√ 10 Bunyi Dasa Darma Pramuka Beserta Arti dan Maknanya - Ilhamsadli.com

10 Bunyi Dasa Darma Pramuka Beserta Arti dan Maknanya

Ilhamsadli.com,- Kalian pastinya ga asing lagi dong sama yang namanya Pramuka? Organisasi yang memiliki beberapa tingkatan mulai dari siaga, penggalang, hingga penegak.

Pramuka memiliki prinsip berorganisasi yang berisi nilai-nilai moral bagi anggotanya dalam melaksanakan tugasnya sebagai praja muda, yakni Dasa Darma. Pastinya temen-temen pernah dengar dong sama yang namanya Dasa Darma? Kira-kira seperti apa sih bunyi dan arti sebenarnya dari Dasa Darma Pramuka? Yuk!, simak bareng penjelasannya,

Dasa Darma Pramuka  Beserta Arti dan Maknanya

Arti Dasa Darma Pramuka

Berdasarkan penyusun katanya, secara harfiah "dasa" berarti sepuluh dan "darma" berarti kewajiban, jadi dapat disimpulkan dasa darma merupakan sepuluh kewajiban atau tuntutan yang wajib dijalankan oleh setiap anggota pramuka.

Dasa Darma Pramuka merupakan sebuah kode kehormatan yang terdiri atas sepuluh janji yang wajib diamalkan bagi setiap anggotanya. Arti dari bunyi Dasa Darma Pramuka berisi tentang beberapa ketentuan moral dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap anggota Pramuka dan juga hanya ditujukan kepada anggota Pramuka yang sudah mencapai tingkat Penggalang dan keatasnya.

Bunyi 10 Dasa Darma Pramuka

Dasa Dharma Pramuka yang saat ini memiliki Anggaran Rumah Tangga yang tercantum pada ART Gerakan Pramuka Tahun 2009 (Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 Tahun 2009).’

Berikut ini merupakan bunyi 10 Dasa Darma Pramuka untuk bisa kamu hafal :

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan kesatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, terampil, dan gembira

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

8. Disiplin, berani, dan setia

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Makna Didalam Dasa Darma Pramuka

Masing-masing dari butir Dasa Darma Pramuka memiliki makna tersendiri. Berikut ini merupakan makna yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka yakni sebagai berikut:

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Dasa Darma Pramuka yang pertama ini bermakna bahwa setiap anggota Pramuka harus taat dan patuh kepada Tuhan, dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Anggota Pramuka juga diwajibkan untuk memupuk rasa kasih sayang kepada sesama manusia sekaligus menjaga alam dengan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

3. Patriot yang sopan dan kesatria

Sebagai anggota Pramuka, harus menjadi pribadi yang sopan dengan bertingkah laku dan bertutur kata yang baik. Serta berani menjaga persatuan dan kesatuan tanah air.

4. Patuh dan suka bermusyawarah

Menjadi anggota Pramuka, berarti harus senantiasa mematuhi tugas yang diamanahkan. Begitu pula dalam mengambil keputusan, anggota Pramuka wajib bermusyawarah demi mendapatkan kesepakatan bersama.

5. Rela menolong dan tabah

Dasa Darma Pramuka mewajibkan seluruh anggota Pramuka untuk saling tolong-menolong tanpa membeda-bedakan ras, suku, dan golongan. Dalam menghadapi cobaan, anggota Pramuka juga dituntut tabah.

6. Rajin, terampil, dan gembira

Menjadi anggota Pramuka, berarti siap menjadi pribadi yang rajin dan tidak bermalas-malasan dalam mengemban tugas maupun di kehidupan sehari-hari. Sehingga keterampilan diri meningkat dan hati selalu riang gembira.

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

Anggota Pramuka harus mengutamakan hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan, dengan membiasakan diri berhati-hati dalam memakai uang untuk menghindari perilaku boros.

8. Disiplin, berani, dan setia

Setiap anggota Pramuka juga harus mempunyai sikap disiplin atau taat pada peraturan yang berlaku, serta berani menghadapi segala tantangan dan berpegang teguh pada tuntunan.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Dasa Darma Pramuka juga menjadi landasan bagi anggota Pramuka agar berani bertanggung jawab atas perbuatannya, tanpa mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Melalui Dasa Darma Pramuka, setiap anggota Pramuka juga diminta agar mampu mengendalikan perkataan, perbuatan, dan pikiran, supaya dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

Nah, itu dia teman-teman konten terbaik buat kamu!. Mau tahu sumber yang jauh lebih lengkap dan keren dari konten ini? Yuk, langsung klik sumber. Kunjungi Website INDOZONE untuk konten-konten yang lebih keren dan menarik serta aktual tentunya. Dijamin gabakal nyesel!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "10 Bunyi Dasa Darma Pramuka Beserta Arti dan Maknanya"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink