Ilhamsadli.com,- Sebenarnya ini masih baru dan terbilang hangat untuk dibahas ya. Pasalnya di salah satu group facebook beredar info mengenai DA/PA meningkat drastis. Alhasil update DA / PA terbaru menjadikan para blogger bingung. Bayangkan saja, perbandingannya bisa dibilang jauh. Update DA pertama hasilnya cuma sekian lalu kemudian update terbaru mendadak naik.

Bingung, dan pensaran bercampur jadi satu, tidak terkecuali aku. Yang memang masih baru berkecimpung dalam dunia blog, eits jangan nyinyir dulu ye.. maksudku disini teh blogger dengan domain TLD (Top Level Domain). Nah daripada bingung soal istilah - istilah ini, biar tak jelaskan sedikit mengani istilah ini nanti ya. Pokok jangan berpaling dulu dari halaman ini kalau masih dilanda penasaran. hahahaha (maksa)

Pengertian DA dan PA

DA adalah singkatan dari Domain Autority yang didefinisikan sebagai sebuah matriks (satuan nilai) yang dikembangkan pertama kali oleh Moz.com. Yang menjadi titik berat penilaiannya adalah domain utama atau bukan sub domainnya seperti halnya blogspot, wordpress, weebly, tumblr, 123 atau subdomain lainnya.

Sedangkan PA adalah singkatan dari Page Autority yang dimaknai sebagai url masing - masing halaman (postingan). Tidak menutup kemungkinan nilai Page Autority dalam homepage lebih kecil dari Page Autority postingan. 

Fakta Menarik DA dan PA

Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA) sebenarnya memiliki sebuah fakta yang menarik, mungkin hanya sebagian saja yang menyadari hal ini.
  1. Rangenya antara angka 0 - 100, dan semkain tinggi nilainya akan semakin bagus, untuk domain baru hingga 2 bulan pertama biasanya masih di angka 0.
  2. Untuk blog atau situs dengan DA dan PA diatas 20 dikatakan bagus, karena memang tidak mudah untuk mendapatkan nilai DA yang bagus. pengalamanku sih gitu
  3. DA dan PA juga dikategorikan dalam salah satu indikator SEO (Search Engine Optimize), tapi bukan penentu utama.

Cara Cek DA dan PA

DA dan PA tetap saja menjadi nilai khusus untuk para publisher. Karena nilai DA dan PA menjadi pertimbangan untuk client. Nah, bagaimana cek DA dan PA? cek cara berikut ini:
  • Buka tab baru di crome atau firefox atau internet browser
  • Cek di Moz.com
  • Silahkan tulisakna url situs sahabat (misal: https://www.namadomain.com)
  • Setelah itu klik serach dan jreng akan muncul nilai DA / PA
Nah, itu cara lama ya, dan menghasilkan nilai DA dan PA yang kecil. Sekarang ada update baru mengenai nilai DA dan PA, jadi tinggal gunakan cara ini untuk mengecek nilai DA dan PA dengan Moz Pro
  • Bukan Moz Pro pada web internet browser milik sahabat
  • Jika belum punya akun, silahkan membuat akun terlebih dahulu, kemudian isi beberapa data yang diperlukan (seperti username, email dan password)
  • Sahabat akan menerima email activvation dari moz pro, klik active dan sahabat sudah langsung terhubung
  • Silahkan gunaka link ini untuk untuk Cek DA dan PA
  • Lihatlah tabelnya maka akan muncul nilai DA dan PA sahabat.

DA dan PA Meningkat Drastis? Mungkin Ini Sebabnya

Nah, kemarin itu aku coba ikutan ngecek juga mengenai DA  dan PA blog karena para mamber group rame bahas ini. Hasilnya menghebohkan sekali, dan disitu aku merasa WOW!. Tetapi bukan itu masalahnya.

Masalahnya adalah aku coba buat bandingin hasil dari beberapa Website untuk cek nilai DA dan PA website atau blog. Disitulah keanehan ini mulai terjadi. Nilai DA yang awal 16 berubah menjadi 20, hahaha syok sekaligus heran. Tetapi setelah di cek di beberapa website penyedia cek DA dan PA begini hasilnya dengan berbagai sumbernya.

Menggunakan Moz Pro

Menggunakan Moz Default

Menggunakan Smallseotool

Menggunakan Seoreviewtool


Kemungkinan Penyebab DA Naik Drastis

Karena DA dan PA memang dikembangkan oleh Moz, maka bisa dipastikan ini bukan mustahil. Tetapi apa sih yang membuat beberapa website ini memunculkan angka yang berbeda saat ini, padahal biasanya hanya terpaut 1 angka saja. 

1. Menurutku nih ya, karena memang mungkin ada perbedaan antara fasilitas yang Moz Beta dengan Default versi tanpa login. Jadi hasil yang diperlhatkan juga akan berbeda, masalah mana yang lebih baik hanya pembuat websitenya yang tahu hahaha

2. Kemungkinan memang karena Moz ada perbaikan Algoritma sehingga hasil yang dimunculkan akhirnya terjadi perubahan yang signifikan dan terkesan drastis banget.

3. Karena mungkin memang hasil yang diperlihatan Moz Pro adalah real nilainya.

Nah, itu dia sedikit ulasan ya. Karena perbedaan ini akhirnya banyak publisher yang kebingungan untuk menggunakan nilai DA dan PA yag mana untuk kemudian dijadikan tolak ukur sebagai tawaran ke para adversite / klien. Aku pribadi sih berharap memang digunakan Moz Pro (beta) sebagai tolak ukurnya, dan website penyedia jasa cek DA dan PA juga memunculkan nilai sama agar tidak membingungkan.

Terimakasih, Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar dan share jika dirasakan bermanfaat.