Kebiasaan Buruk Ketika Bangun Tidur Yang Harus Kamu Hindari

Kebiasaan Buruk Ketika Bangun Tidur Yang Harus Kamu Hindari


Pada dasarnya bangun pagi adalah hal yang terbilang menyenangkan. Kenapa demikian? Karena tubuh yang lelah dan capek sudah kembali ke kondisi normalnya, ditambah lagi dengan udara pagi hari yang segar membuat hari menjadi lebih nyaman. Tetapi kesemuanya ini bisa terhambat jika kamu melakukan 4 kebiasan ini ketika bangun tidur.
Effeknya adalah moodmu akan menurun bahkan bisa hilang sehingga nantinya akan menjadikan kebiasaan ini menjadi prilaku khusus.
Dan berujung pada kebiasaan ini diteruskan berulang-ulang. Apa saja kebiasaan buruk itu? Berikut ini adalah beberapa ringkasannya.
Kebiasaan buruk ketika bangun tidur yang harus kamu hindari.

Bangun Yang Bergantung Pada Alarm
Bangun Yang Bergantung Pada Alarm
Membatasi waktu tidur itu ada nilai baiknya dan ada juga nilai tidak baiknya. Nilai baiknya adalah pekerjaan yang sedang dikejar deadline bisa kamu kerjakan sesegera mungkin dan memperkecil kemungkinan kamu bangun kesiangan. Tetapi akan berdampang buruk pada kebugaran tubuh, bayangkan saja ketika tubuh dipaksa untuk bangun lebih awal.

Sedangkan menurut beberapa ilmu kesehatan lebih menganjurkan untuk bisa tidur 6 hingga 8 jam. Jika badan terus-terusan dipaksa bangun maka kamu akan merasa lemas, lesu dan kadang rasa kantuk sehingga kamu kadang malas untuk bangun. Yang terjadi bukan bangun tetapi malah kesiangan. Untuk menghindari keadaan tersebut maka perlu untuk dibiasakan tidur lebih awal sehingga dirasa cukup untuk tubuh beristirahat setelah bekerja maksimal sebelumnya.

Terbangun dan Langsung Memeriksa Gadget

Terbangun dan Langsung Memeriksa Gadget
Karena perkembangan zaman mulai dari handphone hingga smartphone yang mulai beredar hampir disetiap kalangan masyarakat telah mengakibatkan ketergantungan yang tinggi terhadap smartphone. Buktinya ketika bangun tidur, banyak orang yang ketika bangun mereka langsung menunju ponselnya. Entah itu mengecek telephone masuk, notifikasi email atau social media lainnya.


Banyak para psikolog menganjurkan untuk meninggalkan kebiasaan yang satu ini. Menurut para psikolog, bermain Gadget pagi hari akan membuat mood seseorang menurun sehingga produktivitas seseorang tersebut berkurang disiang harinya. Para psikolog lebih menganjurkan untuk melakukan aktivitas lain seperti jalan pagi, meditasi hingga olahraga ringan yang bertujuan untuk meningkatkan mood seseorang.

Mengkonsumsi Rokok (Bagi Perokok)
Kebiasaan yang satu ini adalah kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh mereka yang memiliki ketergantungan yang tinggi dalam mengkonsumsi rokok. Mereka yang memiliki ketergantungan akan mengkonsumsi rokok ketika bangun dari tidurnya. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan serta menurunkan mood seorang perokok tersebut.

Di pagi hari seharusnya tubuh mendapatkan asupan nutrisi, malah mendapatkan asupan asap rokok. Hal ini mengakibatkan adanya gangguan pada system pencernaan, karena ketika tubuh tidak menerima asupan nutrisi selama beberapa jam saat tidur mengakibatkan tingginya asam lambung.

Mengkonsumsi Kafein
Mengkonsumsi Kafein
Mengkonsumsi minuman atau bahan-bahan yang mengandung cafein di pagi hari bukanlah pilihan yang bijak. Pasalnya, bahan-bahan tersebut bersifat acidic yang tidak baik untuk kesehatan lambung. Cobalah untuk mengkonsumsi air putih atau bisa juga kamu tambahkan air lemon sehingga akan membantu menetralisir tingkat keasaman dalam tubuh.
Demikian beberapa kebiasaan buruk ketika bangun tidur yang haru kamu hindari agar bangun pagi lebih rileks dengan mood yang baik. Bangun pagi membuat mood sesorang menjadi lebih baik sehingga cenderung tingkat produktivitasnya meningkat juga.
Semoga bermanfaat….

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung