√ Sederet Fakta Unik Tentang Mandalika yang ada di Lombok - Ilhamsadli.com

Sederet Fakta Unik Tentang Mandalika yang ada di Lombok

Ilhamsadli.com,- Mandalika yang ada di Lombok Nusa Tenggara Barat menjadi destinasi incaran para wisatawan yang cukup menarik. Mandalika Lombok Tengah bahkan bisa dikatakan menjadi salah satu destinasi super prioritas yang ada di Indonesia.

Sederet Fakta Unik Tentang Mandalika yang ada di Lombok
source: DetikTravel

Di Mandalika bisa ditemukan panorama pantai peserta bukit-bukit yang begitu eksotis serta banyak sport tourism yang tengah digemari. Namun Disamping itu mereka sendiri ternyata memiliki sejumlah fakta unik. Apa saja pernak-pernik yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini.

Ditetapkan Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus

Mandalika sendiri sudah ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus atau KEK sejak tahun 2014. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 52 tahun 2014. Menuliskan sendiri berada di bagian selatan Pulau Lombok dengan luas 1035,67 Ha. Kehadiran Mandalika sebagai destinasi wisata dengan keindahannya yang begitu mempesona diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Ada dua hal yang diunggulkan dari Mandalika ini yaitu di saat olahraga atau sport tourism dan wisata bahari. Letaknya sendiri berada dekat dengan pulau dewata dan juga Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga mereka ini semakin strategis dan diharapkan bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Menjadi Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia

Sport tourism atau wisata olahraga menjadi salah satu hal yang memikat dari Mandalika. Hari ini memang tidak terlepas dari berlangsungnya acara MotoGP 2021 yang cukup menarik perhatian hingga Kancah internasional. Sirkuit megah yang dibangun di Mandalika membuatnya begitu menarik.

Tidak hanya MotoGP 2021 Mandalika juga sering dijadikan tuan rumah untuk berbagai kegiatan olahraga tingkat nasional dan juga internasional seperti halnya TNI Mandalika International Marathon 2018, Moto Cross tahun 2019 di area pantai seger, kompetisi surfing internasional yang merupakan hasil kerja sama dengan persatuan selancar ombak Indonesia dan masih banyak lainnya.

Memiliki Keindahan Pantai yang Mengagumkan

Pesona bahari yang ada di Mandalika juga sangat menarik. Ada banyak pantai-pantai indah yang bisa dikunjungi di Mandalika. Seperti halnya Pantai Kuta Mandalika yang bisa dijadikan tempat untuk Menikmati keindahan alam dan juga lanskap kota. Hal ini juga menjadi salah satu representasi keindahan Lombok. Selain itu ada juga pantai seger yang bisa menjadi lokasi strategis untuk menikmati Sunset. Sementara itu, untuk menikmati ombak yang menantang dengan berolahraga selancar bisa mengunjungi Pantai Tanjung Aan.

Penghasil Kain Tenun Lombok yang Mendunia

Desa penghasil kain tenun Lombok juga ada di Mandalika. Bahkan kain tenun yang dihasilkan cukup mendunia. Adapun dua desa tersebut adalah desa Sukarara dan desa Sade. Untuk jarak Desa sade sendiri sekitar 7 km dari Mandalika sementara itu Desa sukarara berjarak sekitar 26 km dari Mandalika. Pengunjung yang datang ke lokasi ini bisa menikmati suguhan keindahan adat dan budaya lewat kain tradisional yang begitu mempesona. Di sini, pengunjung bisa bertemu dengan masyarakat dengan keramah-tamahan nya, menyaksikan pembuatan kain tenun dan jika ingin bisa membeli kain tenun yang sudah jadi.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Sederet Fakta Unik Tentang Mandalika yang ada di Lombok"

  1. nggak nyangka kawasan kuta sekarang udah sebagus itu, ada pembangunan jalan yang lebar. baguss

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink