Kekuatan Sebuah Tulisan dan Kekuatan Sebuah Ucapan

Ilhamsadli.com,- Tentang kekuatan sebuah tulisan hingga kekuatan sebuah ucapan, pastilah semuanya sudah tahu dan mengerti. Tidak hanya hanya sekarang, tetapi kekuatan sebuah tulisan maupun kekuatan sebuah ucapan sangat memberikan pengaruh besar. Jika kita kembali memutar sejarah dan luka lama, maka berapa banyak kerajaan yang runtuh karena sebuah tulisan hingga sebuah ucapan, dalam hal ini adalah hasutan. 
Kekuatan Sebuah Tulisan dan Kekuatan Sebuah Ucapan

Kemudian kini bukan lagi berbentuk surat, melainkan bentuk status hingga balasan status. Semuanya bisa jadi sangat berpengaruh. Bayangkan saja bagaimana apabila seorang yang punya nama membuat sebuah tulisan, seperti tulisan milik Tere Liye. Seakan menyihir banyak orang untuk mendukung pemikiran sang penulis, meskipun belum tau titik permasalahannya. Atau ketika seorang publik figur berkata di media tanpa memikirkan sesuatu, tentunya hal ini akan berpengaruh sekali.

Kita sama-sama bagaimana media sekarang ini, semua orang bisa sangat mengerti situasi yang terkini karena adanya media ini. Media seperti youtube, media sosial lainnya juga menjadi salah satu jalan penyebaran informasi ini.

Beberapa hari yang lalu, ada seseorang yang menggunakan media sosial dengan filter ig tulisan “KAFIR” dengan harapa viral. Dan benar viral, lalu apa yang terjadi? Ya dia akhirnya viral, namun viral karena bukan hal positif. Bukan karena prestasi melainkan karena sensasi. 

Tidak habis disitu saja, ternyata kembali muncul seorang wanita di salah satu chanel Youtube yang mengatakan sesuatu tanpa berpikiran bagaimana akibatnya. Dan aku lebih suka dengan statement dari Ernes Prakasa mengenai hal itu. Bang Ernes bilang kurang lebih kalau dia tidak bisa memaksakan seseorang mengerti cara berpikirku mengenai pandemi dan aturan untuk menggunakan masker dan seterusnya, namun untuk kebaikan bersama maka sebaiknya taati apa anjuran pemerintah.

Kembali ke seorang wanita yang asal berbicara tadi, dia benar-benar tidak memikirkan mengenai apa yang diucapkannya. Kebayang gak kalau misalkan dari beberapa orang yang melihat dan mendengarkan ucapan si wanita tadi, bisa berapa orang yang bisa beranggapan yang sama? Lalu lucunya, setelah viral dan ramai dibahas warga twitter baru nangis-nangis minta maaf. Lah, pertanyaannya, kemaren kemana aja ketika selese ngomong itu.

Kekuatan Sebuah Tulisan

Pernah dengar kalimat bahwa satu peluru bisa menembus satu kepala, tetapi satu tulisan bisa menembus ribuan bahkan jutaan kepala. Berapa banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak pacaran setelah membaca beberapa tulisan. Berapa banyak orang yang akhirnya memiliki bisnis besar setelah mengikuti seminar motivasi dan seterusnya?

Hal ini tentu menjadi sebuah bukti bahwa tulisan dan ucapan memiliki kekuatan yang besar. Kemudian, dalam hal negatifnya juga banyak kok. Misalkan berapa banyak yang depresi karena membaca komentar natizen atas dirinya, atau berapa banyak yang bunuh diri karena ucapan seseorang dan seterusnya.

Sederhananya misal, berapa banyak orang yang akhirnya malas bertemu atau mengikuti bahkan menghadiri sebuah acara karena selalu diberikan pertanyaan "kapan kamu lulus?" atau "kapan kamu nikah?", "kapan punya anak?" dan seterusnya. Memang lidah tidak bertulang, tetapi sangat bisa membuat banyak orang tersakiti. Jadi sebuah renungan untuk kita semua, sudah berapa tulisan baik yang kita buat? sudah berapa ucapan yang membuat orang menjadi lebih baik?

Jika masih sedikit maka, mari kita sama-sama merenung dan memikirkan benar-benar sebelum menulis atau mengucapkan sesuatu. 

#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-17
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Kekuatan Sebuah Tulisan dan Kekuatan Sebuah Ucapan"

  1. Aku sih percaya setiap kata yang kita ucapkan atau kalimat yang kita tuliskan sama dengan sebuah doa. Beberapa kali sudah membuktikan sendiri kekuatan ucapan dan tulisan. Jadi sekarang selalu berusaha menulis atau berkata yang baik-baik saja. XD

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel