Cara Pengobatan Demam Berdarah

Ilhamsadli.com,- Demam berdarah ditandai dengan berbagai gejala, beberapa diantaranya yaitu demam tinggi, rasa nyeri di bagian otot, tulang dan sendi. Gejala lain yang juga terjadi yaitu sakit kepala, mual dan muntah, adanya bintik kemerah merahan. Apabila gejala ini terus terjadi, sebaiknya kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. 

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk tersebut membawah virus dengue dan apabila menggigit seseorang maka virus tersebut akan menjangkiti orang tersebut. Sehingga, gejala tersebut muncul 4 hingga 7 hari setelah nyamuk menggigit orang tersebut.
Cara Pengobatan Demam Berdarah

Hentikan Gejala Demam Berdarah Secara Alami

Gejala demam berdarah yang dialami oleh seseorang bisa muncul. Namun, beberapa dari mereka bahkan tidak menunjukkan gejala atau tanda – tanda terjangkitpenyakit ini. Alasannya karena mereka mempunyai kekebalan tubuh atau sistem imun yang cukup sehingga bisa terhindar dari virus dengue.
Demam berdarah biasanya harus mendapatkan pertolongan medis untuk menyembuhkan. Obat – obatan dan perawatan dari dokter akan meredakan gejala yang terjadi. Hal ini dilakukan apabila gejalanya sudah termasuk parah sehingga bantuan dokter sangat diperlukan. Dokter akan memberikan beberapa anjuran terkait dengan penyakit ini yang dialami penderita, misalnya : 

- Memperbanyak istirahat

- lebih banyak minum cairan sehingga terhindar dari dehidrasi. Cara ini dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang karena gejala yang terjadi seperti demam tinggi dan muntah.

- Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

- Minum acetaminophen atau parasetamol untuk meredakan nyeri dan demam

- Istirahat total sehingga berbagai aktivitas harus terhenti sampai benar – benar sembuh
Dokter akan memberikan beberapa saran pengobatan lainnya. Biasanya kamu akan dilarang untuk mengkonsumsi ibuprofen, aspirin atau naproxen sodium untuk meredakan gejala demam dan nyeri. Tiga obat tersebut akan menimbulkan pendarahan internal apabila dikonsumsi oleh pengidap demam berdarah dan akan mempengaruhi kadar trombosit di dalam darah. Apabila penderita menjalani pengobatan secara benar maka penyakit ini akan berangsur pulih dalam waktu 3-5 hari lalu akan sembuh total dalam waktu kurang dari 2 minggu.
Penderita demam berdarah biasanya akan merasa lelah saat sudah sembuh dari penyakit ini. Jika yang lain hanya membutuhkan sekitar 2 minggu untuk sembuh, maka penderita yang lain bisa membutuhkan waktu lebih lama yaitu bisa berkisar satu setengah bulan untuk benar – benar bisa kembali beraktivitas.
Pengobatan demam berdarah akan berfokus pada mengatasi hilangnya cairan yang diakibatkan oleh kebocoran plasma dan pendarahan. Penderita akan mendapatkan obat – obatan yang bersifat simtomatik atau mengobati gejala. Apabila penderita mengalami demam, maka akan mendapatkan obat berupa antipiretik (penurun demam), jika mual akan mendapat obat berupa antiemetik, dan lain sebagainya.
Penderita demam berdarah memang harus banyak minum. Alasannya karena demam tinggi, muntah dan anoreksia yang dialami bisa menyebabkan dehidrasi. Selain mengkonsumsi air putih, mengkonsumsi beberapa makanan tertentu juga bisa mengatasi penyakit ini untuk meningkatkan trombosit contohnya seperti jambu biji dan kurma. 
Apabila penderita mendapatkan perawatan di rumah sakit, maka cairan infus akan menggantikan nutrisi cairan yang dibutuhkan. Kadar trombosit akan meningkat seiring perkembangan dan pengobatan. Memperhatikan berbagai gejala yang terjadi selama mengalami demam berdarah sangat penting. banyak – banyaklah berkonsultasi dengan dokter selama masa pengobatan. Apalagi jika penderita tidak mengalami tanda – tanda adanya pemulihan dalam kurun waktu 3-5 hari.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengobatan Demam Berdarah"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel