Cara Mengukur Obesitas pada Anak

Ilhamsadli.com,- Kali ini ilhamsadli bakalan sedikit mengulas bagaimana cara mengukur obesitas pada anak, cocok banget buat para bapak, ibu ataupun calon bapak dan ibu. Jadi, Antropometri berarti pengukuran tubuh manusia Pada penelitian ini pengukuran antropometri meliputi tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, umur dan komposisi tubuh. Tinggi badan diukur dengan microtoize dengan ketelitian 0,1 cm. Berat badan diukur dalam kilogram dengan ketelitian 0,1 kg. Jenis kelamin dan umur juga dicatat. Komposisi tubuh diukur secara komprehensif untuk menentukan obesitas.

IMT ( Indeks Massa Tubuh )

Cara mengukur obesitas sendiri dengan cara mengukur Indeks Massa Tubuh ( IMT ). Hasilnya ialah angka yang menunjukkan apakah seseorang dikatakan terlalu berat untuk tinggi mereka. IMT juga dapat menentukan seberapa besar seseorang dapat terkena resiko penyakit tertentu yang terkait karena berat badannya.
Cara Mengukur Obesitas pada Anak
Berdasarkan uraian di atas klasifikasi IMT ( 23-24,9 ) beresiko tinggi terjadinya obesitas, sedangkan pola makan sangat berpengaruh terhadap terjadinya obesitas. Sehingga lebih banyak pencegahan obesitas atau diet obesitas dalam hal jenis makanan, jumlah makanan dan frekuensi makan.

Pengertian pola makan

Pola makan ialah tingkah laku manusia atau sekelompok manusia dalam memenuhi kebutuhan akan makanan yang meliputi sikap, kepercayaan, dan pilihan makanan yang menggambarkan konsumsi makan harian meliputi (jenis, jumlah dan frekuensi). Menurut Suhardjo, 1989, pola makan di definisikan berbagai cara seseorang atau sekelompok orang untuk memilih makanan dan mengkonsumsinya sebagai reaksi terhadap pengaruh – pengaruh fisiologis, psikologis, budaya dan sosial. Makan selingan tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan nafsu makan remaja pada saat menyantap makanan utama berkurang akibat kekenyangan oleh makanan selingan.
Cara Mengukur Obesitas pada Anak
Ketahuilah fungsi air alkali sembari memilih makanan selingan yang padat gizi, bersih dan terhindar dari bahan tambahan seperti bahan pengawet, pemanis buatan, pewarna, dan penyedap yang dapat membahayakan kesehatan remaja. 

Jadi, kesimpulan dari pengertian pola makan ialah tingkah laku manusia atau sekelompok manusia dalam memenuhi kebutuhan akan makan yang meliputi sikap, kepercayaan, dan pilihan makanan dengan memahami manfaat minum air alkali, yang terbentuk sebagai hasil dari pengaruh fisiologis, psikologis, budaya dan sosial. 

0 Response to "Cara Mengukur Obesitas pada Anak"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel