Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Ilhamsadli.com,- Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan. Tidak terasa ternyata sebentar lagi 2019 sudah akan berakhir, namun beberapa resolusi belum juga tercoret dari daftar list. Resolusi satu ini memang sempat menjadi hastag yang lumayan viral di awal tahun 2019, resolusi itu tidak lain dan tidak bukan adalah #2019GantiStatus

Oleh karenanya, tentulah pemuda seperti saya yang masih bekerja sebagai freelance writer, desainer, hingga blogger harus memeras keringat lebih kencang. Karena jujur, penghasilan seorang freelance belum seberapa. Apalagi jika kehidupan sebagai freelance diluar kawasan kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Suarabaya dan kota besar lainnya. 
Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan
Sedangkan disisi lain, ada juga kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi dengan menggunakan penghasilan dari freelance. Akan lebih mengenaskan lagi, jika menerima orderan desain grafis yang berujung pada desain gratis. Ingin rasanya saya teriak “hey, ini desain grafis bukan desain gratis”.


Kejadian-kejadian seperti inilah yang kemudian menjadikan saya harus menabung secara perlahan, dengan harapan tabungan itu cukup tahun ini. Tetapi nyatanya takdir berkata lain, karena saya adalah anak kedua dari empat bersaudara dan bulan lalu si mbak menikah. Tentunya tabungan saya yang sudah dikumpulkan selama satu tahun terakhir harus digunakan untuk keperluan itu, karena saya yang berlatar belakang keluarga sederhana di sebuah desa di Lombok Tengah.

Jadi mulai pertengahan Juli kemarin, saya kembali menabung untu masa depan itu. Jika tidak bisa tahun ini, ya semoga bisa tahun depan. Tetapi memikirkan hal itu, selalu terbayang mengenai nominal yang diperlukan. Jadi harus kembali menabung untuk masa depan dengan menguras keringat lagi, mungkin saja keringat darah. 
Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Keringat darah karena memang beberapa perangkat pendukung produktifitas sebagai freelance harus di upgrade, mulai dari handphone hingga laptop. 

Ada banyak hal yang menjadi alasan saya harus meng-upgrade perangkat ini, salah satunya adalah laptop yang baterainya hanya bisa bertahan satu jam. Karena memang laptop ini sudah mulai usang, karena awal memiliki laptop ini sekitar tahun 2012. Dimana tahun itu, windows 7 masih sangat berjaya hingga kini zaman sudah berubah dan doi sudah tidak kuat menggunakan windows 10, hanya cukup bersahabat di windows 8.

Sedangkan beberapa aplikasi editing videografi dan grafis sudah banyak yang menggunakan OS windows 10. Jadi, sulit sekali untuk bertanding dengan mereka-mereka yang sudah upgrade. Maka dengan keadaan seadanya seperti inilah, akhinrya benar-benar harus menguras keringat untuk mengisi tabungan masa depan. 


Sebagai freelance writers dan blogger, tentunya yang diperlukan adalah latar belakang literasi. Alhamdulillahnya saya tergabung dalam organisasai literasi Forum Lingkar Pena, dan tidak jarang dari organisasi inilah karir saya sebagai seorang freelance writer. Karena kadang harus menghadiri event ke luar kota, sedangkan deadline pekerjaan sedang bejibun. Disini kadang saya harus menunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan itu dengan menggunakan handphone.


Karena bagi saya pribadi, sebuah karya adalah hal luar biasa. Maka tentu jikapun bisa diselesaikan dengan bantuan handphone, tentu tidak semaksimal menggunakan laptop. Apalagi dengan banjirnya notifikasi di handphone yang tentunya bisa mengganggu konsentrasi. Bukan hanya karena sudah usang, laptop yang memiliki bobot lumayan juga menjadi problem ketika dibawa ke luar kota.

Pastinya akan memakan banyak space dan membuat ransel menjadi lebih berat. Lalu, ketika harus menyelesaikan deadline dalam perjalanan tentu akan kesulitan, karena barang bawaan haruslah ditaruh di tempat barang demi kenyamanan bersama. Paling susah itu, ketika deadline desain yang perlu direvisi sedangkan saya dalam keadaan dalam perjalanan.

Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Sudah pada tahu kan? Bagaimana rewelnya seorang client jika memesan sesuatu. Ya, tekanan seperti itulah yang saya rasakan, akibatnya bukan menghasilkan desain bagus malah menjadi tidak beraturan. Kejadian seperti ini tentu akan sangat menghambat penuhnya tabungan itu. 


Berlatar motivasi ingin segera mengakhiri masa lajang inilah, saya pribadi kembali menabung secara perlahan. Meski tidak banyak tetapi semoga bisa benar-benar terkumpul dan cukup untuk keperluan itu suatu saat. 

Tetapi sisi lain dimana saya juga membutuhkan perangkat baru untuk mewujudkan semuanya, termasuk menambah jumlah tabungan adalah dengan lebih produktif. Selain produktif, juga diperlukan pemanfaatan waktu yang maksimal. Setidaknya, ketika dalam perjalanan yang menempuh waktu 6 hingga 20 jam bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan. Selain meringankan, juga bisa menunjang produktifitas sehingga invoice bisa bertambah.

Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Invoice bertambah maka impian itu semakin jelas terlihat. Namun beberapa kualifikasi yang harus dilewati laptop untuk dibeli tentunya berdasarkan kesulitan yang saya ceritakan. Performanya, spesifikasinya hingga tidak memakan banyak space ketika dibawa ke luar kota. Dan tentunya dari kualifikasi inilah kemudian saya tertarik dengan Asus VivoBook Ultra A412DA. Mungkin anda juga akan tertarik jika mengetahui detailnya. 

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa kelebihan dari Asus VivoBook Ultra A412DA.

Dimensi dan Kelengkapan Asus VivoBook Ultra A412DA

Laptop dengan layar lebar dengan bobot lebih ringan dari laptop 14 inch lainnya. Menurut informasi dari website resminya, Asus VivoBook Ultra A412DA memiliki ukuran layar 14 inch dengan 87% rasio layar yang dimiliki. Dimensinya sendiri tidak terlalu besar, Asus VivoBook Ultra A412DA memiliki lebar 21.2 cm, tinggi 32.2 cm dengan tebal 1.95 cm. Menurut saya pribadi, dimensi ini termasuk dari golongan slim, apalagi hanya berbobot 1.5 kg.

Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Asus VivoBook Ultra A412DA. Karena bentuknya yang slim ini, akhirnya tidak dilengkapi dengan CD Room. Tetapi hal ini bukanlah masalah bagi saya pribadi, karena slot tersebut memang jarang digunakan. Terlepas dari itu semua, port atau slot di Asus VivoBook Ultra A412DA terbilang lengkap.

Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Semuanya menjadikan kemudahan pengguna untuk membawanya, termasuk saya yang sering bepergian. Mungkin sebagian orang banyak yang mengeluh karena matanya merasa lelah ketika berlama-lama di depan laptop. Namun, hal itu bukan lagi masalah ketika Asus VivoBook Ultra ini melengkapi perangkatnya dengan Eyecare Protection serta dilengkapi juga dengan tampilan layar NanoEdge Display.

Prosesor dan Operating System Asus VivoBook Ultra A412DA

Asus VivoBook Ultra A412DA adalah seri terbaru yang diluncurkan sehingga bisa multitasking. Prosesornya sendiri sudah menggunakan AMD Reyzen 3000U dengan grafis Radeon Vega 3 dan AMD Rezen 3500U seri 5. AMD Reyzen ini tergolong dari prosesor yang kencang dan efisien sehingga tentunya bisa lebih memudahkan pekerjaan. 
Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Tentunya hal ini memudahkan saya pribadi ketika melakukan editing desain grafis atau bahkan videografi, karena kebiasaan saya selalu memutar Youtube ketika sedang melakukan editing. Kebiasaan ini tidak bisa dilakukan oleh laptop saya yang sudah mulai menginjak usia renta. Akhirnya selalu diakali dengan melakukan editing tanpa musik atau musik diputar di handphone. 

Jika grafis dan proseseor sudah mendukung, tentunya tidak akan terlalu lama melakukan rendering video, bahkan mungkin tidak akan mengalami notresponding seperti laptop saya yang sekarang digunakan. Satu lagi, kualitas audio yang dihasilkan sudah bagus karena menggunakan Audio Sonic Master.
Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Untuk yang suka menonton drama yang beratus-ratus episode, sudah tidak khawatir lagi. Untuk yang suka gaming, tentunya laptop ini menjadi idaman karena grafisnya sangat handal menggunakan Radeon Vega 8.

Oh ya, Asus VivoBook Ultra A412DA juga sudah terinstall Windows 10 Original. Jadi, tidak perlu risau untuk melakukan instalizing beberapa progam aplikasi yang mendeteksi keaslian operating system dalam sebuah perangkat laptop. Untuk ketahanan daya, tidak perlu diragukan lagi karena bisa bertahan hingga 12 jam penggunaan normal. Jadi cocok banget jika dibawa untuk keluar kota. 

Kapasistas dan Security

Asus VivoBook Ultra A412DA kini dibelaki dengan media penyimpanan lebih besar dua kali lipat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. HDD internal sebesar 1 TB 5400 rpm SATA dengan RAM 4 GB DDR4 2400 MHz. Jadi sangat cukup untuk menyimpan data pribadi hingga data pekerjaan atau bahkan hasil editing sekalipun. Selain harus menyimpan di HDD external atau menyimpannya di database online.

Karena zaman sudah berkembang begitu pesat, tentunya menjadi sebuah hal yang petut untuk diperhatkan adalah tentang keamanan atau security. Jika membeli Asus VivoBook Ultra A412DA, maka sudah include operating system windows 10 original. Hal ini memungkinkan keamanan data yang tersimpan. 
Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan
Lebih keren lagi, ada fitur fingerprint dan sensor pemindai wajah yang ada dalam salah satu fitur bernama Windows Hello sehingga mempermudah pengguna untuk login. Tentunya tanpa harus takut data pribadi atau data penting diakses orang lain.

Beberapa Varian Warna Menarik

Sebagai seorang freelance writer dan pribadi yang simple, saya sebenarnya lebih menyukai warna hitam atau biru saja. Tetapi untuk yang menginginkan warna yang lain, Asus VivoBook Ultra A412DA pasti bisa menarik perhatian. Karena kali ini Asus mengambil tema "The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook" sehingga ada 4 varian warna yang bisa dipilih.

Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan

Ada empat varian warna yang dapat dipilih sesuai keinginan, diantaranya adalah Peacock Blue, Slate Grey, Coral Crush, Transpart Silver. Saya pribadi tertarik dengan warna peacock blue atau slate grey. Semakin cantik juga dengan dibekali dengan display LED backlit FHD dan iluminated chicklet pada keyboard, sehingga ketika laptop menyala ada lampu pada keyboard, tentunya hal ini akan membantu ketika dalam keadaan tertentu membutuhkan segera menyelesaikan deadline.

Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan
Asus VivoBook Ultra A412DA ini juga tidak mudah panas jadi bisa betah berlama-lama di depan laptop. Terutama ketika dilengkapi dengan fitur Erglift sehingga memabantu pendingin laptop bekerja dengan baik saat keyboard teangkat 2 derajat. 

Harganya Yang Menggoda

Semua sudah tahu bahwa produk Asus termasuk Asus VivoBook Ultra A412DA selalu menawarkan performa yang luar biasa. Tetapi dengan performa yang luar biasa itu, Asus VivoBook Ultra A412DA kini hadir dengan harga yang menggoda. Asus VivoBook Ultra A412DA yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 dibanderol dengan harga Rp. 6.599.000,- sedangkan prosesor AMD Ryzen 5 bisa didapatkan dengan harga Rp. 8.599.000,-.
Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan
Dengan harga yang demikian serta spesifikasi serta performa yang bagus, tentunya hal ini bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih laptop. Dan semoga dengan pilihan ini, bisa menjadi penunjang bagi tabungan masa depan hingga akhirnya bisa ganti laptop sekaligus ganti status kemudian. 

Seperti tulisan besar yang saya tempelkan dalam otak adalah 
“Ayo menjadi sukses semuda mungkin dengan bukti karya-karya”.

21 Responses to "Asus VivoBook Ultra A412DA dan Tabungan Masa Depan"

  1. Cocok banget nih buat aku, Ham. Aku kalau nge-layout buku sering lemot laptopnya karena RAM dah kepenuhan. Harddisk 1 TB gimna rasanya ya, dan aku memang cocok sama prosesor AMD. Laptopku sekarang pun pakai AMP, lebih kencang dan andal. Warnanya lucu-lucu, semoga aku juga bisa cepet kebeli nih tabungan. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  2. Pas banget nih. Saya jg lg hunting2 laptop baru. 😊

    ReplyDelete
  3. Pengen banget punya lappy baru.. rekomended spertinya ini

    ReplyDelete
  4. Sebagai pekerja freelance, memang penghasilan tak menentu ya, Mas Ilham. Termasuk saya juga. Tapi tetap selalu ada rezeki dan terus semangat. Dan memang soal perangkat pendukung, memang harus diperhatikan juga. Soalnya itu senjata kita. Terus itu laptopnya keceh benar. Tipis dan ringan. Jadi enak dibawa ke mana-mana.

    ReplyDelete
  5. Laptop sangat mempengaruhi pekerjaan ya, semakin canggih akan semakin memudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan, apalagi sepertj Asus Vivobook ini, selain slim dan ringan, dapat memudahkan dibawa kemana2 dan dapat menyelesaikan pekerjaan kapan pun.

    ReplyDelete
  6. Baca review tentang Asus jadi pengen ganti laptop. Asus ini paling rajin berinovasi mengeluarkan produk-produk anyar dengan spek yang mendukung banget untuk kegiatan kita. Mantap!

    ReplyDelete
  7. Semangat nabung mas!

    Semoga cepat berada di ranselmu asusnya..

    ReplyDelete
  8. Ayo menjadi sukses semuda mungkin dengan bukti karya-karya!

    Acung jempol untuk semangatnya,Mas
    Semoga tercapai asa dan doa yaa
    ASUS Vivobook Ultra beneran menggoda memang ya..Jadi ikut mupeng saya

    ReplyDelete
  9. Duh saya jadi penasaran pengen pegang dan langsung pakai laptop ASUS Vivobook nya mas. ulasannya menggiurkan . Tapi harganya beneran buat kita harus nguras keringat darah yey. hehehehe

    ReplyDelete
  10. Aku pikir ceritanya bakal seputar kisah pernikahan lo mas, karena sering disebut2 di awal ☺☺ semangat menabungnya

    ReplyDelete
  11. Laptop nya slim banget ya kak.. Banyak varian warna jga.. Rekomended ni buat dilirik kalo mau ganti laptop. Harganya jga bsa d bilang terjangkau lah..

    Eh btw, moga tabungan masa depannya kian bertambah ya .Dan impiannya bisa segera tercapai. Aamiin .

    ReplyDelete
  12. Wah mantap mas informasi nya. Saya lagi cari info laptop untuk adik yang baru mau masuk kuliah. Bakal dipakai kuliah selama 4 tahun ke depan, harus benar-benar milih yang kualitasnya oke kan biar awet.
    Nice info

    ReplyDelete
  13. Mobile banget ya laptopnya, ringan sepertinya untuk dibawa kemana2, worth it banget sepertinya untuk punya laptop ini

    ReplyDelete
  14. Menurut saya pribadi, dimensi ini termasuk dari golongan slim, apalagi hanya berbobot 1.5 kg.

    pas baca bagian ini langsung mupeng, enak banget dibawa kemanamana. taptapi kalau kehimpit di kereta gimana kekuatannya ya

    ReplyDelete
  15. Turut mendoakan moga dapat laptop baru supaya segera ganti status #eh :D
    Laptop ASUS ultra a412da ini emang idaman pekerja lepas banget ya, ya desainnya, ya speknya. Apalagi ringan dan mudah ditenteng ke mana2. Mendukung mobilitas.

    ReplyDelete
  16. Saya juga naksir dengan laptop seri ini. Pilihan warnanya bervariasi sehingga bisa pilih sesuka hati. Belum lagi performanya yang mumpuni dengan tampilan yang ringkas sehingga bisa dibawa ke mana-mana..

    ReplyDelete
  17. Keren sekali HDD internal nya sudah 1TB. Aku kurang paham laptop. Kalau beli,aku memang pertama cek bagus diliat atau tidak,dan berat atau tidak. Baru liat spesifikasinya 🤣

    ReplyDelete
  18. jujur aku gak tertarik sama laptopnya. karena biar dikodok2 sampe bawah kasur juga gak ada duit buat belinya. huhu.

    ReplyDelete
  19. Seringnya lebih milih bawa tablet buat kebutuhan ngetik pas travelling, sekalian dengan keyboardnya. Karena kalau bawa laptop malah ribet sendiri, meski punyaku sekarang juga si Asus Notebook yang terbilang kecil. Apalagi daya hidupnya yang nggak cukup lama untuk always on pas traveling pakai kereta.
    Tapi, pas ketemu sama ini produk dan pegang sendiri, rasanya memang tipis dan nggak berat. Hampir sama lah sama bawa tablet. Bisa jadi referensi untuk ganti laptop nanti.

    ReplyDelete
  20. Berlatar motivasi ingin segera mengakhiri masa lajang inilah, saya pribadi kembali menabung secara perlahan. Meski tidak banyak tetapi semoga bisa benar-benar terkumpul dan cukup untuk keperluan itu suatu saat.

    Saya dukung kakak

    ReplyDelete
  21. Laptop idaman banget ASUS VivoBook Ultra A412 ini. Gegas, ringkas dan harganya juga pantas. ASUS memang terdepan dalam inovasi produk

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel