Bersama Saling Menjaga Pandangan

Bersama Saling Menjaga Pandangan
Blogsadli,- "Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (Q.S An-Nur : 30)

Di zaman sekarang ini, sungguh sulit betul untuk kita saling menjaga dalam kebaikan, terlebih lagi mengenai bagaimana saling menjaga pandangan. Menjaga pandangan menjadi sebuah tantangan besar bagi para pemuda dan pemudi di seluruh dunia. Mungkin sahabat sering mendengar bahwa rasa itu muncul dari mata kemudian turun ke hati. Akan tetapi, ketika pandangan tidak dijaga dengan baik maka akan menjadi fitnah nantinya. Kali ini blogsadli akan mengulas sedikit mengnai menjaga pandangan

Bersama Menjaga Pandangan

Menjaga pandangan tidak melulu soal menjaga mata saja, tetapi lebih ke pengertian umum yang bisa dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Menjaga pandangan disini bisa diartikan sebagai menajga mata, menjaga lisan, menjaga hati, ketiga hal inilah yang harus dijaga agar kita benar-benar menjaga pandangan.Coba simak hadist berikut ini

"Sesungguhnya Allah telah menetapkan atas diri anak keturunan Adam bagiannya dari zina. Dia mengetahui yang demikian tanpa dipungkiri. Mata bisa berzina, dan zinanya adalah pandangan (yang diharamkan). Zina kedua telinga adalah mendengar (yang diharamkan). Lidah (lisan) bisa berzina, dan zinanya adalah perkataan (yang diharamkan). Tangan bisa berzina, dan zinanya adalah memegang (yang diharamkan). Kaki bisa berzina, dan zinanya adalah ayunan langkah (ke tempat yang haram). Hati itu bisa berkeinginan dan berangan-angan. Sedangkan kemaluan membenarkan yang demikian itu atau mendustakannya." (HR. Bukhari no. 6243 dan Muslim no. 2657)

Dengan menjaga pandangan tentu akan menjauhkan kita dari mendekati zina. Sungguh pada zaman sekarang ini sangat suli menahan, menjaga bahkan menundukan pandangan, Bisa sahabat perhatikan  sendiri ketika hendak keluar rumah, pandangan disekitar kita dipenuhi oleh wanita muslimah (ingat wanita muslimah) namun belum menutup auratnya, ataupun seorang pemuda muslim yang mencari perhatian seseorang dengan cara menebar pesona. Mereka berpakaian menarik bahkan bersoleh sedemikian rupa hingga lupa bahwa kewajibannya adalah menjaga pandangan untuk menjauhkan diri dan keluarganya dari api neraka.

Keliru Memahami Makna Menundukan Pandanga

Kadang ada yang keliru memahami makna sebenarnya dari menundukan pandangan. Ketika dijalan mislanya, sepanjang jalan ia hanya menunduk tanpa memperhatikan jalan didepannya. Ditakutkan nanti ada kecelakaan, dan menundukan pandangan dalam arti sebenarnya adalah menjauhkan pandangan ketika pandangan itu dirasa akan menimbulkan syahwat. Jadi bukan sepenuhnya menunduk, jika dirasa pandangan yang tidak baik tersebut akan menimbulkan syahwat maka segeralah palingkan pandangan

Pahala Bagi yang Menjaga Pandangan

Menjaga pandangan itu tidaklah mudah, bahkan sangat berat, apalagi dalam zaman sekarang ini yang serba digital. Mungkin di dunia nyata masih bisa menjaga pandagan tetapi di dunia maya? entahlah kalau menurut pandangan saya sendiri hal itu sangat susah karena kadang yang muncul di bernda adalah foto-foto wanita muslimah yang cantik dan menawan. Dan kadang jari jemari bergerak memberikan tanda like atau love (maafkan ini pengalaman pribadi, semoga kita bisa sama-sama saling memperbaiki). 

"Memandang wanita adalah panah beracun dari berbagai macam panah iblis. Barangsiapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan memberi balasan iman kepadanya yang terasa manis baginya" (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak no. 7875)

"Jaminlah aku dengan enam perkara, dan aku akan menjamin kalian dengan surga: jujurlah (jangan berdusta) jika kalian berbicara; tepatilah jika kalian berjanji; tunaikanlah jika kalian dipercaya (jangan berkhianat); peliharalah kemaluan kalian; tahanlah pandangan kalian; dan tahanlah kedua tangan kalian." (HR. Ahmad no. 22757)

Oleh karena itu sahabat, mari kita bergerak bersama untuk menjaga pandangan dengan saling menjaga untuk kebaikan. Untuk sahabat muslimah cobalah untuk menjaga lenggak-lenggok ssahabat agar tidak menimbulkan syahwat bagi kami para kaum lelaki. Cobalah untuk berpenampilan sederhana saja asalkan menutup aurat, maka sahabat telah melakukan kebaikan dengan membantu kami menjaga pandangan. Tampil cantik boleh, tetapi kecantikan dan kemolekan itu persemabhkanlah untuk imammu kelak, jangan diumbar kepada publik.

Dan untukmu sahabat pemuda muslim. Kurangi stalking akun media sosial muslimah karena hati seorang wanita itu lembut dan mudah sekali tersentuh. Jangan mencari perhatian dengan menebar pesona kesetiap wanita muslimah. Karena konsep Islam adalah saling menjaga dalam kebaikan. Jika tidak berniat untuk menikahinya, maka jangan sentuh hatinya

Sekian dulu sedikit bahasan mengenai bersama saling menjaga pandangan untuk kita meraih syurga bersama. Semoga bermanfaat, Silahkan Share artikel ini dengan klik tombol share di bawah postingan artikel ini.

Terimakasih 
Salam Literasi

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung