Pertumbuhan Gigi Seri Pada Anak

Ilhamsadli.com,- Bagi para orang tua, tentu perlu tahu pertumbuhan gigi anak. Gigi seri merupakan salah satu yang paling penting. Karena, fungsi dari gigi ini penting untuk keberlangsungan hidup. Penggunaan gigi sangat membantu untuk konsumsi sehari-hari. Untuk itu, alangkah baiknya para orang tua mengetahui pertumbuhan gigi anak.

Secara umum, pertumbuhan dari gigi pada anak memang terus berlangsung. Jika mengetahui pertumbuhan gigi, maka bisa memberikan nutrisi yang seimbang. Jadi, akan sangat membantu untuk membuat gigi yang tumbuh menjadi berkualitas. Tentunya, semua orang tua menginginkan pertumbuhan dari sikecil yang lebih baik. Ketahui lebih lengkapnya mengenai pertumbuhan gigi seri pada anak secara lengkap dibawah ini.
Pertumbuhan Gigi Seri Pada Anak

Pertumbuhan Gigi Seri Anak Lengkap

Adanya pertumbuhan dari gigi pada anak tentu berjalan dengan waktu tertentu. Ini dia pertumbuhannya:

Usia 6.5 Bulan

Pertumbuhan dari gigi seri pada anak muncul sejak usia 6.5 Bulan. Yaitu, berada pada bagian rahang bawah. Jadi, untuk pertumbuhan dalam hal ini tentu sangat diperlukan pada bayi. Terlebih, pada usia 6.5 bulan yang memang tergolong masih kecil. Jadi, alangkah baiknya untuk bisa diberikan nutrisi yang seimbang.

Meskipun, masih termasuk pada gigi susu. Artinya, nantinya gigi ini akan tergantikan dengan gigi yang permanen. Meskipun begitu, tetap dibutuhkan nutrisi yang memang harus disesuaikan dengan kebutuhan dari anak. Jangan sampai, tidak diberikan nutrisi yang seimbang. Para orang tua tentu harus memahami hal ini dengan benar.

Usia 7.5 Bulan

Saat si kecil dalam masa usia 7.5 bulan, maka akan terdapat gigi seri di bagian rahang atas. Bagian rahang atas memang memiliki fungsi yang begitu baik. Tentunya, untuk membantu dalam konsumsi makanan sehari-hari dari anak. Jadi, pertumbuhan dari gigi ini juga bisa dibantu oleh para orang tua.

Bagaimana caranya? Sangat mudah! Yaitu dengan memberikan nutrisi berupa kalsium. Karena, gigi sangat membutuhkan nutrisi berupa kalsium yang banyak. Dengan adanya kalsium, maka membuat gigi menjadi lebih kuat. Untuk itu, disinilah orang tua harus memberikan kepada anak sumber nutrisi yang tepat!

Usia 6-7 Tahun

Seiring dengan berjalannya waktu, usia dari anak 6-7 tahun maka akan muncul gigi tepat. Termasuk gigi seri yang tetap. Jadi, gigi yang masih susu akan secara perlahan lepas dari rahang. Kemudian, digantikan dari gigi tetap seri yang berada di bagian rahang bawah ini. Tentunya, pertumbuhan dari gigi tetap ini harus didukung oleh para orang tua.

Jika dibantu dalam pertumbuhannya, maka hasilnya akan berkualitas. Untuk itu, sebaiknya para orang tua memberikan sumber nutrisi yang baik untuk anak usia 6-7 tahun. Serta, perhatikan bahwa gigi dari anak memang berkembang dengan baik.

Usia 7-8 tahun

Selanjutnya, juga berlaku untuk bagian rahang atas. Dimana, gigi susu sebelumnya akan terjadi pelepasan. Kemudian, digantikan dengan gigi tetap ini. Untuk proses dari pelepasannya memang tidak mudah. Namun, ajarkan kepada anak memang hal tersebut akan terjadi.

Setelah itu, akan muncul gigi tetap tersebut. Maka dari itu, berikanlah nutrisi yang baik untuk perkembangan dari anak. Jangan biarkan anak tumbuh dengan nutrisi yang kurang. Jika hal tersebut terjadi, maka kualitas dari gigi seri anak juga menjadi kurang baik.

Bagaimana, sekarang anda sudah paham bukan mengenai pertumbuhan gigi seri pada anak? Jadi, untuk pemberian nutrisi yang berkualitas maka anda bisa memberikannya. Sebagai orang tua, tentu menginginkan pertumbuhan anak yang lebih baik dengan selalu mengukur obesitas anak serta memperhatikan nutrisinya. Semoga bermanfaat!

3 Responses to "Pertumbuhan Gigi Seri Pada Anak"

  1. Anak saya giginya udah rusak, susah bener diajarin sikat gigi pasti teriak-teriak, huhuhu. Semoga aja ntar kalau udah gigi permanen bisa diajarin lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  2. Gigi seri itu gigi susu, itu, bukan, ya? Tapi ada beberapa anak yang bisa jadi pertumbuhan giginya lebih lambat, biasanya disebabkan oleh apa? Apa karena kurang nutrisi?

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat nih, gigi susu anak saya belum semuanya tanggal, masih ada beberapa gigi susu yang enggan lepas padahal seharusnya sudah tanggal semua.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel