Tentang Sebuah Rencana Walimatul Ursy Masa Mendatang

Ilhamsadli.com,-  Setiap insan yang jatuh cinta pasti mendambaakan sebuah pernikahan, termasuk aku yang hanya seorang laki-laki biasa dengan penuh kebimbangan dalam menentukan pilihan. Ya, pilihan wanita mana yang akan dijadikan sebagai sahabat sehidup sesurga. Karena jujur, bukan pertama kalinya sebuah pertanyaan terlempar tepat di depan wajah mengenai “dek, kamu kapan mau menikah? Sudah ada calonnya belum? Kamu kan lelaki harus segera menentukan pilihan? Segerakan!”

Begitulah kira-kira beberapa pertanyaan yang lekat dalam ingatan beserta siapa yang memberikan pertanyaan tersebut. Hujan pertanyaan itu memang tidak datang dari orang jauh, melainkan sahabat hingga orang yang sangat kenal denganku. Tetapi bukan itu masalahnya, melainkan ada dorongan kuat dan harapan dari mereka mengenai siapa pilihanku ini. Ya, jujur saja beberapa dari mereka merekomendasikan seorang wanita yang ia kenal dan memang sudah sangat matang menurut mereka.
Tentang Sebuah Rencana Walimatul Ursy Masa Mendatang

Rencana Menikah Di Usia Muda

Aku memang berencana menikah muda. Dulu memang ada rencana untuk menikah di usia 24 tahun tetapi nyatanya setelah 25 tahun belum juga menentukan pilihan. Ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena pernah terluka begitu dalam hingga ya sulit untuk membangun rasa percaya itu lagi. Meskipun beberapa tahun terakhir sempat mengagumi seseorang, namun kemudian semuanya menjadi normal seperti tidak pernah terjadi apa-apa.

Meski begitu, tetap sebuah rencana menikah muda ini ada dalam otak dengan harapan “semoga tahun 2020 ini bisa menemukan dia yang dijadikan sahabat dunia sesurga”. Semoga saja, karena sejauh itu hanya rencana namun sejauh itu pula semua konsep Walimatur Ursy benar-benar sudah ada dalam pikiran. Sebuah konsep minimalis dan sederhana tanpa ada glamor. Karena menutuku pribadi arti Walimatul Ursy sebenarnya adalah perwujudan rasa syukur telah menemukan dia yang lama dinanti.

Jika ada pertanyaan mengenai kenapa harus konsep minimalis? Jujur aku pribadi yang realistis jika berbicara tentang hal yang demikian. Hmmm, mungkin orang yang baru mengenalku akan berkata “ih, ini orang kok gak mengadakan resepsi besar sih, kan tamunya juga bukan keluarga saja, atau mungkin dia tidak punya sahabat?”. Tetapi akan selalu ada sahabat hingga kerabat yang berucap “barakallah ya, walimatul ursy nya sederhana saja ya, biar sisa tabunganmu bisa dibuat usaha nanti kedepannya”, karena memang selalu ada orang orang hebat yang menguatkan.

Arti Walimatul Ursy Dalam Fiqih

Sebuah pernikah dianggap sah apabila telah dilaksanakan akad nikah. Dengan ketentuan harus ada kedua calon mempelai yang secara syariat diperbolehkan untuk menikah (bukan mahram), wali nikah dari pihak perempuan, dua saksi muslim laki-laki, dan ijab qobul. Setelah prosesi akad nikah, diadakanlah walimah sebagai ungkapan syukur kepada Allah, seperti itu penjalasan dalam buku yang pernah aku baca.

Walimatul Ursy atau seringnya disingkat walimah adalah sebuah jamuan makan sebagai ucapan rasa syukur setelah diadakannya akad nikah. Dalam walimah, kedua mempelai beserta keluarga menyiapkan jamuan makan bagi para tamu undangan, kerabat, dan sanak saudara.

Walimah dalam Islam hukumnya adalah sunnah. Ketika Rasulullah Saw mengetahui bahwa Abdurrahman bin ‘Auf telah menikah, beliau bersabda:

“Buatlah walimah walaupun (sekadar) dengan seekor kambing.” (HR. Bukhari)

Rasulullah Saw sangat menganjurkan walimah walau hanya menyembelih seekor kambing. Walimah hendaknya juga tidak dilaksanakan dengan bermewah-mewahan. Meskipun dalam kisah digambarakan bahwa Abdurrahman bin ‘Auf merupakan sahabat yang terkenal dengan hartanya yang melimpah, namun Rasulullah Saw memerintahkannya untuk mengadakan walimah secara sederhana. 

Jadi itulah sebabnya aku pribadi memilih konsep walimatul ursy yang minimalis dan sederhana, selain karena memang beberapa hal. Beberapa faktor ini diantaranya adalah tidak ingin memaksakan diri, kemudian aku sesuaikan juga dengan kemampuan, dan yang lebih khusus lagi adalah tidak ingin merepotkan banyak orang apabila mengadakan konsep walimah yang besar. 

Sederhana tak mengapa asalkan bahagia dan tetap bersyukur. InsyaAllah...
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

30 Komentar untuk "Tentang Sebuah Rencana Walimatul Ursy Masa Mendatang"

  1. Wahhh djsdi walimayul ursy arti sebenernya ttg rasa syukurnya itu ya..

    Ah mas Ilham bru meleset setahun dri keinginan nikah muda kan. Udah lgsg aja klo gtu skrg nikah. :D


    Aku, malah ga pernah ada target nikah umur berapa.. Sekarang?? Hmmmm gituu lahhh, duh gimanaa yaaa.. Iihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... iya lewat setaun haha

      Hapus
  2. Walimatul ursy, kata yang sering aku lihat di sebuah undangan. Kirain artinya undangan hahaa
    .
    Trnyata isi artikelnya ada curhtnya wkwk..
    Semoga akan indah pada waktunya

    BalasHapus
  3. Ooo jadi gitu maksud walimatul ursy. Aku pikir artinya akad nikah, rupanya tentang syukuran saat akad nikah. 🤭

    Jadi sekarang udah nentuin pilihan belum mas ilham??

    BalasHapus
  4. Semoga postingan ini segera berbuntut undangan yaa bang, 😔

    BalasHapus
  5. Walimatul ursy artinya jamuan makan sebagai bentuk rasa syukur ya, kadang kala ada yg bermewah2 dan pernah liat makanan yg terbuang2 gitu ga pada habis makannya, sering sebagai pusat membanggakan diri juga kalau ku lihat sie, habis walimah ehhh langgeng bentar doang sayang banget duitnya ya.

    Kalau kata ustad mending dikasih mahar besar ,walimahnya sederhana aja . Gimana tuh kak wkwk jangan sampai mahar hanya seperangkat alat shalat dan uang sebesar tgl nikah misal 2020 kan kecil banget hahahah.
    .
    Jangan lupa undang aku ya kalau walimah kak wkwk, tapi mau datang ke akad aja hahaha karena berkahnya ada disitu siapa tau aku ketularan wkwkw

    BalasHapus
  6. Cie cieee... yang mau menikaaah.. Usia 25 ma bukan menikah muda, Mas. Itu dah cukup usia matang. Saya dukung, Mas dengan menikah sederhana. Kebanyakan orang sekarang menunda menikah hanya karena gengsi untuk merayakan besar-besaran. Yang biayanya pasti sudah puluhan juta bahkan ratusan. Yang terpenting kan sah dimata Allah ya, Mas.

    BalasHapus
  7. Saya meleset 4 tahun Mas Ilham. Hahaha. Alhamdulillah bertemu jodohnya dengan cara yg tak diduga, lewat Facebook doang. Sekarang udah bahagia (insya Allah), udah punya anak 3. Percayalah, kalo yg namanya jodoh itu pasti dipermudah prosesnya. Tetap semangat dan ikhtiar. Orang bilang, kita akan bertemu orang yang baik ketika kita mau berusaha menjadi baik. So, terus perbaiki diri.

    BalasHapus
  8. Dulu targetku 23. Pas memang di usia 23.
    Ultah ke 23 dikhitbah, nikahnya 3 bulan setelahnya.

    Walimatul ursy nya juga sederhana mas. Gak pake nyanyian. Cuma ada alunan musik klasik.

    BalasHapus
  9. Saya aminkan ya, Mas Ilham. Insya Alllah kalau sudah waktunya, akan menemukan jodoh yang pas. Dan dari rencana 24 ke 25 belum terlalu jauh, Mas. Nanti jangan lupa undang saya, jadi sekalian wisata ke Jember hehehe.

    BalasHapus
  10. Sabar, semua akan Indah pada waktunya. Disaat yg tepat dan di waktu yg tepat. Ikhtiar dan berdo'a saja banyak-banyak.

    BalasHapus
  11. Masyaallah... semoga segera bertemu jodoh dan terkabul mengadakan walimatul ursy yang sederhana ya mas ilham. Amiin

    BalasHapus
  12. Setau aku walimah ini di pihak laki2 ya, karna biasanya resepsi di tempat perempuan, cmiiw.

    Wah ternyata mas Ilham masih muda ya, makanya sering galau di twitter hahaha wis semoga ndang ketemu sama yang dinanti Mas, ndang walimahan, aminnn

    BalasHapus
  13. Saya sepakat, walimatul ursy yang minimalis. Karena setelah itu, masih banyak kebutuhan yang datang sebagai kepala keluarga. Semoga 2020 ini diijabah. Aamiin

    BalasHapus
  14. wah harus nyiapin kado kyknya saya kak wkwk..semoga dipermudah ya dan segera walimatul ursy..

    BalasHapus
  15. Sering datang ke undangan walimahan, konsepnya sederhana tapi bener2 dekat seperti kekeluargaan. Saat itu aku pun ada cita2 yang sama, ingin punya acara pernikahan dengan walimahan. Selain hemat, juga ada rasa syukur dengan tidak bermewah-mewahan.

    BalasHapus
  16. Semoga segera didekatkan jodohnya sehingga walimatul ursy yang diimpikan segera jadi kenyataan. Aamiin. Memang lebih baik sederhana saja, yang pentig sah kan ya...biaya bisa dipakai untuk memulai hidup berumahtangga, jadi lebih bermakna

    BalasHapus
  17. Cakep dan bijak sekali nih :) Konsep walimatul ursy yang minimalis dan sederhana memang bagus sih menurutku, ga usah berfoya2 sesuai kemampuan aja, ya apapun alasannya semoga yang "belum" segera ditemukan jodohnya. Sederhana dan sarat makna, cakep!

    BalasHapus
  18. Wah Kak semoga segera dipertemukan dengan jodohnya ya Kak. Aku jadi pengen cerita. Aku ama suami bisa kenal lewat proses taaruf dan itu prosesnya cepet bgt . Kita bener-bener ga kenal sama sekali sebelumnya. 4 kali pertemuan ditemani ama murobi, langsung deh bulan depannya kita nikah. Kami menikah tanpa resepsi dan sederhana. Semua biaya pernikahan dari dia.

    Dan aku mengaguminya. Untuk seseorang yang begitu mapan seperti dia, dia mau menikah dengan sederhana denganku. Dan aku benar2 jatuh cinta padanya. Karena dia tipe laki2 yg begtu sangat menjaga. Slama proses taaruf dan smp hari H. Dia tidak pernah chat aku kcuali bener2 pnting. Itu juga bahasanya singkat dan sopan. Ga pernah pulang memanggil aku sayang atau kata yg menuju k arah sana. Dia begitu menjagaku. Hingga kami halal dan rasanya kami bahagia sekali. Tapi kini aku menyesali. Iya menyesal kenapa ga dari dulu kenal dia dan nikah ama dia wkwkwkw 😂.

    Aku dan dia benar2 merasakan jatuh cinta dan pacaran setelah halal. Dan masyAllah rasanya itu indahhhh sekali karena ada keberkahanNya dan RidhoNya di dalam pernikahan kami. Sekarang tak terasa kami sudah menikah hampir 6 tahun dan rasanya makin cinta. Ingin rasanya ku berkata. Allhamdulillah ya Allah terima kasih Engkau jadikan pernikahan kami bahagia sakinah, mawadah, waromah dan barokah.

    Kami selalu berterima kasih untuk hadir kami satu sama lain bagi pasangan. Doakan ya smga kami bersatu pula smpai jannahNnya nanti 🙏

    BalasHapus
  19. Walimatul 'ursy intinya supaya orang2 tau kita sudah menikah dan ada syukuran sederhana. Ya nggak harus mewah juga kan. Yang penting niatnya supaya pernikahan bisa langgeng sehidup sesurga.

    BalasHapus
  20. masih dibawah 25 tahun usia ku hihi tapi aku juga harap harap cemas tentang jodoh. semoga bisa dipertemukan diwaktu yang tepat

    BalasHapus
  21. Jujur baru tahu mengenai walimatul 'ursy ini aku pikir cuma undangan nikah aja sih. Ternyata ada banyak konsep ya, aku sih dulu cuma akad nikah aja hehe sama syukuran keluarga.

    BalasHapus
  22. Mas ilham dah persiapan euy, hahahaha semoga doa baiknya terkabul mas, semoga dilancarkan rencananya oleh Allah SWT

    BalasHapus
  23. Bagus banget ini cita-citanya mas ilham, semoga terlaksana dan semua mendukung ya mas. Betul yang penting adalah bagaimana kehidupan setelah menikah karena banyak hal yang akan di lalui ke depannya. Bismillah yaa

    BalasHapus
  24. uwii aku sih juga maunya sederhana aja ya acaranya
    namun apalah daya orang tua ingin ini ingin itu banyak sekali
    yaweslah manut wae
    sambil nabung juga

    BalasHapus
  25. Semoga bisa ketemu jodoh yang tepat ya mas. Sepakat banget nih soal walimatul ursy. Biasanya agak terhambat atau ada tantangan dari ortu. Tapi kalau ortu bisa oaham dan kita berkomunikasi baik, jnsya Allah sih lancar

    BalasHapus
  26. Walimatul ursy itu lebih kepada syi'ar nya kalo menurut yang aq baca selama ini.

    Waaaah, barakallah
    Semoga Allah segerakan agar sabit menjadi purnama ya mas Ilham

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel