Untuk Calon Mahasiswa Baru, Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Jurusan



Setelah selesai dengan Ujian Nasional, biasanya sebagai seorang siswa mereka akan merasa sangat free. Betapa tidak, setelah sekian lama belajar akhirnya mereka sudah menyelesaikan ujian dan tinggal menunggu hasil ujiannya. Tetapi sadarkah kalian para Alumni baru SMA/SMK/MA atau semacamnya, karena sesungguhnya perjuangan kalian belum benar-benar berakhir. Ketahuilah bahwa kalian akan dihadapkan dengan beban yang lebih besar lagi.
Untuk yang memilih untuk bekerja, maka kalian akan mencari pekerjaan dan beradaptasi dengan dunia kerjamu yang berbeda 180 derajat dari suasana sekolah. Bagi kalian yang memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka kamu akan banyak dihadapkan dengan pilihan jurusan tentunya. Maka dari itulah, jangan sampai kamu salah ketika memilih jurusan nantinya.
Untuk kamu calon mahasiswa baru, berikut ini adalah beberpa hal penting yang harus kamu ketahui dahulu sebelum memilih jurusan agar tidak salah dalam memilih jurusan nantinya.

Kenali Potensi Dalam Diri
Agar tidak salah ketika memilih jurusan nantinya, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah bagaimana dan dimana sebenarnya potensi dan passion-mu. Untuk menempuh Strata (Serjana) kamu membutuhkan waktu 4 tahun, dengan waktu yang sedemikian lamanya maka akan sangat menimbulkan masalah dan tekanan pada kamu yang salah dalam memilih jurusan. Dengan tekanan seperti itu, maka kamu akan tidak maksimal dan akan muncul rencana untuk pindah jurusan. Secara tidak langsung kamu telah menyia-nyiakan waktumu yang berharga. Maka dari itu, sebelum memilih jurusan ada baiknya kamu kenali dulu potensimu.

Jangan Takut Masuk Dengan Yang Identik Dengan Cowok/Cewek Semua
Rasa takut didepan akan bullyan ketika memilih jurusan yang identik dengan salah satu gender akan membuatmu terbeban untuk memilih jurusan tersebut. Padahal sebenarnya jurusan itu adalah kesukaan dan jurusan yang sangat kamu inginkan. Buang jauh rasa takutmu itu, buktinya diluar sana mereka yang menjadi minoritas dalam jurusan bisa tampil menjadi lebih unggul daripada kaum mayoritas karena mereka bisa membuang jauh rasa takut yang ada dalam diri mereka.

Pertimbangkan Juga Hobimu
Jika kamu mungkin adalah orang yang masih belum tahu potensi dan bakat yang terpendam dalam dirimu. Hobimu layak untuk dijadikan pertimbangan diaman sebenarnya potensimu tersebut. Coba kamu lakukan apa saja yang kamu suka dan membuat hidup menjadi lebih bergairah, kalau bisa jurusan yang amu pilih adalah jurusan yang akan mengembangkan dirimu sehingga tidak menjadi seorang yang monoton.

Jangan Ikut-Ikutan
Memilih jurusan karena ikut-ikutan tentunya akan lebih menyakitkan daripada kesemuanya diatas. Kamu tidak akan bisa menikmati setiap moment yang ada. Bukankah kamu lebih suka menjadi pelopor daripada pengekor? Lalu kenapa masih berfikir untuk memilih jurusan dengan ikut-ikutan teman, sahabat atau semacamnya, karena semua itu akan bisa menghentikan kreativitasmu.

Hindari Memilih Jurusan Karena Gampang
Ada yang pernah berkata, kamu tidak akan berkembang jika kamu hanya melakukan sesuatu yang bisa kamu lakukan. Maka cobalah untuk melakukan sesuatu yang berbeda, sehingga akan memancingmu untuk merasa tertantang. Buang jauh-jauh keinginan masuk kuliah dan memilih jurusan karena ingin gampang karena tak akan membantumu untuk berkembang.

Demikian beberapa hal yang perlu untuk diketahui bagi kamu seorang calon mahasiswa baru agar kamu tidak salah dala memilih jurusan nantinya. Salah melangkah maka akan membawamu pada tujuan yang salah juga. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung