Mengenal Berbagai Komponen Penyusun Solar Panel Sebelum Pasang

Ilhamsadli.com,- Soal pemanfaatan sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Meskipun, sebenarnya masih ada juga yang belum terlalu memahaminya. Di dunia, tenaga solar sudah banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik, seperti Tiongkok, Filipina, Thailand, Jepang, dan India. Sementara, di Indonesia belum menunjukkan angka yang berarti terkait penduduk yang pasang solar panel

Komponen Penyusun Solar Panel

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu tentang teknologi ini, berikut adalah beberapa komponen untuk pembuatan solar system.

Photovoltaic Modul

Komponen photovoltaic modul inilah yang akan mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan merupakan perangkat semikonduktor. Ada juga jenis photovoltaic modul yaitu monokristalin dan polikristalin dengan efisiensi konversi rata-rata 10-12%. Selain itu, ada juga jenis hybrid silicon PV modul dengan sensitivitas dan efisiensi konversi lebih baik sekitar 16%. Nah, apabila hendak memasang solar panel, pastikan untuk memilih photovoltaic modul yang berkualitas supaya lebih tahan lama dan nilai konversi yang optimal.

Controller

Controller merupakan komponen untuk mengatur tegangan dan arus yang dikeluarkan oleh photovoltaic modul. Bagian inilah yang nantinya mencegah battery overload dengan proses discharge. Ketika hendak proses charging daya ke battery, pastikan satuan tegangan dan volt diperhatikan.

Battery

Perangkat ini tidak akan bisa menghasilkan energi listrik saat mendung atau malam hari karena tidak mendapatkan sinar matahri. Maka, battery jadi pilihan tepat supaya aliran listrik tersimpan dan bisa dialirkan ketika dibutuhkan. Pastikan untuk mengukur besar kebutuhan listrik dan kemampuan photovoltaic modul saat mengisi battery.

Inverter

Energi listrik yang dihasilkan oleh solar system adalah arus listrik DC. Sementara, peralatan elektronik yang umum digunakan adalah AC. Nah, biar bisa digunakan, maka diperlukan inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC.

Bagi kamu yang ingin memasang teknologi panel surya, pastikan untuk menggunakan jasa Sewatama yang telah berpengalaman selama lebih dari 27 tahun. Selain menyediakan jasa pasang panel surya, Sewatama juga merupakan tempat rental genset murah dan terpercaya. Yuk konsultasikan dulu kebutuhan listrik Anda melalui situs Sewatama!
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

2 Responses to "Mengenal Berbagai Komponen Penyusun Solar Panel Sebelum Pasang"

  1. When you want the process of charging power to the battery, you will be forced to make sure the voltage and volt units are considered.

    ReplyDelete
  2. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160 thousand women and men are losing weight with a easy and secret "liquids hack" to drop 1-2 lbs each night in their sleep.

    It's simple and it works all the time.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Go grab a drinking glass and fill it up with water half full

    2) Then learn this weight loss hack

    and become 1-2 lbs thinner the very next day!

    ReplyDelete
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel