EDC Spots, Perangkat Kasir Yang Memudahkan Transaksi

Ilhamsadli.com,- Sekitar tahun lalu, sempat ada sebuah alat baru yang ditujukan untuk mempermudah transaksi di Warung. Mengenai produk yang sepat ramai ini, sempat saya menulisnya di tahun lalu, tetapi saya lupa sekitar bulan apa. Spots ini bisa memudahkan proses transaksi, karena bisa langsung mencetak struk belanja. Jadi spots ini merupakan perangkat kasir mini yang sifatnya otomatis bisa membayar melalui Gopay dengan scan barcode hingga manual transfer gopay.
EDC Spots, Perangkat Kasir Yang Memudahkan Transaksi

UMKM menjadi lebih praktis dalam melakukan perekapan pemasukan dan pengeluaran. Karena kebanyakan UMKM memiliki keluhan dan kesulitannya dalam satu bidang. Karena tahun 2020 sudah  menjadi tahun yang serba digital, aslinya semenjak tahun 2019 lalu sih. Segala sesuatunya bisa menggunakan transaksi online. Apalagi kebiasaan sekarang ini, lebih banyak yang memilih menyimpan uang virtual dalam bentuk saldo tertentu daripada menyimpan uang cash.

Kesulitan UMKM Bidang Kuliner

UMKM yang sedang berkembang pesat sekarang ini adalah bidang Kuliner. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena memang muncul banyak sekali inovasi makanan yang berdar, misalnya saja yang berdar di kabupaten Jember. Ada ayam geprek yang setingkat lokal dan ada juga yang setingkat nasional, lalu ayam pelakor dan seterusnya. Dalam sub bagian minuman, banyak sekali minuman hits yang berkembang, khususnya kopi – kopian hingga teh.

Akan tetapi, menjadi seorang pengusa bagian kuliner ini, pasti akan menemukan kerikil ketika melakukan perjalanan. Apalagi dengan dunia yang serba digital. Berikut ini beberapa kesulitan yang sering ditemui UMKM bidang kuliner.

Managemen Pesanan antara online dan offline

Butuh keahlian untuk bisa memengemen pesanan baik online maupun yang offline. Tentunya akan susah untuk memanagenya, haruslah memilih orang-orang tertentu yang memang expert dalam bidang. Dengan EDC Spots, semuanya bisa dilakukan oleh satu orang saja meskipun mungkin hanya 2 orang saja yang mengelola UMKM itu.

Masih Hanya menerima Pembayaran Bentuk Tunai

Masih banyak UMKM yanh hanya menerima pembayaram via tunai, jadinya akan susah untuk berkembang. Terutama di era yanh serba digital atau era 4.0. Mereka perlu untuk diajak berkembang agar bisa mudah dan berpeluang untuk terus mengalami perkembangan.

Struk masih manual

Ada juga yang masih menggunakan struk manual. Bukannya kenapa, tetapi ketika menggunakan struk manual ini kemungkinan struknya hilang atau lupa menaruh akan menyulitkan ketika menghitung berapa pengeluaran dan pemasukan dalam sebulan terakhir. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan satu perangkat kasir bernama Spots.

Kemudahan Menggunakan Perangkat Kasir Mini

Dengan menggunakan perangkat kasir EDC Spots ini, konusmen maupun pemilik UMKM mendapatkan kemudah dan keuntungannya masing-masing. Konsumen bisa memilih menggunakan tunai, gopay atau debit atau mungkin juga kartu kredit.

Cara pengoperasiannya juga terbilang mudah dan simple. Jadi siapapun bisa menggunakan alat ini dengan mudah. Jadi tunggu apalagi? Segera miliki alat ini ya...

Fitur Perangkat Kasir SPOTS

Spots adalah aplikasi kasir online dan biasanya digunakan untuk mengelola pesanan yang merupakan produk dari GOJEK. Spots ini sangat membantu bagi para pemilik UMKM hingga usaha kuliner yang memudahkan transaksi. Mesin EDC (Electronic Data Capture) Spots mendukung banyak metode pembayaran.
EDC Spots, Perangkat Kasir Yang Memudahkan Transaksi

Sebelumnya, Spots hanya digunakan ketika melakuka pembayaran menggunakan Go-Pay, tetapi setelah tahun lalu, kini mesin EDC Spots sudah bisa melakukan payment menggunakan kartu debit. Lalu, kini sedang dikembangkan metode pembayaran baru yaitu Credit Card atau kartu kredit.
Perangkat kasir ini sebenarnya kini sudah terintegrasi dengan Gobiz. Gobiz ini memiliki banyak sekali manfaat, khususnya untuk para pemilik UMKM dan pemilik usaha kuliner. Karena memang Gojek menyiapkan perangkat ini untuk para pemilik UMKM.

Apa yang bisa dilakukan dengan EDC Spots ini adalah mengatur menu, menerima pesanan GoFood, mencatat berbagai tipe pembayaran, membuat promo dan diskon. Dan pemilik UMKM bisa mendapatkan laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS tadi.

Spots juga bisa dengan mudah untuk mencetak struk pembelian, dan ini sangat praktis. Tinggal memilih transkasi yang dilakukan dan mencetaknya secara langsung, karena mesin EDC Spots ini sudah include dengan mini printernya.

Seputar Mesin EDC Spots

Menurutku pribadi, mesin yang namanya EDC Spots ini bisa sangat membantu dalam management keuangan para pelaku dan pemilik UMKM kuliner. Makanya pelaku UMKM ini harus nemiliki 1 mesin EDC ini.
Lalu sebenarnya? Berapa harga mesin EDC Spots ini.

Sebenarnya untuk proses pwndaftaran saja cukup membayar 450.000, lalu untuk tambahannya adalah tentang harga sewa mesin ini hanya 4900/hari.

Sekarang jika ada yang penasaran, maka cukup dengan berburu informasinya di akun officialnya Spots.


Akun Official Spots 
Website : https://spots.co.id/
Facebook : https://facebook.com/spots.id
IG: :https://instagram.com/spots.id
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

43 Responses to "EDC Spots, Perangkat Kasir Yang Memudahkan Transaksi"

  1. Spots ini memang memudahkan banget ya bagi pemilik usaha, dan sebagai pembeli saya juga merasa lebih praktis karena enggak perlu pakai uang tunai...

    ReplyDelete
  2. Buat yang melayani penjualan, ini ngebantu banget ya. Buat konsumen yang type suka cashless juga pasti suka

    ReplyDelete
  3. Bener bang, ini ngebantu UMKM banget. Soalnya bahakan mesin serupa bisa lebih mahal loh. Di sini sudah banyak warung-warung pinggir jalan pake ini. Apalagi konsumen kayak aku yang jarang pegang uang tunai.

    ReplyDelete
  4. Setuju, ngebantu banget buat UMKM dalam me-manage keuangan dengan perangkat Spots ini

    ReplyDelete
  5. Di Medan saya belum nemu de warung warung yang pake alat kasir kayak begini.
    Apa masih daerah di pulau jawa saja kah?

    ReplyDelete
  6. Suka banget deh dengan kehadirang mesin EDC Spots ini, memudahkan untuk selalu cashless, jadi dompet terlihat kosong melulu, anak nggak bisa minta-minta duit, karena dipikir maminya bokek mulu hahaha.

    Tapi saya memang suka cashless sih sejak dulu :D

    ReplyDelete
  7. Saya yakin EDS Spots ini signifikan membantu program Gerakan Nasional Non Tunai dari pemerintah pusat. Soalnya jangkauannya bisa sampai pedagang kaki lima. Mereka bisa menjadi bagian dari cashless society.

    ReplyDelete
  8. Aku juga lebih suka cashless sih. Tapi ya bahaya juga nih, jagi gampang jajan. Hehe...Deket rumah udah mulai banyak gerai yang pakai SPOTS. Kan aku tinggal melipir...

    ReplyDelete
  9. Di ujung jalan komplekku, banyak sekali tuh pedagang makanan di malam hari. Semuanya pakai gerobak biasa. Tapi sudah pakai EDC spots, dong. Memang ramai sekali sih pembelinya. Apalagi kalau malam minggu, ya. Dengan kehadiran EDC spots ini jelas sangat membantu. Bayangin deh, UMKM begitu kan tenaganya cuma 1-2 orang. Sambil masak, melayani pembeli, membungkus, kalau sekalian ngurusin bon pembelian, pasti keteteran, ya.

    ReplyDelete
  10. Aku juga sudah melihat usaha kecil di pinggiran jalan suda memakai spots ini dan jadi lebih mudah pengelolaanya mulai dari struk, rincian pemasukan harian, dan juga kemudahan pembayaran bagi pembeli. Mesinnya kecil gitu tapi manfaatnya gede ey

    ReplyDelete
  11. Keren ya gojek, buat kemudahan seperti ini. Ini memudahkan juga lho buat pembeli. Hari gini ya, aku jarang bawa uang cash, lebih suka pakai digital wallet 😄

    ReplyDelete
  12. Ooo alatnya sewa juga ya, kirain perusahaannya gitu yang nyediain. Hehe

    Dengan adanya mesin ADC Spots ini pembayaran jadi sangat mudah ya.

    ReplyDelete
  13. Pas dan keren nih yg punya usaha di rumah. Buatku kayaknya perlu banget. Soalnya masih manual banget di warung.

    ReplyDelete
  14. iya loh
    aku udah nemu banyak toko-toko kecil dan umkm-umkm yang pake spots ini loh
    ternyata memang ramah, murah dan efektif buat mereka

    ReplyDelete
  15. Sekarang transaksi keuangan sudah dimudahkan dengan adanya mesin-mesin edc seperti mesin edc spots yang sangat memudahkan merchant dan pemilik usaha lainnya untuk transaksi keuangan mereka agar lebih simpel.

    ReplyDelete
  16. Iya. Saya juga sudah sering lihat mesin SPOT ini di penjual minuman ke kinian yang ada dipinggir jalan. Jadi mempermudah transaksi sih. Apalagi di zaman cashless kayak sekarang.

    ReplyDelete
  17. Nah, ini pas sekali, Mas Ilman. UKM itu sebenarnya sangat berpotensi. Tapi kadang terkendala urusan promosi dan pembayaran. Khususnya pembayaran, ribet juga kan harus pakai manual. Misalnya ditulis dulu di bon. belum pembayarannya, belum cari uang kembalian.
    makanya pas nih, ada SPOTS. Jadi masalah pembayarannya cepat, mudah, dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  18. Ternyata sewanya bisa harian gtu ya. Biaya adminnya juga cukup terjangkau tu, kupikir selama ini jutaan lho. Enaknya mesin EDC buat penjual jd lbh mudah merekap transaksi harian dan ngitung laba ya. Sedangkan buat pembeli enaknya bisa transaksi secara cashless.

    ReplyDelete
  19. Semakin praktis ya kalau mau menjalankan UKM ini... Ada dukungan teknologi yang bikin transaksi jadi lebih mudah dan tercatat dg baik. Skalian print struk nya kan mesin EDC Spots ini

    ReplyDelete
  20. Beberapa minggu lalu saya liat mesin ini di penjual telur grosir langganan saya. Sempat bertanya-tanya, usaha kecil ngapain pake mesin begituan. Ternyata ini lho manfaatnya..

    ReplyDelete
  21. Harganya terjangkau ngga Ka? Mudah-mudahan terjangkau, soalnya membuat praktis dari sisi customer dan juga umkm deh.

    ReplyDelete
  22. Asli, bikin transaksi mudah baget. Kemaren sempet transaksi di chatime, gampang banget degh

    ReplyDelete
  23. Pakai EDC SPOT ini berasa mempekerjakan akuntan, kepala pelayan, dan manajer keuangan. Dan gaji total yang dikeluarkan hanya Rp 4.900,-
    Keren, laah...

    ReplyDelete
  24. Asik sih kalau sudah digital kayak gini, jajan-jajan bisa lebih praktis. Tidak hanya memudahkan pelanggan tapi juga memudahkan pemilik warung untuk menghitung transaksi, keuangan dan lain-lain. Semoga bisa merata ya bisa sampai ke daerah-daerah juga

    ReplyDelete
  25. SPOTS memang membantu banget nih. Aku ya lebih suka cashless sih, jadi engga repot. Apalagi dekat rumah banyak gerai yang udah pakai SPOTS

    ReplyDelete
  26. Spots ini sering saya lihat di rumah makan rumah makan sekitar kantor neh. Terus kalau ada bazar juga pada pakai ini. Mungkin karena memang memudahkan dan membantu traksaksi ya Mase

    ReplyDelete
  27. SPOTS ini bikin mudah kalau belanja. Kemarin gak bawa cash bisa mesen dan bayar lewat SPOTS ini. Malah kata penjualnya uangnya langsung masuk rekening jadi mudah ditracking hehe

    ReplyDelete
  28. EDC yang paling efektif memang. Aku sendiri pernah kerja offline dulu dan menuntut selalu pakai EDC. Memang terasa sihapa yang sudah dibahas di atas. EDC SPOTS ini memang ngebantu banget,

    ReplyDelete
  29. Zaman serba cashless seperti sekarang memang lebih nyamannya bayar pakai mesin EDC, jadi gak perlu repot2 lagi baik si penjual dan pembelinya, cocok banget lah kalau UMKM sudah pake mesin EDC SPOTS

    ReplyDelete
  30. alhamdulillah saat ini berkat digitalisasi, transaksi pun menjadi semakin mudah ya mas. Aku juga kemarin jajan seblak, trus kasirnya ya akang-akang itu juga dan udah pakai EDS spots ini

    ReplyDelete
  31. Tukang sate yang jualan depan komplek rumahku, paymentnya pake EDC Spots ini. Keren loh, bisa menyasar ke kuliner kaki lima. Jadi makin mudah untuk berjualan.

    ReplyDelete
  32. Nah UMKM binaanku kemarin udah beberapa mulai pakai ini. Dan menurut pemaparan mereka cukup efektif dalam transaksi. Yang paling bikin efektif adalah tidak perlu lagi cari tukeran uang receh untuk kembalian.

    Tapi masih juga kok menerima penggunaan transaksi tunai. Karena beberapa masyarakat atau konsumen masih belum menggunakan alat transaksi non tunai..

    ReplyDelete
  33. Liat warung-warung kecil ditempatku udah banyak pakai ini. Jadi harganya jelas juga dan cepat buat ngitungnya ya

    ReplyDelete
  34. Makin canggih ya ham sekarang. Klo transaksi dah ada mesin edc kayak gini.

    ReplyDelete
  35. Murah juga ya Ham ga sampai 500k. Praktis nih, pas banget buat pengusaha baru biar ga ribet sama urusan pendataan penjualan. Ga perlu repot mikir ada yang terlewat pencatatan. Enaknya lagi banyak fungsi tuh EDC. Boleh nih dicoba di Lamongan.

    ReplyDelete
  36. Butik aku juga nanti akan aku pakaikan ini. Soalnya murah bgt harga sewanya. Sekitar 150rb perbulan dan pasti akan memudahkan pembukuan bgt daripada terima cash.

    ReplyDelete
  37. Sekarang zaman serba cashless ya jadi tentunya kehadiran mesin EDC sports ini juga sangat memudahkan terutama untuk para UMKM

    ReplyDelete
  38. untuk di kelontong bsa ga pak?? saya mau pasang neh,,, mohon infonya pak..

    ReplyDelete
  39. beli martabak pinggir jalan aja skrg dan bayar pake spots mas, keren betul wkwkw

    ReplyDelete
  40. Alright...

    What I'm going to tell you might sound pretty creepy, and maybe even a little "out there..."

    HOW would you like it if you could simply hit "PLAY" and LISTEN to a short, "musical tone"...

    And magically attract MORE MONEY to your life?

    What I'm talking about is thousands... even MILLIONS of DOLLARS!!

    Do you think it's too EASY? Think it's IMPOSSIBLE?!?

    Well, Let me tell you the news..

    Usually the greatest blessings life has to offer are the easiest to RECEIVE!!

    Honestly, I'm going to PROVE it to you by allowing you to PLAY a REAL "magical abundance tone" I developed...

    You simply hit "PLAY" and watch as your abundance angels fly into your life.. starting pretty much right away..

    GO here NOW to PLAY the wonderful "Miracle Abundance Sound Frequency" - as my gift to you!!

    ReplyDelete
  41. Dulu aku sempet mikir pengen buka usaha,tapi bingung kasir nya gimana. Sekarang udah ada spots, jadi merasa ini solusi banget. Apalagi metode pembayaran nya sekarang udah bisa pake Gopay..

    ReplyDelete
  42. EDC bagi kasir memudahkan usaha dan bisnis kita menjadi lebih modern serta memudahkan konsumen dalm melakukan pembayaran baik secara tunai maupun non tunai

    ReplyDelete
  43. Mesin EDC SPOTS ini membantu para UMKM untuk lebih mudah mengelola keuangan ya. Tapi sepertinya di Kendal belum ada UMKM yang menggunakan mesin EDC SPOTS ini.

    ReplyDelete
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel