Mengenal Lebih Dekat Tentang Software Payroll & Manfaatnya

Ilhamsadli.com,- Software Payroll sendiri sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki jumlah karyawan yang banyak. Mengelola urusan penggajian para pegawai dengan jumlah yang tidak sedikit menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, khususnya bagian tim HRD. Mengurus gaji karyawan juga membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak kalah besar dari urusan-urusan perusahaan yang lain. 

Di Indonesia sendiri, penggunaan software payroll sudah marak digunakan. Terlebih lagi sekarang banyak provider software payroll yang menawarkan dengan fitur-fitur lengkapnya. Mulai dari yang hanya mengurus gaji karyawan hingga sampai pelaporan pajak dan terintegrasi ke sistem akuntansi. Berbagai jenis software payroll tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Mengenal Lebih Dekat Tentang Software Payroll & Manfaatnya

Memilih software untuk mengelola payroll dibutuhkan riset dan informasi yang matang agar bisa berjalan sebagaimana mestinya yaitu mempermudah perusahaan mengenai urusan penggajian pegawainya. Menggunakan software payroll buatan Indonesia menjadi pilihan yang tepat untuk efektivitas dan produktifitas dalam perusahaan khususnya bagian Human Resource Development. Berikut ini sedikit informasi mengenai software payroll yang perlu diketahui..

Manfaat menggunakan software Payroll Indonesia

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan kini mempercayakan urusan gaji-menggaji karyawannya dengan software payroll. Selain lebih mudah dan praktis, berikut beberapa manfaat menggunakan software payroll Indonesia. 

1. Intergrasi antar sistem yang otomatis

Salah satu manfaat perusahaan kini banyak menggunakan software payroll Indonesia karena sudah terintegrasi ke beberapa sistem sekaligus. Misalnya untuk menghubungkan gaji karyawan ke e-SPT, e-banking, dan BPJS, semuanya bisa dilakukan hanya dalam 1 software payroll tanpa harus melakukan di tempat yang berbeda. 

2. Perhitungan gaji karyawan lebih akurat

Menghitung gaji karyawan secara manual sangat rentan terjadinya ketidaktelitian yang berujung pada kesalahan dan kerterlambatan dalam penggajian. Untuk menghindari hal-hal yang seperti itu, penggunaan software payroll Indonesia dapat meminimalisir resiko kesalahan. Software payroll juga dikenal lebih akurat dengan kalkulasi otomatisnya. 


3. Mengorganisir lembur, cuti, dan izin dengan mudah

Kehadiran software payroll membantu perusahaan dalam melakukan pendataan seputar lembur, izin, cuti, absensi karyawannya yang dapat dihubungkan langsung dengan jumlah gaji yang diterima. Selain lebih sederhana, menggunakan software payroll Indonesia juga praktis karena data-data langsung tersedia dalam satu software. 

Software Payroll sebagai investasi  Jangka Panjang

Berinvestasi pada sebuah software payroll untuk perusahaan bukanlah hal yang merugikan. Malahan menjadi sebuah asset yang bernilai. Menggaji karyawan secara tepat, akurat, dan tepat waktu merupakan investasi. Produktivitas karyawan meningkat serta perusahaan pun menjadi lebih diuntungkan dan berkembang. 

Menggunakan software payroll juga membantu memajukan payroll provider asal Indonesia agar lebih dikenal luas. Tak hanya itu, berinvestasi dalam urusan payroll menjadikan perusahaan lebih mudah dalam meraih tujuan strategisnya. 

Itulah hal-hal yang perlu diketahui seputar software payroll dan manfaat penggunaan nya di indonesia. Semoga bermanfaat.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

2 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Tentang Software Payroll & Manfaatnya "

  1. Kayaknya hampir semua perushaan yang gede pake sistem payroll deh. Kalo enggak ya mampus aja masih pake manual. Ya kalo pegawenya bisa dihitung dengan jari. La kalo ribuan, pingsan yang ada.

    BalasHapus
  2. Ijin tuk jadikan bahan buat makalah kak

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel