√ Yuk Buat Es Krim Sederhana Rumahan yang Lezat dan Bermanfaat untuk Tubuh - Ilhamsadli.com

Yuk Buat Es Krim Sederhana Rumahan yang Lezat dan Bermanfaat untuk Tubuh

Ilhamsadli.com,- Seperti yang kita tahu bahwa es krim yang merupakan makanan dingin atau biasa disebut dessert ini memiliki rasa yang lezat. Tapi, tahukah Anda bahwa dibalik kelezatan es krim, ada manfaat es krim yang tak banyak diketahui. Terlebih, jika Anda membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan sehat. 

Terlebih, jika Anda membuat es krim sendiri, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk meningkatkan nilai gizinya. Selain itu, es krim buatan sendiri tentu lebih memiliki kualitas terbaik, karena tidak menggunakan pengawet seperti es krim yang dijual di mini market atau di supermarket. 
Yuk Buat Es Krim Sederhana Rumahan yang Lezat dan Bermanfaat untuk Tubuh
Sebelum mulai membuat es krim, sebaiknya Anda mencari informasi terkait bahan-bahan utama untuk membuat es krim. Pasalnya, komponen atau bahan pembuatan es krim ada banyak, agar bisa menghasilkan es krim enak dan memiliki manfaat kesehatan yang baik. 

  
Bahan utama dari es krim itu sendiri tidak jauh dari susu, karena susu sangat berperan besar dalam pembuatan es krim. Selain itu, susu juga akan menghasilkan es krim yang lebih padat dan lembut. Bahkan, beberapa es krim juga menggunakan telur, karena kuning telur merupakan salah satu bahan yang bisa dijadikan pengemulsi yang baik di dalam adonan es krim. 

Bahan utama lainnya yang dibutuhkan adalah gula yang berperan sebagai pemanisnya. Setelah bahan-bahan utama sudah Anda siapknya, selanjutnya Anda tinggal menyiapkan bahan-bahan pelengkap. Dalam hal menyiapkan bahan-bahan pelengkap di sini bisa sesuai selera, misalnya penambah rasa seperti rasa cokelat, buah-buahan dan lain-lain. 

Bahan-bahan sudah siap, selanjutnya Anda harus menyiapkan peralatan untuk membuat es krim. Tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu menyiapkan mixer, baskom, sendok, spatula, dan alat-alat pelengkap lainnya. Dan yang paling penting adalah Anda harus memiliki lemari pendingin. 

Nah, sekarang saatnya untuk eksekusi. Agar lebih mudah untuk membuatnya, sebaiknya Anda mencari berbagai resep es krim yang ingin Anda buat, seperti berikut ini:

Bahan


  • Susu putih cair sebanyak 500 ml
  • Telur ayam yang banyaknya 2 butir
  • Gula pasir 200 gram saja
  • Coklat bubuk 3 sendok makan
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat


  • Pisahkan terlebih dahulu kuning telur dari putihnya, dan tempatkan di wadah yang berbeda.
  • Campurkan kuning telur dan gula, aduk menggunakan mixer sampai warnanya menjadi pucat dan mengembang.
  • Dalam wadah lain yang terdapat putih telur, campurkan vanili bubuk dan garam.
  • Aduk menggunakan mixer sampai rata dan mengembang.
  • Setelah itu, campurkan adonan kuning telur dan putih telur, aduk sampai tercampur rata.
  • Kemudian masak adonan tersebut sampai matang lalu kecilkan api.
  • Siapkan wadah, campurkan susu cair dan coklat bubuk, aduk sampai rata.
  • Masukkan campuran susu cair dan coklat ke dalam adonan telur yang dimasak tadi, aduk sampai semua bahan menyatu dan tercampur rata.
  • Masak kembali sampai mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.
  • Jika sudah dingin, tuangkan adonan ke dalam cup es krim, lalu masukkan ke dalam freezer, diamkan semalaman atau sampai adonan membeku.
  • Es krim rumahan sudah siap disajikan.
Nah, sangat mudah untuk dipraktikan di rumah bukan? Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat es krim, sekarang saat Anda mengetahui apa saja manfaat es krim untuk tubuh. Karena, banyak orang berpendapat bahwa es krim malah bisa memicu penyakit flu bahkan bisa menaikan berat badan. Tetapi, nyatanya tidak seperti itu loh. 

Mau tahu apa saja manfaat es krim untuk tubuh? Anda bisa dapatkan informasi lengkapnya terkait sederet manfaat es krim di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/suka-es-krim-ini-sederet-manfaat-baiknya/

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

17 Komentar untuk "Yuk Buat Es Krim Sederhana Rumahan yang Lezat dan Bermanfaat untuk Tubuh"

  1. Belum pernah buat es krim sendiri. Mudah-mudahan resep ini bisa segera aku eksekusi ya, karena bahan dan caranya cukup simple ternyata. Tinggal niat buat aja, hehe.. Terima kasih resepnya.

    BalasHapus
  2. Aku buat es krim daei bubuk instan eskrim yang di pasaran mas. Pernah juga beli yang di online, rata2 pake SP. Kalo resep mas gak Pake SP ya. Aku jadi tertarik bikin. Nanti aku coba. Terimakasih resep nya mas.

    BalasHapus
  3. Cukup mudah ya..
    Ntar coba ajak anak2 mengeksekusinya

    Kami semua penggemar es krim😍

    BalasHapus
  4. Yeayy, kesukaan anak ini, palagi anak ketiga saya (8 thn) lg doyan²nya buat aneka es home made. Pasti dia senang banget nih saya ajak eksekusi resep dr Mas Ilham ini. Tfs yaa

    BalasHapus
  5. Emang lebih enak bikin sendiri, dapatnya banyak dan lebih terjamin. Makasih resepnya bang.

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya mas. Lumayan bisa bikin es krim sendiri di rumah, buat anak-anak, biar nggak ke ke toko ^_

    BalasHapus
  7. Boleh nih di praktekin di rumah, ternyata simpel ya bahan-bahannya dan cara pembuatannya, saya pikir selama ini susah loh

    BalasHapus
  8. waaah! dulu jaman SD akupun pernah bikin eskrim rumahan macem giniii. jadi kepingin lagi bikin hahaha

    BalasHapus
  9. Bahannya mudah banget didapat, dan caranya juga sangat sederhana, bisa banget tuh untuk ditiru cara buatnya, anak2 pasti suka nih makan ice cream buatan sendiri.

    BalasHapus
  10. Wah, jadi mupeng nih saya. Secara saya dan istri doyan banget makan es krim. Biasanya saya suka beli bubuk es krim yang tinggal dimixer dan masukkan ke frezeer. nah, melihat bahan dan cara membuatnya, jadi pengen coba buat es krim sendiri di rumah. Kan lumayan ya mas, bisa lebih berhemat he..he..he...

    BalasHapus
  11. Aku pernah bikin es krim tapi teksturnya belum sesuai dengan yang di toko2 itu hehe.
    Tapi untungnya ya pada suka dan dimakan aja, Lebih sehat juga dan bisa makan puas2 dengan budget murce ya kalau kita bikin es krim sendiri hahaha, TFS resepnya.

    BalasHapus
  12. Eiiy, jadi aku tuh udah install cook pad juga. Jadi pengen belajar bikin makanan sederhana kaya gini. Siapa tau jago wkwk. Kapan2 kalo lagi ada mood aku praktekin ah.

    BalasHapus
  13. Ajarin kak. Mau mau bikin es krim sendiri di rumah. Anakku suka banget makan es krim

    BalasHapus
  14. Saya suka bikin es krim di rumah, maklum anak-anak suka banget es krim, kalau tiap hari beli es krim di minimarket lumayan jebol juga nih kantong IRT jehe

    BalasHapus
  15. seumur hidup belum pernah coba bikin es krim sendiri, aku baru tahu bahan-bahannya ini ternyata, caranya sih sedikit tau, mau coba kalau lagi gabut di rumah hihi

    BalasHapus
  16. nyampurkan dan ngaduknya gak perlu pakai mixer kah bang?

    BalasHapus
  17. Ternyata begitu mudah ya untuk membuat es krim dari rumah. Dicoba ah*

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink