2 Alternatif Mudah Membuat Menu dan Sub Menu Blog

2 Alternatif mudah membuat menu dan sub menu blog
Ilhamsadli.com,- Menjadi blogger memang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi sekarang ini. Bahkan banyak yang menjadikan blogger sebagai profesi khususnya. Karena bukan tidak mungkina sahabat bisa mendapatkan banyak penghasilan dari blog, tetapi tentunya hal itu tidak didapatkan secara instan. Oh ya, bahasan kita bukan tentang mendapatkan penghasilan lewat blog lho, bahasan ini masih coming soon *entah sampai kapan*, pokok coming soon ya. hahahaha... yang penting sahabat tetap selalu pantau blog ini dengan cara subscribe email teman-teman (promosi dikit).

Nah, apa saja yang bisa membuat pengunjung blog betah berkunjung di blog kita? Yuuk baca dahulu

Pentingnya Navigasi Yang Baik

Nah, setelah sahabat membaca artikel tadi, tentu sahabat akan menemukan point tentang belum membuat pengunjung merasa nyaman. Perlu untuk sahabat ketahui bahwa sistem navigasi yang buruk akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman, maka tidak menutup kemungkina mereka tidak akan lagi berkunjung ke blog sahabat. Navigasi juga terkadang menjadi sebuah penentu apakah blog sahabat layak untuk menjalin kerjasama dengan Google Adsense atau tidak. Karena yang selalu menjadi sorotan bagi GA adalah navigasi yang baik.

Jadi bagaimana navigasi yang baik itu? navigasi yang baik adalah yang memudahkan pengunjung untuk mencari menu atau daftar menu dalam artikel kita. Sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan dalam mencari apa yang mereka cari. Lalu bagaimana cara membuat menu dan sub menu akan kita bahas pada point setelah ini.

2 Alternatif Mudah Membuat Menu dan Sub Menu Blog

Sebelum kita mulai membuat menu dan sub menu, perlu sahabat ketahui bahwa ada 2 cara membuat menu dan sub menu. Cara pertama adalah dengan mengedit melalui HTML dan menggunakan Menu tata letak pada blogger.

Menggunakan HTML 

Cara ini bisa anda gunakan jika menggunakan tamplate yang tidak bisa editing menu dan sub menu melalui tata letak atau tidak tersedia kolom edit menu pada menu tata letak. Bagaimana cara mudahnya?
  • Silahkan sahabat langsung masuk ke bagian Tema Blogger, kemudian klik Edit HTML
  •  CTRL+F lalu ketik "Menu"
  • Maka sahabat akan menemukan kode seperti ini 
<li><a href='#' itemprop='url' rel='tag nofollow' title='Menu 1'><span itemprop='name'>Menu</span></a></li>
  •  Kode diatas adalah untuk kode menu, maka sahabat tinggal mengganti "Menu" dengan nama yang sahabat inginkan. Jika ingin dihubungkan dengan label tertentu maka sahabat tinggal mengganti '#' dengan 'link label'. 
  • Jika sahabat ingin membuat sub menu dalam menu tersebut maka link dikosongkan
<li><a href="#">Menu </a>
<ul class="sub-menu">
<li>
<a href="#">Sub Menu 1</a>
</li>
<li>
<a href="#">Sub Menu 2</a>
</li>
<li>
<a href="#">Sub Menu 3</a>
</li>
<li>
<a href="#">Sub Menu 4</a>
</li>
</ul>
</li> 
  • Sususan htmlnya tinggal sahabat tambahkan kode ini untuk sub menu.
Baca Juga: Cara Mudah Membut Tampilan About Me Pada Platform Blogspot Yang Menarik

Menggunakan Tata Letak

 Jika bisa membuat tersedia menu edit pada tata letak maka akan lebih memudahkan sahabat dalam proses penambahan menu dan sub menu. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke menu Tata Letak
  • Kemudian tambahkan Gadget, lalu pilih Daftar Link
  • Kemudian akan muncul kotak seperti dibawah
 
  • Pada bagian judul berikan nama Menu atau Main Menu, Nama Situs Baru bisa diisi dengan judul menu yang sahabat inginkan misalkan Menu 1, Kemudian URL Situs Baru silahkan diisi dengan link label seperti contoh "http://www.namablogsahabat.com/search/label/artikel"
  • Kemudian klik Tambahkan Tautan.
  • Jika ingin membuat sub menu, maka sahabat tinggal menambahkan kode Underscors (_) pada depan nama menu. sehingga otomatis akan menjadi sub menu. jika ingin sub menu dalam sub menu maka tinggal tambahkan 2 kode tersebut dalam nama situs baru misalkan "_Artikel 1"
  • Tinggal sahabat sesuaikan sub menu dan menu dengan menaikan atau menurunkan urutan menu tersebut.
Nah, sekian dulu ya sedikit ilmu dari ilhamsadli.com  tentang 2 alternatif mudah dan simpel membuat menu dan sub menu blog. Semoga bisa bermanfaat dan membantu sahabat sehingga sistem navigasi blog menjadi baik.

7 comments:

  1. kaka, kok aku tetiba jadi mumet yaaak, hihihi

    ReplyDelete
  2. aku biasanya langsung copas html nya...heheh.. thanks sharingnya...

    ReplyDelete
  3. Wah ini yg aku cari, tapi ngoprek html ini harus didampingi kacang almond deh wkwkw

    ReplyDelete
  4. Tutorialnya ngebantu banget nih. Secara aku kudet hehe

    ReplyDelete
  5. Makasih bang Ilham. Postingannya manfaat banget. Mmg lagi nyari tutorial bikin menu. Thanks

    ReplyDelete
  6. Wah.. aku udah lama nih nyari tutorial ini, akan aku coba.. thanks for sharing ya kak

    ReplyDelete
  7. Ntar deh nyoba kalau kepala gak.pusing hahah

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung