Mengetuk Pintu Langit

Mengetuk Pintu Langit
Blogsadli,- “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina.” (Q.S Ghafir: 60)

Setiap insan manusia sudah tentu ingin harapannya segera terkabul, tetapi hanya sedikit yang berusaha keras untuk meraih harapannya. Sebuah mimpi dan harapan haruslah tetap didampingi oleh sebuah usaha dan tentunya do’a. Dan salah satu cara yang dicontohkan Rasulallah Saw adalah mengetuk pintu langit dengan menggemakan bait-bait do’a. Cukup katakan apa yang kita inginkan, lalu biarkan usaha kita tetap berjala adanya.

Mengetuk Pintu Langit

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah r.a bahwa Rasulallah Saw pernah bersabda.
 
“Siapapun yang menyatukan seluruh orientasinya pada urusan akhiratnya, niscaya Allah cukupi urusan dunianya. Adapun bila ia memecah orientasinya pada berbagai urusan dunia, maka Allah mencampakkannya sehingga tidak berkenan menolongnya, dimanapun ia ditempa binasa.” (H.R Ibnu Majah)

Berbagai cara dan tips mungkin pernah kita lakukan untuk bisa mendapatkan apa yang kita harapkan. Setiap apa yang dilakukan hingga kadang berdarah-darah, namun tetap saja hasilnya masih begitu-begitu saja. Bukan hanya persoalan mencari rizki, terkadang pencarian jodoh pun demikian. Hingga terkadang seseorang menjadi pesimis untuk mendapatkan jodoh terbaik menurutnya. Atau hati masih belum tentram dengan apa yang mungkin kita dapatkan, karena memang yang kita dapatkan itu bukanlah apa yang kita harapkan.

Mungkin kia lupa satu hal penting dala hidup yakni begaiamana Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Karena apa yang kita inginkan belum tentu menjadi apa yang kita butuhkan. Padahal hal itu sudah jelas dipaparkan dalam Al-qur’an Surah Al-Baqarah ayat 186;

“Dan Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon pada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepadaku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S Al-Baqarah: 186)

Jurus paling jitu adalah dengan mengetuk pintu langit. Maka ketuklah pintu langit, Allah Swt. Akan membukanya dengan ramah, mempersilahkan kita masuk dan memberikan apa yang kita inginkan. Tetapi Dia tidak akan memberikan semuanya, Dia akan memilihkan do’a mana yang terbaik untuk kita. Karena Allah tahu mana yang baik dan tidak untuk kita manusia. Allah tahu masa depan, sedangkan kita tidak tahu menahu soal apapun.

Bagaimana harapan belum dikabulkan?

Jika kita mengetuk pintu langit, lalu masih belum diebrikan apa yang kita inginkan maka mungkin Allah mengabulkannya dengan cara lain. Cara lain itu adalah dengan mengabulkan langsung, menunda atau tidak mengabulkan. Allah membukakan pintu langit, itu artinya apa yang kita harapkan memang apa yang kita butuhkan. Jika harapan kita tertunda, maka mungkin Allah ingin melihat sejauh mana keinginan kita untuk apa yang kita harapkan tersebut. Maka tetaplah dalam jalannya dan usaha adalah kunci utamanya. Namun jika tetap saja Allah tidak mengabulkan harapan kita, maka Allah sudah tahu bahwa apa yang kita harapkan tidak kita butuhkan. Kita mengharapkan disegerakannya jodoh, tetapi Allah menginginkan kita bersabar dahulu dan dengan bersabar itu maka kita menjadi lebih dekat dengan-Nya. Atau  mungkin Allah berbaik hati menggantikannya dengan apa yang kita butuhkan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung