Fungsi & Keuntungan Pinjaman Syariah Yang Kamu Perlu Tau

Ilhamsadli.com,- Bagi Anda yang sedang mencari dana darurat untuk memenuhi kebutuhan tentunya tidak asing lagi dengan pinjaman syariah yang semakin hari makin banyak digemari. Meskipun kini sudah hadir banyak jenis pinjaman yang dapat Anda ajukan, tetapi pinjaman syariah yang satu ini juga tidak kalah menjanjikannya untuk dicoba.

Pinjaman syariah dapat menjadi jalan alternatif bagi Anda yang mencari dana pinjaman cepat dengan jumlah yang tinggi. Apalagi dalam proses pinjamannya tidak dikenakan riba sama sekali, sehingga pembayarannya tidak akan lebih besar jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional.

Fungsi & Keuntungan Pinjaman Syariah

Namun sebelum Anda mengajukan pinjaman bank syariah, sebaiknya ketahui terlebih dulu seluk beluk mengenai jenis pinjaman yang satu ini mulai dari fungsi hingga keuntungan mengajukan pinjamannya. Penasaran apa saja ulasannya? Let’s check this out!

Fungsi Pinjaman Syariah untuk Mendapatkan Dana Darurat yang Halal

Pinjaman syariah merupakan jenis pinjaman dana yang menggunakan sistem pengembalian dan juga batas waktu sesuai dengan prinsip syariah. Dalam hal ini, pinjaman syariah erat kaitannya dengan hukum islam sehingga semua sistem yang dijalankan berdasarkan hukum agama islam.

Berbeda dari pinjaman konvensional pada umumnya, saat Anda mengajukan pinjaman syariah Anda tidak akan dibebankan dengan sejumlah riba yang kadang memberatkan nasabah. Sebagai gantinya, nasabah dan pihak bank akan menandatangani sebuah perjanjian tertulis terkait penggunaan uang yang nasabah pinjam.

Karena nasabah tidak akan dibebankan dengan riba yang tinggi, sehingga Anda dapat mengajukan pinjaman dengan jumlah yang besar hingga 100 juta lebih asalkan sanggup untuk melunasinya sesuai dengan tenor yang berlaku. Anda dapat menggunakan pinjaman ini dengan sesuka hati karena pinjaman syariah memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Untuk biaya membangun rumah
  • Untuk membeli kendaraan
  • Memenuhi kebutuhan sehari-hari
  • Membeli tanah
  • Biaya untuk ibadah haji dan umrah
  • Sebagai modal usaha
  • Biaya pengobatan rumah sakit
  • Biaya pendidikan

Jika dilihat dari bagaimana fungsi yang diberikan oleh pinjaman syariah ini tentunya dapat memenuhi setiap kebutuhan yang Anda inginkan. Namun dalam penggunaannya Anda harus memenuhi semua syarat pinjaman bank syariah dengan lengkap.

Keuntungan Mengajukan Pinjaman Syariah yang Jarang Diketahui

Tidak hanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk nasabahnya, ternyata pinjaman syariah juga memiliki keuntungan yang akan memudahkan nasabah mendapatkan dana yang diinginkan. Adapun berikut ini adalah beberapa jenis keuntungan dari pinjaman syariah yang dapat Anda rasakan.

1. Halal

Tahukah Anda bahwa tidak sedikit nasabah dari bank konvensional yang ragu untuk meminjam uang karena adanya bunga yang harus dibayarkan. Pasalnya menurut islam, bunga ini termasuk riba dan haram untuk dijalankan. Inilah kenapa banyak nasabah yang berubah pikiran dan beralih ke pinjaman syariah.

Dalam pinjaman syariah, Anda tidak akan dikenakan riba atau bunga apapun karena sistemnya berbasis hukum islam dan terjamin kualitasnya yang halal. Jadi jika Anda menginginkan pinjaman yang halal, Anda bisa mencoba cara yang satu ini.

2. Zakat

Selain halal, saat Anda mengajukan pinjaman ke bank syariah ini sama saja dengan berzakat. Sistem kredit syariah menyediakan layanan alokasi zakat sekitar 2,5% dari keuntungan yang diberikan oleh lembaga keuangan syariah yang kemudian akan disalurkan untuk zakat.

Jadi tidak hanya mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan, Anda juga bisa sekaligus beribah membantu orang lain yang sedang kesusahan melalui zakat. Menarik bukan?

3. Risiko Kecil

Yang menarik dari sistem pinjaman syariah adalah menggunakan sistem pinjaman yang berupa kemitraan. Hal ini tentunya akan membantu semua nasabahnya agar tidak mengalami risiko yang tinggi. Tidak hanya itu, biasanya pihak bank atau lembaga keuangan syariah akan menanggung 50% risiko yang bisa saja dihadapi di kemudian hari.

4. Pelayanan Lebih Intens

Meskipun pelayanan yang diberikan oleh pihak bank syariah tidak jauh berbeda dari produk keuangan konvensional pada umumnya, tetapi saat Anda mengajukan jenis pinjaman syariah Anda akan disuguhkan dengan pelayanan yang lebih intens dan detail dalam setiap prosesnya.

5. Sistem Akad yang Meringankan

Akad yang dijalankan saat mengajukan pinjaman syariah ini berguna untuk meringankan beban nasabah saat mencicil tagihan hutang. Dengan akad juga mengharuskan adanya pembagian risiko keuangan. Sehingga nantinya jika ada masalah di tengah proses mencicil tagihan, pihak bank akan membantu nasabah untuk mengatasi masalah tersebut.

Setelah mengetahui apa saja keuntungan mengajukan pinjaman syariah, apakah Anda sudah yakin untuk mendapatkan pendanaan secara halal? Jika sudah, Anda bisa langsung berkunjung ke Maybank Finance sebagai lembaga pembiayaan keuangan yang sudah terkenal akan kepercayaan dan kualitasnya.

Ajukan Pinjaman Halal ke Maybank Finance

Maybank Finance merupakan lembaga pembiayaan yang akan membantu Anda untuk mendapatkan sejumlah dana pinjaman syariah dengan mudah. Bahkan bersama Maybank Finance juga Anda bisa mewujudkan kendaraan impian yang diinginkan. Tidak percaya?

Anda dapat memenuhi setiap kebutuhan dengan Multiguna fasilitas dana dengan bunga mulai dari 5,88% saja. Pinjaman ini dapat Anda miliki dengan menggunakan agunan BPKB mobil untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan seperti untuk biaya pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Bahkan bagi Anda yang hendak melakukan lelang mobil pun Maybank Finance siap untuk membantu dengan adanya layanan Lelang Mobil yang dapat diakses dengan mudah di website resmi Maybank Finance. Selain itu masih ada puluhan fitur menarik lainnya yang akan membantu Anda mendapatkan dana atau kendaraan impian.

Jadi yuk segera kunjungi Maybank Finance sekarang juga dan dapatkan pinjaman syariah dengan jumlah yang fantastis. Jangan lupa juga untuk menyiapkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan agar prosesnya dapat berjalan dengan cepat.

Referensi:
https://www.maybankfinance.co.id/
https://www.ruangmom.com/pinjaman-syariah.html
https://blog.investree.id/bisnis/apa-itu-pinjaman-syariah-cari-tau-lebih-dalam-di-sini/
https://koinworks.com/blog/pinjaman-dana-tunai-syariah/
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/05/21/pinjaman-syariah
https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/kredit/penjelasan-apa-itu-pinjaman-syariah/ https://www.99.co/blog/indonesia/pinjaman-syariah/

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Fungsi & Keuntungan Pinjaman Syariah Yang Kamu Perlu Tau"

  1. Nice share, kalo lebih banyak lagi pinjaman dengan sistem syariah kayak gini pasti banyak Orang terbantu.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink