Selain dikenal karena keindahan alamnya, Indonesia juga dikenal karena batiknya. Hampir setiap daerah memiliki corak batik khas yang menjadi andalan untuk buah tangan yang bisa dibawa pulang. Percaya atau tidak, sekarang ini batik sudah menjadi trens fashion. Jika sahabat adalah seorang yang fashionable dan ingin berbelanja batik tapi belum tahu di kota mana yang populer dengan kekhasan coraknya? Manfaatkan promo tiket murah untuk menuju kota-kota ini saja yuk!

Dimana saja kota itu? Berikut ini adalah 4 rekomendasi kota terbaik untuk membeli batik.

Kota Yogyakarta

sumber: validnews.co
Pasar Beringharjo disebut-sebut sebagai salah satu pusat jual beli batik terbesar di Kota Yogyakarta. Ketika memasuki pintu gerbangnya saja, aroma khas kain dan malam pembuat batiknya sudah tercium serta meninggalkan rasa yang nyaman sebelum memulai pencarian. Di Pasar Beringharjo ini, sahabat bisa menawar hingga menemukan harga yang pas dan cocok dengan penjual. Selain itu, sahabat juga bisa melihat tempat  serta cara pembuatan batik di beberapa tempat di Yogyakarta. 

Misalnya saja ke Kampung Taman yang berlokasi tidak jauh dari Taman Sari Water Castle, Kampung Batik Ngasem di kawasan jalan Kauman, Kampung Batik Giriloyo juga bisa dikunjungi jika sahabat sedang berada di daerah Imogiri. Di sentra-sentra batik ini ada yang dibuat dengan harga murah atau standar, ada juga yang menghabiskan jutaan rupiah untuk mendapatkan dan menikmati hasil karya mereka.

Kota Solo

sumber: blog.uny.ac.id/sukaswanto
Untuk para pecinta batik pasti sudah tidak asing lagi dengan kota yang satu ini. Pasalnya, kota solo merupakan satu diantara sekian kota yang terkenal dengan sentra batiknya. Para pecinta batik pun sudah banyak mengupas sentra demi sentra batik di Solo. Untuk sahabat ketahui bersama, kota terbesar kedua di Jawa Tengah ini memiliki dua tempat yang paling terkenal untuk berbelanja batik dan itu pasti di Pasar Klewer dan Kampung Batik Laweyan. 

Kedua ikon sentra batik kota Solo ini kemudian dilengkapi dengan keberadaan Kampung Batik Kauman yang lokasinya tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta. Ada juga House of Danar Hadi yang merupakan penghasil batik premium dan telah memiliki sejarahnya sendiri sehingga juga mendirikan msueum untuk menyimpan koleksi batiknya yang tersohor.

Kota Semarang

sumber: vibiznews.com
Bukan hanya Lawang Sewu, batik Semarang juga mendapat tempat yang pas di hati pecinta koleksi kain tradisional ini.Ketika suatu saat sahabat berkunjung ke kota Semarang, carilah Kampung Batik yang lokasinya disekitar Pasar Johar dan Kota Lama. Di sana sahabat akan dimanjakan dengan pemandangan rumah-rumah yang memproduksi serta menjual batik hingga melayani wisatawan yang ingin belajar lebih dalam mengenai cara membuat batik sendiri. Batik Semarang dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Jika tidak ingin membeli dalam bentuk kain, sahabat bisa membawa pulang berbagai aksesoris yang terbuat dari batik bercorak batik khas Semarang.

Kota Pekalongan

sumber: kumparan.com
Bicara tentang penghasil batik, kurang lengkap rasanya tanpa menyebut kota Pekalongan yang mendapatkan sebutan lain sebagai Kota Batik. Predikat itu tidak hanya sekadar disandang Pekalongan, batiknya memang menjadi penopang utama perekonomian di Pekalongan. Hasilnya juga telah banyak diekspor ke berbagai wilayah seperti Australia, Amerika, Timur Tengah, Jepang, Cina, Korea dan Singapura. Bila sahabat pensaran dengan batik ekspor tersebut, sahabat bisa membelinya di International Batik Center (IBC) dengan koleksinya sangat lengkap. Sahabat juga bisa membeli batik di Pasar Grosir Setono yang dikenal sebagai pusatnya batik murah, atau berburu batik pesisir di kawasan Pasar Banjarsari.