Intip Beberapa Tips Dalam Memilih Data Center Terbaik Untuk Perusahaan Kamu

Ilhamsadli.com,- Dewasa ini keberadaan data center yang ada di Indonesia semakin eksis mengingat banyaknya perusahaan yang semakin berkembang, mulai dari perusahaan swasta sampai dengan perusahaan digital seperti start up. Maka dari itu saat ini banyak sekali perusahaan data center yang semakin berlomba menawarkan diri dengan memberikan penawaran yang berbeda kepada perusahaan-perusahaan targetan mereka. 

Nah, bagi anda yang menjadi target pemasaran dari data center. Jangan sampai anda sembarangan memilih data center yang akan anda gunakan untuk perusahaan. Jangan hanya karena harga rendah yang mereka tawarkan, anda menjadi tergiur dan memutuskan secara sepihak tanpa analisa yang matang. 
Intip Beberapa Tips Dalam Memilih Data Center Terbaik Untuk Perusahaan Kamu

Tips Dalam Memilih Data Center Terbaik Untuk Perusahaan

Bagi anda yang masih dalam masa pertimbangan, ada baiknya jika anda membaca penjelasan berikut ini.

1. Cek brand reputation dari data center yang menawarkan diri

Tips pertama sebelum ada memutuskan akan bekerja sama dengan data center yang sudah anda pilih adalah dengan mengecek secara langsung brand reputasi yang mereka miliki. Anda bisa mengetahui informasinya melalui testimoni dari semua pelanggan mereka sebelumnya. Jika testimoni yang mereka berikan lebih kearah positif, anda bisa memasukannya ke dalam daftar list yang akan dipertimbangkan.
Intip Beberapa Tips Dalam Memilih Data Center Terbaik Untuk Perusahaan Kamu

Namun jika testimoni yang diberikan lebih banyak negatifnya, maka sebaiknya anda menghindarkan diri dari data center tersebut. Lebih baik tidak ambil resiko sama sekali dibandingkan sudah terlanjur terjerumus. 

2. Pastikan mereka mampu memberikan pelayanan skalabilitas yang fleksibel

Tips kedua adalah anda harus memastikan data center yang anda pilih mampu memberikan pelayanan penambahan ruang penyimpanan secara berkala mengingat perusahaan anda masih dalam masa pertumbuhan dan akan selalu berkembang. Sehingga penting adanya jika data center yang anda pilih bisa menyediakan ruang tambahan untuk data terbaru dari perusahaan. Maka dengan begitu, anda bisa menyimpan data dalam satu ruang tanpa repot lagi. 
Intip Beberapa Tips Dalam Memilih Data Center Terbaik Untuk Perusahaan Kamu

3. Pastikan mereka memberikan respon terbaik

Karena perusahaan data center adalah perusahaan jasa, tentu kualitas pelayanan yang diberikan perlu disoroti dengan baik. Jika mereka mampu memberikan respon dan juga support yang baik kepada klien mereka bahkan dalam jangka waltu yang lama. Maka anda perlu memasukan mereka ke dalam daftar list perusahaan data center yang perlu dipertimbangkan. 

Karena loyalitas adalah jurus utama dalam sebuah kerja sama. Pastikan mereka memang memiliki layanan customer service selama 24 jam berturut-turut. Sehingga ketika hal yang tidak diinginkan terjadi diluar jam kerja, mereka tetap bisa membantu respon dan melakukan penyelesaian secara cepat dan tanggap. Jika memang pelayanan yang diberikan seperti ini, maka tidak ada yang harus anda khawatirkan lagi. 

4. Pastikan fasilitas ruang kontrol memenuhi kriteria

Satu hal yang pasti diatas semua hal yang sudah disebutkan sebelumnya adalah fasilitas dari data center itu sendiri. Pastikan ruang kontrol yang mereka gunakan untuk menyimpan data klien memilki fasilitas yang sudah memadai. Mulai dari AC, ventilasi, tingkat kelembapan, hingga sistem keamanan yang tersedia di dalamnya. Sehingga kita bisa dengan tenang mempercayakan data perusahaan kepada data center tanpa khawatir serangan dari para pesaing yang ingin membobol data rahasia perusahaan kita. 

Sebenarnya memiliki layanan jasa data center untuk perusahaan adalah sebuah investasi jangka panjang terbaik untuk keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan mata kita. Bisa jadi ancaman bencana dan juga peristiwa-peristiwa tak terduga lainnya datang menghampiri kita. Sehingga untuk mengantisipasi semua bahaya ini, kita percayakan data perusahaan pada data center NEX yang sudah teruji keamanan dan kualitas pelayanannya. 

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Intip Beberapa Tips Dalam Memilih Data Center Terbaik Untuk Perusahaan Kamu"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel