√ Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger - Ilhamsadli.com

Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger

Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger
Ilhamsadli.com,- Kali ini ilhamsadli.com akan sedikit mengulas mengenai bagaimana cara mendapatkan SSL Gratis dari Blogger. Tetapi hal yang dahulu diketahui bahwa SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah protokol keamanan data dan hampir digunakan di semua transaksi internet (online). Banyak yang bingung SSL dan HTTPS itu sama atau tidak sih? Padahal sebenarnya SSL adalah istilah lain dari HTTPS, karena bertujuan agar pengguna internet. Maka untuk sahabat yang masih menggunakan HTTP untuk segera hijrah ke HTTPS untuk kenyamanan dan keamanan data pengunjung blog sahabat.

Apa itu HTTP dan HTTPS

Apabila sahabat jeli, mungkin sahabat pernah menemuka situs yang menggunakan https dan http. Atau pernah menemukan website atau blog yang memiliki warna hijau dengan icon gembok serta tulisan Secure pada alamat url-nya, atau mungkin pernah menemukan situs blog/website dengan warna merah dan tulisan not secure? Nah, itulah yang dimaksud dengan SSL. Lalu apa itu HTTP dan HTTPS?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol yang berguna mengatur komunikasi client dengan server biasanya ditandai denga munculnya notif merah not secure. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi secure dari http, dan ini dikembangkan awalnya oleh Netscafe Communications Corp.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Sahabat yang berprofesi sebagai seorag blogger haruslah tahu dan mengerti apa saja perbedaan antara ketika menggunakan http atau menggunakan https. Mari kita lihat dari beberapa aspeknya.

Keamanan Data

Untuk HTTP, tidak menjamin keamanan data yang di transmisikan antara client dan server. Sedang untuk HTTPS sendiri sesuai dengan namanya yakni Secure menjamin keamanan data. Dalam hal ini HTTPS mampu menangani 3 aspek yakni Autentikasi Server (pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang dituju), Kerhasiaan Data (karena data yang di transmisikan sudah di enkripsi artinya tidak mudah dipahami oleh pihak lain, dan terakhir yakni aspek integritas Data (tidak bisa dirubah pihak lain karena akan selalu ada tahap validasi message authentication code atau MAC).

Port yang Digunakan

Dalam melakukan komunikasi, secara default HTTP akan menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

Keuntungan Menggunakan SSL atau HTTPS

Apa saja sih keuntungan atau kelebihan ketika menggunakan HTTPS dan tidak menggunakanya. Mungkin pertanyaan ini muncul di benak sahabat. Maka berikut ini adalah keuntungan menggunakan HTTPS untuk jangka panjang.

SEO

2014 silam, google resmi mengumumkan bahwa https menjadi salah satu faktor pnentu rangking sebuah blog atau situs.Tetapi bukan berarti rangking blog tidak akan langsung berubah secara drastis karena menggunakan https. Tetapi hal ini memberikan pengalaman jangka panjang untuk membangun kepercayaan pengguna. Maka langkah untuk meningkatkan kualitas blog adalah hijrah ke https.


Bayangkan saja ketika sahabat menjadi pengunjung lalu menemukan situs yang dikunjungi bertuliskan not secure maka secara tidak langsung akan membuat pengunjung beralih ke situs atau blog lain. Maka untuk membuat kualitas serta meningkatkan peringkat blog, sahabat harus hijrah ke https.

Untuk Pengguna

Dengan menggunakan https atau ssl pada blog, maka satu langkah pengamanan sudah sahabat lakukan. Karena ada banyak sekali para pengunjung blog yang ingin privasinya tetap terjaga aman ketika mengunjungi sebuah situs blog. Selain itu, ketika blog diakses menggunakan http akan langsung dialihkan ke https secara otomatis.

Bagaimana Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger


Apakah bisa mendapatkan SSL gratis? jawabannya bisa. Karena algoritma terbaru dari blogger, akhirnya para pengguna diberikan fasilitas penggunaan SSL secara gratis. Sebenarnya tidak hanya blogger, tetapi para penyedia domain juga banyak yang memberikan fitur ini secara gratis. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak ulasan sederhananya berikut ini.
  • Silahkan sahabat masuk ke Halaman Blogger
  • Masuk ke bagian Setting kemudian pilih Dasar
  • Pilih Ketersediaan HTTPS, pilih Ya
  • Tunggu beberapa menit hingga pengalihan HTTPS bisa diakses dan rubah menjadi Ya
  • Selamat, Blog atau situs sahabat sudah mendapatkan SSL atau HTTPS secara free
Bagaimana? Mudah dan sederhana bukan. Semoga bisa membantu. Dan yang belum hijrah ke HTTPS segera hijrah untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung. Oh ya, untuk yang submit di webmaster, silahkan submit ulang menggunakan https pada urlnya.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

16 Komentar untuk "Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Blogger"

  1. SSL (Secure Socket Layer) itu ternyata singkatannya. Mempengaruhi SEO juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas... menurut beberapa SSL itu bagus buat rank dan SEO 😊

      Hapus
    2. iya bagus untuk seo karena google lebih mendahulukan yang https dari pada http di google search. embel2 secure ini untuk menjamin keamanan netizen ketika browsing mencari informasi melalui penelusuran google,

      saya dulu sempat pakai cloudflare, memang sih gratis, terus settingnya juga cukup ribet, selain itu berakibat loading blog yang lemot karena harus request sana sini, hahaa

      sampai akhirnya ssl blogger hadir, jadi kabar gembira sendiri buat saya, langsung cus deh ke ssl

      Hapus
    3. google berbaik hati memberikan SSL... :D kan lumayan dikasih fasilitas masak gak dipake

      Hapus
  2. Owh mksd https itu gitu. Baru ngeh.. mksh artikelnya sadli.

    BalasHapus
  3. udah beberapa lama sih aku pindah ke https. tapi ada teman yang setelah pindah ke https trafficnya malah turun. kira-kira kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu sebenarnya biasa mbak.. nanti juga bakalan balik lagi normal trafficnya.. sama kayak ketika berpindah dari blogspot ke TLD, traffic menurun juga lalu akan kembali normal

      Hapus
  4. Pas banget, baru aja beberapa hari yang lalu saya cari tau beda http dengan https. malah tulisannya mas ilham yang lengkap banget n buat saya ngerti cepet. hihi
    nice info mas.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah beberapa minggu yang lalu udah beralih ke https dan ternyata mudah banget caranya.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah aku sudah pindah menjadi https blogku. Emang sempat harus daftar console lagi ya?

    BalasHapus
  7. Aku juga baru pindah ke https mas Ilham. Terasa bedanya sekarang. Meski awal-awal ngerasa rugi karena pengunjung mulai sepi.

    Aku mau post tentang ini juga tapi belum. Nanti giliranku bertukar pengalaman ganti SSL yaaaa..

    BalasHapus
  8. Aku kira pasang https ribet ternyata tinggal ganti aja ya di setting, sip sip

    BalasHapus
  9. sippp mas.. info yang keren binggo

    BalasHapus
  10. Ini artikel.yanh sedang aku cari. Masih bingung caranya gimana. Bantuin dong

    BalasHapus
  11. Yang blog keluarga Nawra mau juga ah dibuat eh dipindahin kek begini

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink