√ Tak Main-Main, Inilah Manfaat Menjalankan Olahraga Setelah Sahur! - Ilhamsadli.com

Tak Main-Main, Inilah Manfaat Menjalankan Olahraga Setelah Sahur!

Ilhamsadli.com,- Kebanyakan orang akan mengurangi aktivitas olahraga ketika saat bulan puasa, karena bagaimanapun saat menjalankan ibadah puasa dimana tidak makan serta minum selama lebih dari 12 jam tentunya akan membuat tubuh menjadi lemas dan merasa kurang berenergi.

Manfaat Menjalankan Olahraga Setelah Sahur!

Sehingga terkadang olahraga dianggap sebagai aktivitas yang harus diskip terlebih dahulu agar ibadah tetap lancar, padahal sebenarnya olahraga sendiri penting dan bagus untuk kesehatan, Anda bisa memilih olahraga setelah sahur atau setelah berbuka.

Jika ingin tetap berolahraga pada saat menjalankan ibadah puasa, maka penting bagi Anda untuk setidaknya memilih waktu terbaik, seperti diantaranya adalah setelah makan sahur. Justru setelah makan tidak diperkenankan untuk langsung tidur lagi, karena sebenarnya hal ini kurang bagus untuk pencernaan, sebagai solusinya maka bisa memilih untuk berolahraga. Karena setelah sahur sebenarnya tubuh masih sangat berenergi setelah mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Namun memang tetap ada beberapa resiko yang bisa dialami saat menjalankan olahraga pada waktu ini, seperti diantaranya adalah kelelahan serta dehidrasi, itulah mengapa Anda harus benar-benar ekstra selektif dalam memilih jenis olahraga yang benar-benar pas, seperti diantaranya adalah jalan cepat, yoga sampai dengan lari di treadmill atau di dalam ruangan. Selain itu pastikan juga kondisi badan memang sedang fit saat ingin melakukan aktivitas olahraga.

Patut untuk diketahui bahwa dengan olahraga bahkan diimbangi puasa sebenarnya manfaatnya justru tidak main-main, ketahui berikut ini diantaranya manfaat olahraga setelah sahur:

1. Membuat Anda menjadi lebih produktif

Mengawali hari dengan berolahraga memang membuat tubuh menjadi jauh lebih bugar, dibandingkan dengan ketika Anda tidak berolahraga, sehingga menjalankan aktivitas olahraga di pagi hari saat bulan puasa sebenarnya bagus untuk meningkatkan produktivitas.

Apalagi olahraga di pagi hari akan membantu tubuh melepaskan hormon endorfin, dimana efek dari hormon yang satu ini adalah membuat tubuh merasa lebih berenergi. Jadi akan membuat Anda menjadi lebih jernih dan juga fokus saat menjalani pekerjaan.

2. Tidur lebih nyenyak,

Berpuasa terkadang mengubah ritme sirkandian dalam tubuh, karena harus bangun pagi buta untuk sahur. Sehingga terkadang jam tidur jadi terganggu di malam hari, karena siang sudah tidur.

Tentu dengan melakukan kegiatan fisik seperti diantaranya adalah olahraga ini akan sangat bermanfaat, karena membuat tubuh nantinya menjadi lebih nyenyak pada saat tidur di malam hari, akibat sudah letih beraktivitas di siang hari. Sehingga ibadah tetap jalan dan kesehatan juga akan berangsur jadi membaik.

3. Membantu jaga tekanan darah,

Sebuah riset menunjukkan bahwa ternyata orang-orang yang melakukan aktivitas olahraga di pagi hari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih besar untuk membuatnya tetap stabil dibandingkan dengan olahraga di malam hari, jadi akan sangat membantu untuk Anda yang memiliki masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Lebih lanjut sebenarnya dengan berolahraga di pagi hari sesuai dengan sunnah Rasul, apalagi memang ini jadi waktu terbaik untuk beraktivitas, sedangkan malam hari menjadi waktu terbaik untuk istirahat atau tidur.

4. Metabolisme energi menjadi semakin lancar

Tentunya Anda ingin punya berat badan yang ideal pada saat hari raya atau lebaran nanti bukan, olahraga di pagi hari setelah sahur bisa menjadi salah satu alternatif terbaiknya untuk mewujudkan hal tersebut.

Ternyata dengan berolahraga di pagi hari memicu tubuh untuk membakar kalori secara lebih banyak dibandingkan dengan olahraga alam hari, selain itu juga bagus untuk meningkatkan metabolisme agar lebih optimal, sehingga nantinya lemak di dalam tubuh perlahan akan ikut berkurang.

Jadi jangan ragu untuk melakukan olahraga setelah sahur, pastikan tetap minum air putih secara cukup pada saat sahur dan berbuka, sehingga tidak sampai dehidrasi atau kehilangan cairan.

Anda juga bisa ikut kelas olahraga pagi saat bulan Ramadhan ini dengan daftar di FIT HUB, disini ada banyak pilihan kelas menarik, bisa mandiri maupun dengan bantuan personal trainer.

Menariknya lagi untuk booking kelas di FIT HUB ini juga bisa dilakukan secara mudah online, sehingga tidak perlu kemana-mana, cukup dari rumah saja.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tak Main-Main, Inilah Manfaat Menjalankan Olahraga Setelah Sahur!"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink