Update DA / PA Terbaru Membingungkan?

Ilhamsadli.com,- Sebenarnya ini masih baru dan terbilang hangat untuk dibahas ya. Pasalnya di salah satu group facebook beredar info mengenai DA/PA meningkat drastis. Alhasil update DA / PA terbaru menjadikan para blogger bingung. Bayangkan saja, perbandingannya bisa dibilang jauh. Update DA pertama hasilnya cuma sekian lalu kemudian update terbaru mendadak naik.

Bingung, dan pensaran bercampur jadi satu, tidak terkecuali aku. Yang memang masih baru berkecimpung dalam dunia blog, eits jangan nyinyir dulu ye.. maksudku disini teh blogger dengan domain TLD (Top Level Domain). Nah daripada bingung soal istilah - istilah ini, biar tak jelaskan sedikit mengani istilah ini nanti ya. Pokok jangan berpaling dulu dari halaman ini kalau masih dilanda penasaran. hahahaha (maksa)

Pengertian DA dan PA

DA adalah singkatan dari Domain Autority yang didefinisikan sebagai sebuah matriks (satuan nilai) yang dikembangkan pertama kali oleh Moz.com. Yang menjadi titik berat penilaiannya adalah domain utama atau bukan sub domainnya seperti halnya blogspot, wordpress, weebly, tumblr, 123 atau subdomain lainnya.

Sedangkan PA adalah singkatan dari Page Autority yang dimaknai sebagai url masing - masing halaman (postingan). Tidak menutup kemungkinan nilai Page Autority dalam homepage lebih kecil dari Page Autority postingan. 

Fakta Menarik DA dan PA

Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA) sebenarnya memiliki sebuah fakta yang menarik, mungkin hanya sebagian saja yang menyadari hal ini.
  1. Rangenya antara angka 0 - 100, dan semkain tinggi nilainya akan semakin bagus, untuk domain baru hingga 2 bulan pertama biasanya masih di angka 0.
  2. Untuk blog atau situs dengan DA dan PA diatas 20 dikatakan bagus, karena memang tidak mudah untuk mendapatkan nilai DA yang bagus. pengalamanku sih gitu
  3. DA dan PA juga dikategorikan dalam salah satu indikator SEO (Search Engine Optimize), tapi bukan penentu utama.

Cara Cek DA dan PA

DA dan PA tetap saja menjadi nilai khusus untuk para publisher. Karena nilai DA dan PA menjadi pertimbangan untuk client. Nah, bagaimana cek DA dan PA? cek cara berikut ini:
  • Buka tab baru di crome atau firefox atau internet browser
  • Cek di Moz.com
  • Silahkan tulisakna url situs sahabat (misal: https://www.namadomain.com)
  • Setelah itu klik serach dan jreng akan muncul nilai DA / PA
Nah, itu cara lama ya, dan menghasilkan nilai DA dan PA yang kecil. Sekarang ada update baru mengenai nilai DA dan PA, jadi tinggal gunakan cara ini untuk mengecek nilai DA dan PA dengan Moz Pro
  • Bukan Moz Pro pada web internet browser milik sahabat
  • Jika belum punya akun, silahkan membuat akun terlebih dahulu, kemudian isi beberapa data yang diperlukan (seperti username, email dan password)
  • Sahabat akan menerima email activvation dari moz pro, klik active dan sahabat sudah langsung terhubung
  • Silahkan gunaka link ini untuk untuk Cek DA dan PA
  • Lihatlah tabelnya maka akan muncul nilai DA dan PA sahabat.

DA dan PA Meningkat Drastis? Mungkin Ini Sebabnya

Nah, kemarin itu aku coba ikutan ngecek juga mengenai DA  dan PA blog karena para mamber group rame bahas ini. Hasilnya menghebohkan sekali, dan disitu aku merasa WOW!. Tetapi bukan itu masalahnya.

Masalahnya adalah aku coba buat bandingin hasil dari beberapa Website untuk cek nilai DA dan PA website atau blog. Disitulah keanehan ini mulai terjadi. Nilai DA yang awal 16 berubah menjadi 20, hahaha syok sekaligus heran. Tetapi setelah di cek di beberapa website penyedia cek DA dan PA begini hasilnya dengan berbagai sumbernya.

Menggunakan Moz Pro

Menggunakan Moz Default

Menggunakan Smallseotool

Menggunakan Seoreviewtool


Kemungkinan Penyebab DA Naik Drastis

Karena DA dan PA memang dikembangkan oleh Moz, maka bisa dipastikan ini bukan mustahil. Tetapi apa sih yang membuat beberapa website ini memunculkan angka yang berbeda saat ini, padahal biasanya hanya terpaut 1 angka saja. 

1. Menurutku nih ya, karena memang mungkin ada perbedaan antara fasilitas yang Moz Beta dengan Default versi tanpa login. Jadi hasil yang diperlhatkan juga akan berbeda, masalah mana yang lebih baik hanya pembuat websitenya yang tahu hahaha

2. Kemungkinan memang karena Moz ada perbaikan Algoritma sehingga hasil yang dimunculkan akhirnya terjadi perubahan yang signifikan dan terkesan drastis banget.

3. Karena mungkin memang hasil yang diperlihatan Moz Pro adalah real nilainya.

Nah, itu dia sedikit ulasan ya. Karena perbedaan ini akhirnya banyak publisher yang kebingungan untuk menggunakan nilai DA dan PA yag mana untuk kemudian dijadikan tolak ukur sebagai tawaran ke para adversite / klien. Aku pribadi sih berharap memang digunakan Moz Pro (beta) sebagai tolak ukurnya, dan website penyedia jasa cek DA dan PA juga memunculkan nilai sama agar tidak membingungkan.

Terimakasih, Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar dan share jika dirasakan bermanfaat.

36 comments:

  1. Moz yang baru bikin para blogger bahagiaa. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi masih belum pasti yang bakalan dipake yang mana :D hahaha

      Delete
  2. DA disalip. Aku tidak terima. Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. DA.ku ya disalip jauh sama faesol mas... hahaha 28 punya faesol aku 20 haha

      Delete
  3. Da pa saya benar benar terjun bebas semenjak negara api menyerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. DA terjun bebas tapi job sama bagi ilmu jalan terus ya kang hahaha

      Delete
  4. DA PA saya juga naik...tapi ga pernah mikiran ah. bikin down hati...

    ReplyDelete
  5. kalau saya perhatikan dari situs sendiri, DA lebih susah naik ketimbang PA. DA blog saya hanya naik 1 angka perbulan, klu PA sekarang ini susah naiknya. :)

    ReplyDelete
  6. Aku belom cek DA terbaru nih, semoga ikutan naik hahaha

    ReplyDelete
  7. baru cek. beneran naik :D

    ReplyDelete
  8. Semoga apapun toolsnya tetap naik naik naik terus DA dan PA blog ya, kudu semangat juga rawatnya.

    ReplyDelete
  9. Saya biasanya cek pake Moz, Mas. Dan belum besar juga sih, yang penting mah nulis terus konsisten ya, Mas..

    ReplyDelete
  10. Keren nilainya di atas 20. Punya saya gak naik malah turun, tambah kecil deh, hehehe.

    ReplyDelete
  11. Dengan Moz Pro, DA saya naik 6 poin. Bahagianya :))

    ReplyDelete
  12. kmrn nyoba pake moz yang baru DA lsg naik drastis huahaha bahagiaaa eike

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah DA dan PA naik. Tapi belum nyoba moz terbaru sih. ribet juga ya pake daftar dulu. hehe

    ReplyDelete
  14. pake MOZ yang baru saya naik tajam sedangkan cek yang lain malah turun tajam wkwkwk embuhlah yang penting saya bahagia menulis dan tawaran berdatangan wkwkwk

    ReplyDelete
  15. punya sha juga naik DA nya haha tapi jauh banget, lebih tinggi PA nya hehe

    ReplyDelete
  16. wah... selamat ya yang DA/PA nya naik. Semangat terus pokoknya meningkatkan DA/PA melalui konten-konten yang keren

    ReplyDelete
  17. Pada saat orang pada liat update an DA pada naik, pas sya cek DA saya malah turun. haha

    ReplyDelete
  18. Bang Ilham memang keren... saya suka saya suka..
    Soal DA dan PA terbaru bukan hanya bikin bingung tapi juga baper, tapi makasih ya.. lewat tulisan bang Ilham saya jadi tercerahkan!


    mampir-mampir ya ke blogku : www.feylovechandra.wordpress.com
    salam hangat dari fey yang selalu hangat ^_^
    (emang microwave ~) hahaha

    ReplyDelete
  19. Saya nggak terlalu mikirin sih, akalu masalah DA sama PA ini mas. Yang bikin sedih itu kalau udah ganti TLD, tapi konsisten buat update tulisan di blog susahnya minta ampun. Hahaha...
    Kalau saya biasanya cek pakai Seoreviewtool, malesnya kalau pakai yang moz.com itu, kudu registrasi. Ngisi-ngisi form--bikin lama.

    ReplyDelete
  20. Bahagia kalau naik sampa 9 poin pakai Moz Pro.aja hihi

    ReplyDelete
  21. Pingin ajarin lagi sama ahlinya yiha

    ReplyDelete
  22. Yang menentukan akan dipakai DA-nya dari Moz default dan Moz Pro dari klien kita ya Mas Ilham. Saga maaih baru menulis lagi nih. Setakah 2tahun lebih vakum tidak menulis. 😊. Makasih infonya ya mas. Salam

    ReplyDelete
  23. Pengen deh nyerahin data DA PA moz terbaru hihihi soalnya DAku naiknya banyak banget. Sampai 8 poinn. Ruarr biasaa.

    ReplyDelete
  24. informasi terbaru DA/PA Moz Pro sudah sama kayak MOZ yang biasanya :d jadi berbahagialah teman-teman :D

    ReplyDelete
  25. Berarti kiblat nya ke Moz Pro aja lah ya, oke sip.😁

    ReplyDelete
  26. Hasil dari setiap situs itu, ya tidak jauh berbeda. Dan memang tidak bisa menjadi dasar patokan utama. Saya lebih suka pakai dengan MOZ. Punya saya DA dan PA nya kenapa nol ya?

    ReplyDelete
  27. Wah lama ndak merhatiin DA/PA, punyaku ternyata lumayan di yg tanpa login. Yg pake login entahlah.

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah DA ku juga naik d tools yang baru ini..

    ReplyDelete
  29. waaah DA ku naik 6 poin. hehe makasih infonya mas ilham..

    ReplyDelete
  30. Aku nih sempat bingung , tapi harus tahulah kan ini penting buat nloggBl

    ReplyDelete
  31. samaan mas,di grup blogger batam pun heboh bahas DA/PA. Buat newbie macam saya lumayan nambah semangat buat terus konsisten menulis hehe

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, DA PA ku naek mas,...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung