiri supaya bisnis berjalan lancar. Memiliki laporan keuangan yang tepat dapat mencegah uang pribadi tercampur dengan uang bisnis. Oleh sebab itu, Anda sekarang tidak perlu mencatat laporan keuangan secara manual. 

Sudah hadir aplikasi gratis yang bisa di unduh di Smarthphone Anda. Aplikasi yang dimaksud adalah BukuKas yang bisa memudahkan segala urusan berkaitan bisnis Anda. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis dengan mudah, cepat, dan efisien. Ingin tahu kelebihannya? Unduh aplikasinya sekarang juga!
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memulai Bisnis Coffee Shop yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel