Inilah Unsur Makanan Sehat Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Ilhamsadli.com,- Kesehatan seorang anak menjadi salah satu prioritas hidup setiap orang tua. Meskipun daya tahan tubuh setiap anak dalam menghadapi penyakit berbeda-beda, namun tentu ada faktor lain yang mempengaruhi kesehatan anak-anak salah satunya adalah asupan makanan. Untuk menjaga kondisi tubuh anak agar terlindungi dari berbagai penyakit, setiap orang tua harus memahami betul makanan seperti apa yang boleh dikonsumsi oleh anak-anak.

Jika orang tua ingin anaknya senantiasa sehat, tentu orang tua harus bisa memberikan asupan makanan yang sehat dan terjaga kandungan gizinya. Setiap makanan mengandung unsur gizi yang berbeda-beda, para orang tua harus pandai-pandai memadukan setiap kandungan gizi pada makanan agar dapat menyajikan makanan yang sehat untuk anaknya. Berikut kandungan gizi makanan sehat anak yang harus di lengkapi setiap orang tua agar anaknya senantiasa sehat.
Inilah Unsur Makanan Sehat Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan otak dalam proses metabolisme tubuh. Karbohidrat yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan sederhana ini sangat penting dalam proses pertumbuhan anak. Saat masuk kedalam tubuh, karbohidrat akan langsung diubah menjadi glukosa atau gula darah yang berfungsi untuk memberikan energi dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kandungan karbohidrat ini wajib ada pada setiap makanan anak.

Serat

Kandungan lainnya yang wajib ada pada makanan sehat anak adalah serat. Saat menyajikan makanan untuk anak, sangat penting untuk menghadirkan makanan yang mengandung serat. Hal ini dikarenakan serat bermanfaat baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan, menormalkan gula darah, mencegah berbagai penyakit jantung, sekaligus mempertahankan berat badan ideal. Kandungan serat bisa mudah ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Protein

Protein dalam tubuh bermanfaat sebagai zat pembangun jaringan. Saat mengkonsumsi protein, tubuh akan bereaksi dengan mengganti jaringan dalam tubuh yang rusak dengan protein. Kandungan ini sangat penting hadir dalam setiap hidangan anak agar proses tumbuh kembang anak bisa berjalan sempurna. Dalam makanan sehat anak,  protein terdiri dari 2 jenis yaitu protein hewani yang bisa ditemukan dalam daging-dagingan, dan protein nabati yang bisa ditemukan dalam kacang-kacangan.

Lemak

Lemak dalam tubuh berfungsi sebagai asupan yang penting dalam perkembangan otak. Proses perkembangan otak pada anak bisa didukung dengan menyajikan makanan yang mengandung lemak terutama asam lemak omega 3. Namun perlu diketahui bahwa lemak yang dikonsumsi pun harus merupakan lemak yang baik dan memiliki takaran yang sesuai.

Bahan makanan yang mengandung lemak baik diantaranya kacang-kacangan, buah alpukat, minyak zaitun, minyak canola, biji-bijian, ikan, dan telur. Sumber-sumber lemak baik tersebut memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi, sehingga berguna sebagai makanan bergizi untuk anak. 

Vitamin dan Mineral

Kandungan yang wajib ada pada makanan sehat anak lainnya adalah vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini merupakan zat gizi mikro yang sangat mudah ditemukan. Ada banyak bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti sayuran, buah-buahan, makanan hewani, tahu, tempe dan kacang-kacangan. Kebutuhan zat gizi mikro pada tubuh ini harus dipenuhi karena bisa beraktibat cukup fatal jika dilewatkan. Zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral sendiri membantu mendukung fungsi otak, perkembangan organ, saraf pusat, hingga otot.

Itulah beberapa kandungan yang wajib ada pada makanan anak demi mendukung tumbuh kembangnya. Agar proses tumbuh kembang anak visa dijalani dengan baik, penting bagi orang tua untuk menyusun sekian strategi salah satunya dengan mempersiapkan makanan sehat anak dengan teliti. Orang tua juga bisa mulai memperkenalkan kandungan-kandungan gizi di atas dan melibatkan anak saat pemilihan bahan makanan sehingga anak akan terbiasa mempersiapkan makanan sehatnya sendiri.

0 Response to "Inilah Unsur Makanan Sehat Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel