Tips dan Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Harus Kamu Coba

Ilhamsadli.com,- Bau sepatu sendiri dapat dipengaruhi oleh kondisi tubuh, kebiasaan pemakai, iklim maupun kondisi dari sepatu itu sendiri. Sepatu akan menjadi cepat lembab dan hangat dikarenakan iklim tropis yang kelembaban udaranya begitu tinggi.

Terbuat dari bahan apa suatu sepatu juga dapat mempengaruhi mudah atau tidaknya sepatu bernapas, apalagi jika kamu adalah tipe orang yang mudah berkeringat, ini memicu bau sepatu lebih cepat. Bau sepatu merupakan masalah yang sangat mengganggu. Terutama jika kamu adalah orang yang sibuk di luar sementara kamu tidak memiliki cadangan sepatu yang lebih dari dua.
Tips dan Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Harus Kamu Coba

Nah untuk saat ini kamu tidak perlu merasa khawatir yang mana sudah banyak situs yang memberikan tips-tips menghilangkan bau sepatu. Pada artikel ini kita juga akan membahas tips dan cara mengatasi bau sepatu ini secara singkat. Berikut tips dan cara-caranya yang dapat kamu coba:

Mengeringkan atau Menjemur Sepatu 

Cara pertama untuk mengatasi bau ialah dengan cara menjemur sepatu kamu. Menjemur sepatu tentunya membuat keringat yang tadinya menempel kering dan membuat sepatu kamu tidak bau. Akan tetapi yang perlu diingat ialah jika tidak semua jenis sepatu dapat dijemur di bawah matahari langsung. Kamu harus mengerti dan mencari tahu jenis sepatu kamu. Apakah sepatu yang kamu miliki bisa atau tidak untuk dijemur di bawah matahari langsung. Barangkali sepatu kamu masuk dalam kategori yang hanya dapat diangin-anginkan.

Jangan Lupa Untuk Mencuci Sepatu

Sebagian dari kita begitu malas untuk mencuci sepatu. Padahal, mencuci sepatu adalah salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang cukup membantu. Jika kamu hanya menggunakan sepatu tanpa mau mencucinya tentu hal ini dapat menyebabkan sepatu kamu menjadi bau busuk. Akan tetapi sebelum mencuci sepatu hendaknya kamu membaca petunjuk cara perawatan sepatu kamu dahulu. Apakah sepatu kamu hanya dapat dicuci dengan tangan atau bisa menggunakan mesin juga.

Menaburkan Bubuk Penyerap Bau

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan ialah bubuk soda kue. Bubuk soda kue ini dapat menyerap bau dengan baik. Cara menggunakannya juga relatif mudah yakni dengan cara menaburkan bubuk soda kue di atas sepatu dan membiarkannya semalaman. Esok paginya kamu dapat menyingkirkan bubuk ini sebelum mengenakannya.

Menggunakan Koran Sebagai Media

Selain soda kue, koran juga dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau sepatu. Koran ini juga dapat menyerap bau sepatu dengan baik. Cara menggunakannya cukup dengan membuat gumpalan kertas dan menyumpal rongga sepatu dengan koran. Tetap biarkan sepatu dalam keadaan seperti ini sampai sepatu ingin dipakai lagi.

Gunakan Produk Penghilang Bau Sepatu atau Pewangi

Biasanya penjual sepatu juga menjual produk penghilang bau sepatu juga, meski hanya sebagian. Bakteri atau enzim yang ada di dalam produk penyemprot penghilang bau sepatu dapat melawan bakteri yang menimbulkan bau pada sepatu. Selain dengan menggunakan produk ini kamu juga dapat menambahkan pewangi. Beberapa pewangi alami seperti kulit jeruk  atau minyak esensial yang dapat kamu letakkan di dalam sepatu.

Mengganti Sol Sepatu

Cara terakhir untuk menghilangkan bau sepatu ialah dengan cara mengganti sol sepatu. Beberapa penjual juga menjual sol sepatu anti jamur. Jika sol anti jamur susah didapatkan maka sol yang terbuat dari bahan katun dapat menjadi solusi. Intinya, ganti sol sepatu secara rutin.

Demikianlah uraian singkat mengenai tips menghilangkan bau sepatu yang sebaiknya kamu coba. Intinya jaga selalu kebersihan sepatu dengan cara rutin mengganti kaos kaki. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

21 Responses to "Tips dan Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Harus Kamu Coba"

  1. Wah, tipsnya berguna sekali. Apalagi sepatu itu salah satu benda yang penting untuk berbagai kegiatan. Dan apalagi aku paling males buat nyuci sepatu ha..ha..ha... Berasa diingatkan. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. kalau saya biasanya pakai koran yang didalamnya ada kopi, besoknya sepatu bau kopi hahahaha.

    Media koran juga selain menghilangkan bau, juga membikin sepatu jadi lembut, cocok banget buat sepatu yang masih baru dan bikin kaki lecet.

    Tapi sesekali cobain cara lain ahhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku dulu ada yg seperti ini.

      Dia taruh bubuk kopi ke dalam sepatunya.
      Malah baunya tambah menyengat.
      Campur bau kaki sama bau kopi kwkwwkkwwk

      Delete
  3. Kalo saya suka ngeletakin silica gel mas. Lumayan bisa nyerap juga daripada silica gel dibuang sembarangan. hehe. manfaatin apa yang ada.

    ReplyDelete
  4. Baking soda juara untuk menyerap bau. Tapi pastikan baking soda atau soda kuenya yang kiloan bukan yang bermerk. Heheheh... Thanks for sharingnya mas

    ReplyDelete
  5. Kemana aja artikel kayak gini pas saya SMA, huhu
    kesusahan dengan sepatu yang basah karena keringat, tiap hari dijemur biar gak bau..saya emang keringetan bgt, kadang minder

    ReplyDelete
  6. Baiqlaaahh, daku mau coba juga ah
    Apalagi sepatu sekolah bocah ABG nih, gampang banget bau bin kotor qiqiqiqiq
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Tips nya oke banget mas. Nggak enak kan pake sepatu yang bau, kaki kita pun bisa ikut bau. Kalo males, sekarang ada jasa cuci sepatu juga kok, hehe..

    ReplyDelete
  8. Kedua anakku laki-laki dan bau sepatunya..ya ampuin

    Beberapa tips menghilangkan bau sepatu pada artikel ini oatut sekali dicoba. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  9. Kalau aku suka cuci sepatu menggunakan sabun pencuci piring biar gak merusak..,pernah aku pake sabun cuci baju warna nya pudar...alhasil gak di pakar.

    ReplyDelete
  10. Mantul tipsnya, Mas Ilham... Cm kl saya selalu memilih model sepatu yg peep toe jadi lebih fresh (tetap pake kaus kaki sih). Nice share ya, makasih.

    ReplyDelete
  11. Tips-nya keren, Mas Ilham. Dan kalau saya, sehabis pakai sepatu, selalu diangin-anginkan dulu. Kalau dijemur langsung di bawah sinar matahari, takutnya bladus atau klopek kulitnya. Terus kalau lama tidak dipakai, memang pakai koran, selain menghilang bau, juga koran membuat bentuk sepatu tetap bagus.

    ReplyDelete
  12. Wah saya baru tahu kalo soda kue bisa menghilangkan bau pada sepatu. Kebetulan di rumah ada soda kue, baiklah saya coba neh tipsnya.

    ReplyDelete
  13. Iya nih mengganggu banget kalau udah terkena bau sepatu, makanya aku suka nyadar diri, selalu ku rawat sepatu minimal di cuci dan di keringkan.

    ReplyDelete
  14. pas banget informasinya ino. Aku mudah berkeringat. Kayaknya habis ini cari soda kue. Percayalah dicuci doang gda pengaruh. Wah

    ReplyDelete
  15. Baru tau klo bubuk soda kue bisa ngilangin bau sepatu, taunya cuma bisa nyuci pake deterjen dong

    ReplyDelete
  16. Katanya pakai bubuk kopi jg bisa ya, eh bukan deh tapi biji kopinya, sepatu anakku nih suka bau, coba ah tips diatas

    ReplyDelete
  17. Menurut saya sich bau sepatu itu terganggu keringat orangnya. Sama halnya ada orang yang keringatnya bau ada yang tidak. Salah satu cara ampuh adalah tetap menjaga kebersihan, gitu khan mas

    ReplyDelete
  18. Thanks mas Ilham atas tipsnya. Aku kadang suka gak PD juga kalo bau kaki. Aku ternyata baru tau kalo gumpalan koran itu berfaedah yah. Pantes kalo sepatu baru di toko sering dikasi itu dalemnya 😃

    ReplyDelete
  19. Keren tipsnya,bisa meringankan beban emak emak yang harus pidato tiap akhir pekan supaya anak menjaga kebersihan sepatu

    ReplyDelete
  20. Makasih mmas tipsnya. Banyak pilihan dan detail banget. Tinggal Ikuti Dan lakukan sesuai petunjuk yang ada.
    Jadi masih harus banyak belajar mengenai tipe bahan dan perawatan sepatu nih

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel