ASUS ExpertBook B3000, Laptop Sekaligus Tablet Dengan Snapdragon 7CGen 2

Ilhamsadli.com,- Beberapa waktu yang lalu, berkesempatan untuk menyaksikan sekaligus mencoba produk terbaru dari Asus. Iya, 17 Desember kemarin Asus memperkenalkan ExpertBook B3000, sebuah laptop yang fleksibel dengan daya tahan baterai panjang. Laptop detachable ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 dan merupakan pertama di Indonesia yang menggunakan Snapdragon.

ASUS ExpertBook B3000

Asus ExpertBook ini kalau aku lihat diperkenankan untuk menjawab kebutuhan para guru, pebisnis dan konten kreator. Karena ASUS ExpertBook B3000 ini sudah seperti perangkat mobile, bahkan untuk yang melihatnya sekilas akan menganggapnya sebagai tablet. Menurut klaimnya, baterainya tahan lama serta fitur dan konektivitasnya lebih lengkap. Kehadiran ASUS ExpertBook B3000 ini seakan cocok untuk dibawa bepergian dengan tidak takut ada pekerjaan yang terlewatkan karena desainnya ringkas serta ringan.

ASUS ExspertBook B3000 Menyapa Malang dalam Gathering

Aku pribadi tidak ekspek bakalan bisa langsung mencoba produk terbaru dari ASUS kali ini. Senang sekali karena akhirnya bisa tahu user exsperience menggunakan ExspertBook B3000 kali ini. Berlokasi di Hotel Ascent Premier Malang yang lokasinya di sebelah Stasiun Malang Kota Lama, acara Gathering Asus kali ini cukup menghebohkan, karena tidak hanya dari Bang Firman dari pihak Asus tapi hadir juga perwakilan Qualcomm Snapdragon, Conten Creator (yang menggunakan ASUS B3000 selama 2 minggu) serta hadir pula perwakilan dari komunitas ASUS.

Gathering Asus ExspertBook B3000
Ngobrol santai habis makan siang (foto by mas Ihwan)

Acara berlangsung mulai dari pukul 13.00 hingga selesai dengan dimulai dari absensi, kemudian makan siang dan berlanjut ke eksplor produknya. Karena yang hadir dalam acara gathering kali ini kebanyakan adalah orang yang sudak ku kenal, jadi momen ini sekalian digunakan sebagai ajang kopdar sembari menunggu istri yang kebetulan juga ada kegiatan di Surabaya. Ini dia foto bersama beberapa sahabat yang ku kenal dalam satu profesi di dunia blogger dan konten kreator, foto ini hanya sample saja karena masih banyak yang ku kenal lainnya.

Acara ketika itu dipandu oleh kek Caroline dan dimulai dengan penyampaian dari bang Firman dari ASUS memaparkan apa saja fitur serta keunggulan dari ASUS Exspert B3000. Penjelasannya cukup padat dan lengkap sehingga ketika ada sesi tanya jawab, hampir semuanya sudah paham dan hanya bertanya masalah teknsi saja.

Pemaparan kedua disampaikan oleh perwakilan dari Qualcomm yang memaparkan bagaimana snapdragon akhirnya menjadi pilihan ASUS ExspertBook B3000. Kelebihan serta keunggulannya jika dibandingnya CPU yang lain di kelasnya. Pemaparan ketiga disampaikan oleh "si paling founder" yang bercerita pengalamannya menggunakan ASUS ExspertBook B3000 selama kurang lebih dua minggu. Dan terakhir penyampaian dari komunitas ASUS untuk memperkenalkan komunitas di bawah ASUS serta benefitnya apa saja jika bergabung.

Dan yang paling menggemparkan adalah ada hadiah utama ASUS ExspertBook bagi video terbaik di instagram reels. Bayangkan saja betapa bahagianya mas Ferry ketika membawa pulang ExspertBook B3000 ini.

Kurang lebih seperti inilah video yang aku buat ketika acara, memang jauh dari kualitas jika dibandingkan dengan pemenangnya. Tetapi tidak masalah. Oh ya, untuk pemaparan mengenai ASUS ExspertBook B3000 simak setelah ini.

Bagaimana Performa ASUS ExspertBook B300 di kelasnya?

Mendengar Snapdragon, pasti rata-rata akan terpikirkan tentang smartphone gahar kan? Yapz, sama. Aku ketika pertama kali mendengarnya juga demikian, sampai ketika melihat rupa dari ASUS ExspertBook ketika tidak menggunakan keyboard seakan melihat tablet. Dengan dibekali Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 yang merupakan prosesor dengan kemampuan menghemat daya hingga seharian.


Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis dari ASUS ExspertBook B3000 menjadikannya memiliki performa yang bagus. Meski memiliki performa komputasi yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari, chip grafis Qualcomm® Adreno™ GPU 618 tetap tampil sangat efisien saat bekerja dan memungkinkan ExpertBook B3000 beroperasi menggunakan baterai dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Tampilannya sebagai laptop dengan fleksibilitas, ExspertBook B3000 dibekali dengan OS (Operating System) Windows 11 S. Menjadikan laptop satu ini layak diperhatikan, terlebih karena support untuk beberapa aplikasi yang juga bisa digunakan di mobile. Sekilas seperti paket komplit dihadirkan ASUS kali ini.

Desain Fleksibel dan Portabel

ASUS ExspertBook B3000 didesain sangat ringkas dan ringan karena hanya 590 gram dengan ketebalan 0.9 cm. Meskipun bobotnya ringan dan cukup tipis, tapi jangan diragukan lagi karena resolusi layarnya 1920 x 1200 (16:10). Karena termasuk laptop Detachable, sehingga antara keyboard dan layarnya bisa dipisah sehingga tinggal memilih untuk menggunakannya menjadi laptop ataukah tablet.


Teknologi keyboard ExpertBook B3000 ini menjadikannya aman untuk digunakan anak-anak karena keyboardnya menggunakan magnet sehingga mudah dipasang ataupun dilepas. Selain itu, untuk membuat user nyaman, keyboardnya dibuat miring serta sedikit cekung ke dalam sehingga membuatnya lebih nyaman ketika digunakan.Untuk keamanan memang dari layarnya masih belum dibekali gorilla glass seperti perangkat mobile, tetapi dibekali dengan stand cover sehingga bisa digunakan untuk melindungi sekaligus sebagai dudukan.
Keyboard ASUS ExpertBook B3000

Seperti halnya tablet, ASUS ExspertBook ini juga menggunakan layar sentuh. Tidak hanya itu, terdapat stylus pen juga yang tersimpan di bagian bodinya, dan bisa digunakan selama 45 menit untuk proses charging selama 15 detik saja. Hal lain yang juga menjadi nilai plus dari ASUS ExpertBook B3000 ini adalah adanya camera di bagian depan dan belakang. Untuk bagian depan menggunakan resolusi 13 MP sehingga hasil camera bisa dibandingkan dengan laptop pada umumnya yang hanya beresolusi VGA.

Untuk membuat video tutorial ataupun digunakan sebagai video conference juga tidak masalah karena hasilnya lebih bagus. Terlebih lagi dengan penggunaan 3D noise reduction, sehingga noisenya akan dikurangi secara otomatis.

Fitur ASUS ExspertBook B3000

Kalau berdasarkan pemaparan dari bang Firman dari pihak ASUS kemarin, fitur yang ada di ExspertBook B3000 ini terhitung lengkap. Misalkan dengan adanya teknologi ASUS WiFi SmartConnect sehingga memungkinkan untuk terhubung secara otomatis dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Selain memang yang sempat aku sebutkan tadi yaitu fitur 3DNR atau 3D Noise Reduction dengan AI sehingga membuat gambar semakin jernih.

Sudah tersedia juga USB type-C serta Audio Jack yang membantu para usernya. Di sisi lain, ASUS ExspertBook B3000 juga sudah memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.

Tingkat Keamanan untuk Kesehatan

Untuk tingkat keamanannya, ASUS ExspertBook B3000 sudah lolos pengujian hingga 30.000 siklus buka-tutup. Daya taha fisik sudah diuji 15.000 siklus pamasangan dan pelepasan USB type-C. Untuk laptop sekecil itu, ternyata bisa menahan beban 28 kh pada tutup dan bawah tanpa kerusakan panel LCD. Asus ExspertBook ini juga tahan 18 guncangan keras pada kecepatan 40G/11 ms dalam kondisi menyala, toleransi 95% kelembaban reltif pada suhu 30C dan 60C.

ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh 16:10 (1920 x 1200) dan telah tersertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland. Artinya, layar ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang minim sehingga tidak merusak Kesehatan mata dalam jangka waktu panjang. Untuk menjaga kebersihan ExpertBook B3 Detachable kamu, keyboard, touchpad, dan palm rest dilindungi dengan perawatan antibakteri.


Harga dan Garansi ASUS ExspertBook B3000

Untuk unit ASUS ExspertBook dijual dengan harga sekitar 7.399.000. GPU sudah menggunakan Adreno dengan RAM DDR4 8GB dan Internal 128 GB dengan pilihan OS Windows 11 Pro atau Windows 11 S. Setiap pembelian ASUS ExspertBook B3000 otomatis mendapat garnasi perbaikan 1 tahun.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "ASUS ExpertBook B3000, Laptop Sekaligus Tablet Dengan Snapdragon 7CGen 2"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink