Tidak Cuma Hati Yang Butuh Dijaga, Keamanan Blog Juga Tak Kalah Pentingnya

Tidak Cuma Hati Yang Butuh Dijaga, Keamanan Blog Juga Tak Kalah Pentingnya
Ilhamsadli.com,- Hati mudah sekali untuk rapuh, hancur hingga berkeping-keping (begitu katanya). Entah karena bertepuk sebelah tangan atau sekedar kecewa dengan sesuatu. Tetapi memang begitulah sebuah hati, lembut dan mudah sekali untuk rapuh. Untuk menghindari kerapuhan itu maka yang harus dilakukan adalah dengan menjaganya baik-baik, tidak memberikan hati pada sembarangan orang. Cara menjaganya agar tidak mudah rapuh adalah dengan menahan diri memberikan hati serta menanamkan sebuah keyakinan bahwa semuanya akan baik-baik saja dan semua akan indah pada waktunya. Yang hilang akan terganti dan yang patah akan tumbuh. 

Itu tadi untuk persoalan hati. Ternyata gak Cuma hati yang butuh dijaga, keamanan blog juga tidak kalah penting. Maka untuk seorang blogger haruslah menjaga keamanan blognya untuk menjaga hati serta perasaan pengunjung blognya. Seorang blogger tidak boleh egois dengan hanya mementingkan dirinya sendiri tetapi tidak mementingkan pengunjung blognya. Umpamanya blog adalah sebuah kendaraan, pemilik adalah sopir dan pengunjung adalah penumpang, maka tentunya agar semuanya nyaman haruslah terjaga dengan baik semuanya.

Amankan Blog Dengan SSL Sebelum Di Blokir

Dewaweb.com
Sejak tahun lalu, sebenarnya Google Crome telah mulai menyarankan untuk para pengguna blog dan website menerapkan SSL. Google telah melakukan peningkatan keamanan blog / website dengan mulai menerapkan yang namanya SSL. Oh ya yang belum tahu apa itu SSL bisa baca di postingan sebelum – sebelumnya. Tetapi untuk secara umum akan dijabarkan disini ya.

SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer yang befungsi sebagai protokol keamanan ketika terkoneksi dengan internet. Dalam dunia blogging mungkin jarang disebutkan SSL itu seperti apa dan kadang ada yang bingung mengenai fungsinya sehingga banyak yang mengabaikannya. Mereka yang mengabaikannya biasanya alasannya adalah takut pageview menurun. Padahal mereka yang mengabaikan hanya belum tahu fungsi sebenarnya dari SSL.

Oh ya, SSL dan HTTPS itu tidak sama lho. Untuk mendapatkan https membutuhkan SSL, maka disinilah fungsi dari https. Lalu apa bedanya antara http dan https? Cek tulisannya di artikel ane ya. Perbedaan HTTP dan HTTPS.

Nah, info penting lagi bahwa sahabat harus mulai hijrah menggunakan SSL atau https. Karena menurut kabar terbarunya, google akan merilis dan memblokir website atau blog yang masih menggunakan http. Jadi bisa dikatakan bahwa setiap web / blog yang not secure akan di blokir oleh pihak google. Tentunya akan merugikan sahabat sebagai seorang blogger, apalagi jika penghasilan utamanya dari blog / web. Kabaranya juga, akan mulai diterapkan pada bulan Juli 2018 ini berbarengan dengan akan di rilisnya Google Crome versi terbaru.

Manfaat Menggunakan SSL pada Web / Blog

Mungkin banyak diantara sahabat sekalian belum tahu apa sih manfaat dan kelebihannya ketika menggunakan SSL pada web / blog. Ternyata masih belum banyak yang tahu, hingga akhirnya tidak sedikit juga yang mengabaikan mengenai penerapan SSL pada Web dan blog mereka. Berikut ini adalah manfaat menggunakan SSL untuk keamanan data serta SEO.

Perlindungan Data Personal. Dengan mulai banyaknya transaksi internet banking hingga transaksi online yang mengharuskan memasukan data personal ke website tersebut agar bisa melakukan transkasi secara online. Maka tentunya akan beresike sekali apabila web atau blog tersebut tidak aman, sehingga akan ada kemungkinan data pengguna bocor dan disalahgunakan. Nah, disinilah fungsi SSL untuk menjaga keamanan data pengguna. 

Bagus untuk SEO. Banyak sekali para blogger yang berpikir dua kali untuk pindah menggunakan SSL, karena alasan takut pageview menurun atau pengurangan penghasilan. Padahal dalam membantu SEO, SSL sangat berguna serta bisa dikataka sebagai penunjang SEO. Lantas kenapa harus berpikir dua kali, memang awalnya akan ada penuruna karena sedang dalam masa adaptasi tetapi percayalah semuanya akan kembali normal kok, bahkan bisa saja menjadi lebih bagus.

Web atau Blog menjadi lebih profesional dan terpercaya. Jika masih belum menggunakan SSL, ketika diakses kadang muncul peringatan bahwa web tersebut tidak terpercaya atau peringatan seperti ini “Your Connection Is Not Private”. Apalagi kalau dijelaskan bahwa web atau blog yang masih belum menggunakan SSL Certificate akan segera di blokir oleh pihak google.

Cara Mendapatkan SSL Certificate dari Dewaweb

Karena pentingnya SSL maka akan dijelaskan juga mengenai bagaimana cara mendapatkan SSL Sertificate dari Dewaweb. Untuk bisa menggunakan https, sahabat haruslah dahulu membutuhkan SSL Certificate dan cara installnya juga tidaklah sulit. Apabila sahabat ingin memulai membuat website maka tentunya hal ini penting untuk dipertimbangkan, terutama soal keamanan.

Apabila sahabat bingung mencari penyedia domain murah atau hosting yang harganya bersahabat, sahabat langsung saja membuka website resmi Dewaweb. Untuk pengguna Blogger untuk kepentingan personal, maka cukup membeli domain saja. Apabila ingin membeli bersama Cloud Hostingnya untuk kepentingan data, maka sahabat akan mendapatakan Domain Gratis selama Cloud Hosting aktif dan diperpanjang otomatis. Syaratnya hanya butuh membeli Cloud Hosting 1 tahun untuk bisa mendapatkannya.

Ternyata gak sampai disana, sahabat juga akan mendapatkan fitur-fitur yang membantu dalam dunia blog dan website. Salah satunya adalah SSL Certificate. Jadi walaupun semuanya serba murah, seperti Domain murah dan Hosting Murah tetapi tidak murahan. Karena kualitas selalu di nomor satukan. Jadi tidak usah ragu untuk mulai menggunakan SSL sebelum nantinya sahabat menyesal karena web atau blog sahabat terkena blokir dari google. Bukannya untung tetapi malah buntung.


Jadi bagaimana sahabat? Sudah terpikirkan untuk hijrah ke SSL atau sahabat masih belum bisa move on dari http? Kalau iya maka sebenarnya kita sama, tetapi itu dulu sebelum akhirnya hijrah ke https. Tetapi ternyata keraguan itu terjawab sudah dan salah, karena ternyata setelah beberapa hari sudah kembali normal dan keyword artikel lebih banyak yang muncul di page one search engine. Mungkin karena memang https baik untuk SEO dan pengalaman menulis semakin banyak serta tahu bagaimana strategi SEO yang baik.

Untuk yang masih ragu untuk pindah ke domain TLD, yuk sama-sama hijrah ke doamin TLD (top level domain) dengan cara membeli domain di Dewaweb atau bisa juga membeli bersama hosting untuk pengguna Wordpress. Tidak ada ruginya untuk menggunakan TLD, karena toh nantinya bisa menghasilkan juga kok. Paling tidak harga untuk perpanjang domain akan sahabat dapatkan dari dunia blogging. Hanya butuh ketekunan dan keistiqamahan menulis di blog untuk bisa menghasilkan. Jangan takut untuk melangkah, cukup tanamkan keyakinan. Jadi tunggu apalagi? Segera ambil keputusan untuk hijrah ke blogger profesional TLD. Oh ya, ternyata sahabat juga bisa mendapatkan penghasilan dari dewaweb apabila mengikuti affiliatenya. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu sebagai mamber dan ikuti langkah-langkahnya.

Jangan pernah beranggapan untuk menunggu di blokir dahulu baru berpindah ke https. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Jadi, jangan cuma hati doang yang dijaga, tetapi blog dan website juga butuh dijaga untuk kebaikan bersama. Layaknya hati yang mudah rapuh, keamanan data pengguna juga sama rawannya.

8 comments:

  1. Nuhun pencerahannya mas..

    ReplyDelete
  2. Wah, baru mudeng bedanya ni

    ReplyDelete
  3. Baca artikelnya mengingatkan saya untuk segera bermigrasi. Sebelumnya hanya rajin baca pemberitahuan bahwa https sudah tersedia di blog. Tapi, karena otak belum terkoneksi pemberitahuannya hanya dilirik doang, hehe. Thanks infonya mas.

    ReplyDelete
  4. Hi mas Ilham, artikel yg menarik

    Btw mungkin sedikit koreksi pada kalimat ini, "Oh ya, SSL dan HTTPS itu sama lho."

    FYI, secara harfiah keduanya adalah hal yang berbeda. Penjelasan mudahnya mungkin gini, "Untuk mengaktifkan (protokol) HTTPS butuh (sertifikat (SSL)." Untuk penjelasan lengkapnya mungkin bisa googling sendiri.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas nasihatnya. Semoga bisa diterapkan di dunia blogger :)

    ReplyDelete
  6. Kalau di blogspot tinggal edit di pengaturannya kan ya biar dapat ssl buat htps?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. tinggal langsung di blogspotnya

      Delete
  7. Ooh harus ganti https ya? Saya belum euy ..aman ga ya .. jadi takut kena blokir

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung