9 Nasihat Imam Al Harits Al Mahasibi



Sosok seorang Imam Al Harits Al Mahasibi adalah sosok seorang sufi agung. Jalan hidup seorang sufi haruslah ditempuh dalam segala maknanya, karena jalan inilah yang dicontohkan Rasulullah Saw dan para sahabatnya (tidak diberi nama jalan sufi). Jalan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatlah yang akan menuntun seorang muslim pada keridhaan Allah Swt. Tentunya dengan dipelajari secara benar, dipahami tanpa harus dibengkokan, dan yang paling penting adalah mengamalkannya. Beliau, Imam Al Harits Al Mahasibi memberikan 9 nasihat dalam hidup ini.


Perlu untuk diketahui bahwa dalam hal memperbaiki diri, ada 3 komponen yang harus tetap dijaga oleh seorang muslim. Ketiga komponen tersebut adalah membaca (tilawah), berguru (taklim) dan mensucikan diri (tazkiyah). Agar hasilnya optimal maka ketiga komponen ini harus berjalan bersama dan seimbang sehingga akan membuat pribadi seorang muslim menjadi pribadi yang dicintai Allah Swt. dan Rasulullah Saw.

Membaca (Tilawah)
Membaca (tilawah) lebih dikhususkan untuk Al-Qur’an. Sudah seharusnya seorang muslim membaca Al-Qur’an secara konsisten, entah itu setiap hari atau semacamnya. Karena Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang diturunkan pada Rasulullah Saw sebagai petunjuk dan panduan hidup. Bisa dengan cara membacanya, mendengarkan, maupun menghafal Al-Qur’an. Karena tidak hanya membaca untuk bisa memahami dan menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman dan tuntunan hidup.

Berguru (Taklim)
Berguru bisa dimaknai sebagai memiliki guru yang bisa menjadi pembimbing untuk menuju keridhaan Allah Swt. Guru yang bukan sembarangan guru tentunya, tetapi seorang guru yang benar-benar rabbani yang artinya seorang guru yang benar-benar takut pada Allah Swt. Guru yag tidak hanya mengajarkan ilmu yang tertulis dalam buku tetapi juga bisa mewariskan prilaku yang baik, sopan dan santun.

Mensucikan Diri (Tazkiyah)
Mensucikan diri bisa dimaknai sebagi menghindari segala sesuatu yang dianggap tidak baik dalam islam. Dan tentunya dengan tetap menjaga hati, fikiran serta perbuatan. Hati dan lidahnya senantiasa berdzikir, beristigfar meminta ampunan Allah Swt. Seorang muslim yang berharap cinta dan keridhaan Allah Swt akan senantiasa berada dalam jalan yang lurus dan meninggalkan segala larangannya dan senantiasa menghindari segala sesuatu yang sifatnya sia-sia tida memberi manfaat baginya, bagi keimanannya dan bagi sekitarnya.


Semua insan tentunya sudah mengetahui bahwasanya derajat manusia bisa lebih tinggi dari derajat malaikat. Walaupun malaikat adalah mahluk yang taat dan sebenar-benarnya taat tanpa mengurangi atau menambahkan apa yang ia lakukan. Hal ini bisa dilakukan jika insan itu bertaqwa dengan sebenar-benarnya taqwa. Akan tetapi derajat manusia juga bisa lebih rendah dari binatang. Yakni mereka yang tidak menggunakan akal, fikiran dan hatinya dalam bertindak. Sehingga binatang lebih pantas untuk dihormati daripada seorang insan manusia.

Berikut ini adalah 9 poin nasihat Imam Al Harits Al Muhasibi yang terangkum dalam risalah al mustarsyidin:
- siapa yang mempercayai Allah Ta’ala, pasti Dia membimbingnya
- siapa yang berlagak fasih, pasti Dia membeberkan aibnya
- siapa yang bertawakkal kepada-Nya, Dia pasti mencukupinya
- siapa yang percaya kepada selain Allah Ta’ala, niscaya Dia murka kepadanya
- siapa yang takut kepada Allah Ta’ala, Dia menjamin keamanan baginya
- siapa yang bersyukur kepada Allah Ta’ala, pastilah Dia menambahkan nikmat kepadanya
- siapa yang berlaku taat kepada Allah Ta’ala, Dia akan memuliakannya
- siapa yang lebih mengutamakan Allah Ta’ala, Dia akan mencintainya
- siapa yang dicintai oleh Allah Ta’ala, maka dia pasti akan mendapatkan keberuntungan.

Demikianlah 9 Nasihat Imam Al Harits Al Mahasibi, dan semoga insan manusia bisa mengamalkannya sehingga akan mendapatkan kecintaan Allah Swt. Kebanaran hanya milik Allah.

Wallahu a’lam…..

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung