Kemana Ilmu Akan Membawamu?

Kemana Ilmu Akan Membawamu
Setiap insan manusia memang diciptakan dengan bakat dan kemampuan masing-masing. Akan tetapi kesemuanya itu bergantung pada manusianya, apakah ia akan mengembangkannya atau membiarkannya begitu saja. Dan orang beruntung adalah ia yang mempunyai keingin tahuan besar sehingga memotivasi dirinya untuk terus belajar serta menuntut ilmu. Mereka mampu mencerna ilmu dengan cepat serta bisa membagi ilmunya tersebut.

Tetapi perlu kita ketahui sahabat, bahwa ilmu bisa saja membawa kita semakin dekat dengan Ilahi namun bisa juga malah menjadikan kita dimurkai. Maka cobalah bertanya kemana ilmu itu membawamu?

Kemanakah ilmu yang kita dapat akan membawa kita? Gelar tinggi, menjadi pintar, cerdik, jenius atau apalah namanya itu boleh-boleh saja. namun bukan berarti kita lebih baik dari orang lain. Karena sebenarnya ilmu pengetahuan itu sangatlah luas, maka seharusnya semakin tinggi gelar kita semakin meras bodoh harusnya kita. Kenapa demikian? Karena yang namanya manusia seperti kita ini memang tidak tahu menahu soal apa-apa.

Ketika berada dalam majelis ilmu lalu pulang membawa apa yang dipelajari. Apa yang pertama kali kita rasakan ketika bertemu dengan mereka yang tidak tahu? Apakah kita merasa "ana khairu minhu (aku lebih baik darinya)". Jika iya, maka seketika itu kita telah menjadi sombong. Perkataan itulah yang dikatakan Iblis ketika diminta untuk memberi hormat pada Nabi Adam a.s, Iblis merasa lebih sempurna sehingga berucap demikian.

Namun jika ketika ilmu sudah ada dalam diri lalu lebih merasa rendah dan mendekatkan pada Allah, maka itulah ilmu yang sebenar-benar ilmu. Karena bersifat sombong hanya akan menghancurkan kita sendiri, istilah sederhananya adalah boomerang bagi kita. Maka kembalilah kita melakukan muhasabah diri agar menjadi insan terbaik. Teladanilah ilmu padi yang semakin merunduk ia semakin berisi.

Sekian dulu pembahasan sederhananya ya, semoga bermanfaat...

1 comment:

  1. Barakallah..Semoga ilmu yg di dapat bisa di Amalkan dan kelak menjadi catatan Amalan Yg Baik,.. Aamiin

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung