Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger
Ilhamsadli.com,- Kali ini ilhamsadli.com akan sedikit mengulas mengenai bagaimana cara mendapatkan SSL Gratis dari Blogger. Tetapi hal yang dahulu diketahui bahwa SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah protokol keamanan data dan hampir digunakan di semua transaksi internet (online). Banyak yang bingung SSL dan HTTPS itu sama atau tidak sih? Padahal sebenarnya SSL adalah istilah lain dari HTTPS, karena bertujuan agar pengguna internet. Maka untuk sahabat yang masih menggunakan HTTP untuk segera hijrah ke HTTPS untuk kenyamanan dan keamanan data pengunjung blog sahabat.

Apa itu HTTP dan HTTPS

Apabila sahabat jeli, mungkin sahabat pernah menemuka situs yang menggunakan https dan http. Atau pernah menemukan website atau blog yang memiliki warna hijau dengan icon gembok serta tulisan Secure pada alamat url-nya, atau mungkin pernah menemukan situs blog/website dengan warna merah dan tulisan not secure? Nah, itulah yang dimaksud dengan SSL. Lalu apa itu HTTP dan HTTPS?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol yang berguna mengatur komunikasi client dengan server biasanya ditandai denga munculnya notif merah not secure. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi secure dari http, dan ini dikembangkan awalnya oleh Netscafe Communications Corp.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Sahabat yang berprofesi sebagai seorag blogger haruslah tahu dan mengerti apa saja perbedaan antara ketika menggunakan http atau menggunakan https. Mari kita lihat dari beberapa aspeknya.

Keamanan Data

Untuk HTTP, tidak menjamin keamanan data yang di transmisikan antara client dan server. Sedang untuk HTTPS sendiri sesuai dengan namanya yakni Secure menjamin keamanan data. Dalam hal ini HTTPS mampu menangani 3 aspek yakni Autentikasi Server (pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang dituju), Kerhasiaan Data (karena data yang di transmisikan sudah di enkripsi artinya tidak mudah dipahami oleh pihak lain, dan terakhir yakni aspek integritas Data (tidak bisa dirubah pihak lain karena akan selalu ada tahap validasi message authentication code atau MAC).

Port yang Digunakan

Dalam melakukan komunikasi, secara default HTTP akan menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

Keuntungan Menggunakan SSL atau HTTPS

Apa saja sih keuntungan atau kelebihan ketika menggunakan HTTPS dan tidak menggunakanya. Mungkin pertanyaan ini muncul di benak sahabat. Maka berikut ini adalah keuntungan menggunakan HTTPS untuk jangka panjang.

SEO

2014 silam, google resmi mengumumkan bahwa https menjadi salah satu faktor pnentu rangking sebuah blog atau situs.Tetapi bukan berarti rangking blog tidak akan langsung berubah secara drastis karena menggunakan https. Tetapi hal ini memberikan pengalaman jangka panjang untuk membangun kepercayaan pengguna. Maka langkah untuk meningkatkan kualitas blog adalah hijrah ke https.


Bayangkan saja ketika sahabat menjadi pengunjung lalu menemukan situs yang dikunjungi bertuliskan not secure maka secara tidak langsung akan membuat pengunjung beralih ke situs atau blog lain. Maka untuk membuat kualitas serta meningkatkan peringkat blog, sahabat harus hijrah ke https.

Untuk Pengguna

Dengan menggunakan https atau ssl pada blog, maka satu langkah pengamanan sudah sahabat lakukan. Karena ada banyak sekali para pengunjung blog yang ingin privasinya tetap terjaga aman ketika mengunjungi sebuah situs blog. Selain itu, ketika blog diakses menggunakan http akan langsung dialihkan ke https secara otomatis.

Bagaimana Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger


Apakah bisa mendapatkan SSL gratis? jawabannya bisa. Karena algoritma terbaru dari blogger, akhirnya para pengguna diberikan fasilitas penggunaan SSL secara gratis. Sebenarnya tidak hanya blogger, tetapi para penyedia domain juga banyak yang memberikan fitur ini secara gratis. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak ulasan sederhananya berikut ini.
  • Silahkan sahabat masuk ke Halaman Blogger
  • Masuk ke bagian Setting kemudian pilih Dasar
  • Pilih Ketersediaan HTTPS, pilih Ya
  • Tunggu beberapa menit hingga pengalihan HTTPS bisa diakses dan rubah menjadi Ya
  • Selamat, Blog atau situs sahabat sudah mendapatkan SSL atau HTTPS secara free
Bagaimana? Mudah dan sederhana bukan. Semoga bisa membantu. Dan yang belum hijrah ke HTTPS segera hijrah untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung. Oh ya, untuk yang submit di webmaster, silahkan submit ulang menggunakan https pada urlnya.