Tenik Dasar SEO, Cara Mudah Riset Keyword Dengan Google Sugest

Tenik Dasar SEO, Cara Mudah Riset Keyword Dengan Google Sugest
Ilhamsadli.com,- Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas mengena teknik dasar seo. Ada banyak sekali cara riset keyword dan tidak dipungkiri juga banyak sekali Tool SEO yang beredar. Nah, semua itu pasti membutuhkan biaya. Maka cara mudah riset keyword adalah tanpa menggunakan tool. Salah satu teknik riset keyword yang banyak digunakan adalah google suggest.

Teknik seo menggunakan google sugest sebenarnya bukan ilmu baru, hanya saja teknik satu ini hanya sebagain orang yang sudah menerapkannnya. Menariknya, untuk para internet marketing tidak sedikit yang menggunakan teknik riset keyword dengan google sugest. Cara ini juga bisa diterapkan dalam website, dan menariknya lagi adalah teknik seo untuk menunjang artikel masuk halaman pertama.

Cara Mudah Riset Keyword

Sebelum melakukan riset keyoword dan belajar tentang teknik dasar seo ini, terlebih dahulu sahabat menentukan siapa sasaran pembaca. Dengan cara ini, nantinya akan memudahkan sahabat dalam melakukan riset keyword. 

Lakukan Survey 

Dalam contoh ini, kita akan menargetkan mereka yang suka menulis dan ingin menjadi seorang penulis. Nah, terlebih dahulu sahabat harus memposisikan diri sebagai seorang yang suka menulis dan punya keinginan menjadi seorang penulis. Dengan cara sederhana ini, sahabat bisa menemukan beberapa kata kunci. Kata kunci yang kita dapatkan bisa menjadi acuan dalam melakukan langkah selanjutnya.

Jika tidak bisa memposisikan diri sebagai calon pengunjung, sahabat bisa melakukan alternatif satu ini. Lakukan survey pada forum, komunitas, medai sosial atau bisa bertanya personal pada beberapa orang. Ajukan pertanyaan sederhana, misalkan seperti ini. 

"Ketika mendengar kata penulis, apa yang pertama kali terbayangkan," setelah responden menjawab catat inti pembicaraannya dalam notepad atau dalam exel untuk memundahkan langkah kita selanjutnya nanti.
misalkan kata yang sahabat dapatkan seperti ini.
a. Ketakutan Penulis Pemula
b. Cara Menjadi Penulis

Ingat, kata kunci utama kita adalah penulis.

Perhatikan Google Auto Complete

Untuk yang belum tahu google auto complete itu adalah beberapa kata kunci yang sering dicari (diketik) orang di search engine.
Google Auto Complete
Beberapa kata tersebut bisa sahabat simpan dahulu dalam note. Untuk hasil itu nantinya akan digabungkan dengan keyword dari Google Suggest

Menggunakan Google Suggest

Akhirnya kita sampai pada tahap intinya untuk menggunakan Google Suggest. Google Suggest adalah kata kunci sugesti yang diberikan google, kata kunci ini sebenarnya termasuk kata kunci yang sering dicari pengunjung. Akan tetapi dalam tahap ini, google membantu melengkapi kata kunci tersebut sehingga menjadi sempurna. 
Google Suggest

Lakukan hal yang sama seperti ketika menggunakan Google Auto Complete pada point sebelumhya. Gabungkan dengan kata kunci yang tadi 

Mulai Filter Keyword

Lah kok harus di filter kak? setiap kata kunci yang akan digunakan nanti sebenarnya akan dijadikan acuan dan prediksi apakah artiel yang sahabat buat mampu menembuh angka pencarian tersebut atau belum. Semakin besar angka yang muncul dalam data pencarian maka persaingan tentu akan semakin kuat.

Bagaimana cara mengetahui data yang akurat? cara mudah yakni dengan menggunakan kata allintitle: pada awal keyword yang kita data nanti. Apa yang akan terjadi ketika tidak menggunakan kata "allintitle" adalah akan muncul data yang gak akurat, artinya blog yang menggunakan jasa iklan adwords akan muncul di halaman pertama dan hal itu tidak bisa dijadikan sebagai acuan. 

Selain menggunakan satu keyword dari google suggest dan google auto complete, sahabat juga bisa menggunakan atau memadukan beberapa judul sehingga kemungkinan untuk muncul di halaman pertama besar. Kenapa demikian? karena sahabat menargetkan beberapa kata kunci dalam satu artiel. 

Take Action

Langakh terakhirnya adalah dengan take action. Mulailah menulis dengan menggunakan keyword dalam judul tadi. Usahakan untuk meminimalisir pengulangan kata kunci yang terlalu banyak. Karena pengulangan kata yang terlalu banyak kurang baik dalam artikel yang seo friendly. 

Nah, itu sedikit ulasannya ya. Kesempatan lain kita akan mencoba untuk mengulas mengenai cara menulis artikel yang seofriendly. Semoga bermanfaat. Silahkan dibagikan jika dirasa bermanfaat ya.

7 comments:

  1. Naaahh ini nih yang aku butuh. Untuk yang allintitle maksudnya gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam bahasa sederhananya, allintitle itu bisa dibilang tingkat kesulitannya... Jadi semakin besar jumlahnya maka tingkat kesulitannya juga semakin besar

      Delete
  2. Makasih info nya mas, selama ini ga pernah riset-riset keyword. hehe

    ReplyDelete
  3. Selamat malam Mas Ilham, bunda ini sudah aktif di dunia online sejak 2009 tapi tetap saja masih seorang newbie. Keinginan belajar memang besar dan semangat namun untuk belajar secara online sepertinya koq sulit ya? Harusnya belajar dengan guru pendamping barangkali baru deh bisa sedikit demi sedikit mampu menyerap ilmunya. Benarkah yang pernah bunda baca bahwa KEYWORDS itu sebaiknya diletakkan di awal postingan, tengah dan akhir? Cuma ini acuan bunda dalam menulis. Masih banyak yang harus bunda pelajari tentang blogging ini. Menerapkan sesuatu dari Google, pasti akan gagal bunda lakukan ketika bertemu dengan "Scripts" -- udah deh puyeng abis. Tapi belum menyerah. Akan terus belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda... itu kuncinya untuk penulisan artikel... dan usahakan jangan terlalu banyak juga mengulang keyword.. maksimalkan 9 pengulangan keyword sudah termasuk judul...
      bisa contact via WA aja bunda kalu mau nanya-nanya.. :D contact ada di about me :D

      Delete
    2. Halo mas Ilham, salam kenal. Itu maks pengulangan 9 keywords termasuk judul regardless jumlah kata dalam tulisan ya?

      Delete
    3. khusus sub judul tidak terhitung :D walaupun ada keyword di dalamnya...
      itu maksimalnya kak, tapi sebaiknya disesuaikan dengan panjang artielnya. Kalau dibawah 700 kata ada baiknya jumlah pengulangan keyword maksimal 6 saja,

      artinya secara matematisnya, 1 keyword untuk 100 kata :D

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung