√ Cara Atur Keuangan Bersama Pasangan Agar Hubungan Selalu Harmonis - Ilhamsadli.com

Cara Atur Keuangan Bersama Pasangan Agar Hubungan Selalu Harmonis

Ilhamsadli.com,- Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya ada banyak hubungan rumah tangga yang kandas di tengah jalan disebabkan oleh masalah financial. Apalagi untuk pasangan yang masih baru menjajal bahtera rumah tangga.

Cara Atur Keuangan Bersama Pasangan
edited by Canva

Maka masalah financial ini adalah faktor utama penyebab perceraian. Untuk itu penting akan edukasi cara atur keuangan yang tepat sebelum mulai berumah tangga. Harus siap secara fisik dan mental sebelum memutuskan untuk menikah.

Idealnya memang menikah ketika financial sudah cukup, namun jika harus menunggu semuanya ada tentu membutuhkan waktu lama, padahal seseorang juga mengejar usia sehingga nantinya jarak dengan anak tidak begitu jauh. 

Jadi memang asalkan Anda sudah punya pekerjaan dan juga ada calon sebenarnya tidak masalah jika ingin menjelajahi bahtera rumah tangga. Namun juga demikian harus benar-benar bertanggungjawab atas apapun yang terjadi di masa depan.

Wajib tahu cara atur keuangan bersama dengan pasangan untuk menjaga rumah tangga agar tetap harmonis, diantaranya adalah:

1. Jujur dan terbuka terhadap financial Anda

Banyak orang yang masih suka berbohong terhadap keuangan mereka, apalagi jika sampai berbohong masalah income atau punya hutang di tempat lain, ini termasuk hal yang cukup fatal. Jadi sebisa mungkin bersikaplah jujur dan terbuka dengan pasangan Anda, karena ini adalah awal dari kepercayaan, jika dari awal saja Anda sudah tidak bisa jujur terhadap keuangan, bagaimana nanti bisa mempengaruhi bahtera rumah tangga dengan begitu banyak cobaan lain didalamnya.

2. Menabung bersama

Jika Anda dan juga pasangan adalah orang yang sama-sama bekerja, maka keduanya juga punya tanggung jawab untuk berkontribusi atas cita-cita atau tujuan keuangan di masa depan bukan, sehingga kuncinya adalah dengan membuat tabungan bersama, penting juga untuk menentukan berapa jumlah yang dimasukkan ke dalam tabungan tersebut atau sudah menentukan persentasenya, sehingga tidak sampai terjadi konflik nantinya.

3. Buatlah skala prioritas

Di dalam menggunakan uang juga harus ada anggaran bulanan yang dibuat, dari sana nantinya Anda dapat membuat skala prioritas, yaitu dengan menentukan manakah jenis kebutuhan yang harus didahulukan serta yang paling akhir, ini akan mempermudah dalam pemakaian uang atau alokasi pengeluaran nanti. Karena memang Anda sudah menentukan apa yang harus didahulukan dalam pemakaian uang.

4. Jangan lupa untuk berinvestasi

Menabung saja tidak cukup untuk membuat uang Anda menjadi berkembang. Kuncinya bisa dengan melakukan investasi. Ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income, bisa dengan investasi deposito atau mungkin juga saham hingga properti, disesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki pada saat ini agar tidak terlalu membebani.

5. Jangan lupakan asuransi

Dalam hidup ini pastinya Anda juga sadar bahwa ada banyak resiko yang mungkin saja akan dialami, hal-hal tersebut nyatanya juga tidak dapat dicegah, namun dapat dikelola dampak financial yang disebabkan olehnya menggunakan proteksi dari asuransi. Beberapa produk asuransi yang penting dibeli oleh yang sudah berumah tangga seperti diantaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan ataupun juga asuransi properti. Sehingga apapun yang terjadi maka keuangan Anda akan tetap aman, percayakan saja kepada Allianz. Langsung cek di website resminya.

Bisa langsung terapkan sendiri cara atur keuangan tersebut agar kondisi rumah tangga bisa tetap harmonis, buah hati juga tidak sampai kekurangan apapun karena orang tuanya pandai dalam mengelola financial, hidup akan jadi lebih bahagia.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Atur Keuangan Bersama Pasangan Agar Hubungan Selalu Harmonis"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink