Cara Cepat Menulis Konten Blog dari Ilmu Content Writers

Ilhamsadli.com,- Cara cepat menulis konten blog yang bebas plagiat menjadi sebuah pertanyaan, ketika beberapa kali mengisi kelas menulisa blog. Karena kebanyakan pesertanya memang belum memilik basic menulis artikel, banyak diantara mereka yang lebih sering dan luwes dalam menulis puisi atau fiksi lainnya. Akhirnya masih pada kaku untuk menulis konten blog. Alasan inilah yang dijadikan mereka mencari cara cepat menulis konten blog dan tentunya bisa berkualitas.
Cara Cepat Menulis Konten Blog dari Ilmu Content Writers

Tetapi kemudian muncul sebuah pertanyaan besar, yaitu apakah diperlukan sebuah teknik tertentu atau mengalir saja? Nah, kalau menurutku pribadi, tentu semuanya itu butuh sebuah proses. Meskipun mungkin cara cepat menulis yang dicari, tetapi kualitas konten atau tulisan tersebut menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan.

Cara Cepat Menulis Konten Untuk Blog

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara cepat menulis artikel blog, tentunya yang jangan sampai terlewatkan adalah artikel seperti apa. Apakah itu artikel untuk tema gaya hidup, kesehatan, teknologi, jalan-jalan, review atau tentang menulis. Karena setiap tema ini memiliki teknik dan cara menulis yang berbeda-beda tentunya. Tetapi mari kita bahas satu persatu.

Cara Cepat Menulis Konten Gaya Hidup

Artikel jenis gaya hidup atau lifestyle ini merupakan jenis tema yang paling umum digunakan. Karena kebanyakan blog personal fokus ke gaya hidup atau membahas banyak hal. Tetapi jika ingin menulis konten tentang ini, maka perlu diperhatikan adalah konten seperti apa yang diinginkan.

Apakah itu konten jenis poin per poin seperti misal “7 rahasia seorang model bisa survive” atau jenis konten yang umum seperti “Dari patah hati menjadi royalti”. Lalu cara menuliskannya dengan cepat tentu adalah menentukan gaya bahasa yang akan digunakan. Semakin ringan bahasa dan susanan kalimatnya, maka semakin banyak kemungkinan untuk dikunjungi. Terutama jika itu soal urusan percintaan, tentunya bahasa yang lebih puitis akan banyak diminati dan khususnya quote tentang cinta.

Cara Cepat Menulis Konten Kesehatan

Jika basic kita adalah orang yang mengerti kesehatan, tentunya menjadi sebuah hal yang penting untuk mencantumkan sumber terpercaya seperti jurnal dan seterusnya. Namun jika kita bukan basic orang kesehatan, sebaiknya gunakan bahasan yang ringan – ringan saja seperti “olahraga sederhana” atau makanan yang baik dan seterusnya. 

Yang lebih penting lagi adalah selalu baca artikel kesehatan seperti dari website kesehatan yang memang terpercaya. Bisa meniru jenis tulisannya dan cantumkan sumbernya agar menjadi sebuah riset yang valid.

Cara Menulis Konten Teknologi

Untuk bisa menulis konten teknologi ini, adalah sebuah pekerjaan yang paling berat menurutku. Karena hampir setiap hari teknologi terus berkembang. Ambil saja contoh brand smartphone yang setiap harinya mengeluarka model dan tipe yang baru. Kenapa? Jawabannya adalah karena persaingan smatphone ini benar-benar ketat. Telat sedikit saja bisa tertinggal jauh untuk brand – brand tertentu. Dan tidak menutup kemungkinan, apabila kalah bersaing ia kana tutup buku. 

Tekno kompas, detik tekno, jalantikus dan beberapa website besar bisa menjadi acuan untuk bisa menulis konten teknologi ini. 

Nah lalu bagaimana cara cepat menulis konten hingga teknik menulisnya?

Ada beberapa metode menulis cepat sebuah konten yang mungkin bisa kamu terapkan suatu saat nanti. Pertama dan utama yang perlu dilakukan adalah memahami tema bahasa, karena ini benar-benar menjadi langkah awal dari semuanya. Kemudian kedua adalah dengan memperbanyak refrensi bacaan terlebih dahulu agar lebih mudah menulisnya.

Ketiga adalah membuat skema tulisan untuk mempermudah proses lahirnya tulisan itu sendiri. Keempat adalah dengan mengamati, meniru dan modifikasi. Karena cara ini menurutku paling ampuh dalam menulis konten, terutama jika dikaitkan dengan pengalamanku menjadi seorang content writer tahun 2015 hingga 2017 lalu. Semuanya benar-benar belajar secara otodidak. 

Dan yang paling sering aku lakukan adalah rewrite, artinya menuliskan kembali sebuah artikel namun menggunakan gaya bahasa yang berbeda dan susunan kalimat yang berbeda. Nah, semoga dengan beberapa cara ini bisa kemudian kamu menulis konten blog dengan cepat serta kualitasnya juga tidak kalah dengan konten web besar lainnya. 

#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-18
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Cara Cepat Menulis Konten Blog dari Ilmu Content Writers"

  1. kayaknya menulis tentang kesehatan yang buat aku "berat" karena bukan berasal dari background kesehatan dan istilah kesehatan palingan juga tau beberapa.
    kalau udah nulis yang diluar "kemampuan" mau nggak mau kudu belajar sendiri di google

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel