Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai, Simak Bahasan Lengkapnya!

Ilhamsadli.com,- Ganti oli mobil yang jarang dipakai jadi informasi penting untuk kita bahas. Karena kendaraan yang kita biarkan tanpa digunakan setiap hari juga perlu mendapatkan perawatan secara khusus.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa tips dan bahasan lengkap. Anda yang memiliki pengalaman yang satu ini bisa memperhatikan beberapa hal.

Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai

Karena seperti yang kita ketahui ketika kendaraan jarang digunakan bisa mengalami hal yang berisiko. Berbeda dengan kendaran yang sering kita gunakan setiap harinya.

Hal seperti ini akan jadi pertimbangan untuk membuat kondisinya tetap baik. Maka dari itu kami akan membahasnya khusus untuk Anda.

Ganti Oli Mobil Yang Jarang Dipakai, Bagaimana Siklusnya?

Pertanyaan mengenai situs secara berkala yang bisa kita gunakan ketika ingin mengganti oli pada kendaraan yang jarang dipakai ini jadi sering muncul. Karena tidak banyak yang memahami bagaimana jadwal rutinnya.

Maka dari itu banyak orang yang akhirnya membiarkan atau menunda untuk menggantinya. Alasannya biasanya karena mobil jarang kita gunakan, hal seperti ini jadi jawaban yang tidak beralasan tepat. Oleh karena itu kami akan membahasnya khusus untuk Anda.

Meski kendaraan atau mobil jarang kita gunakan pastikan selalu kondisinya. Nah, untuk jadwal ganti olinya biasanya berkisar enam hingga dua belas bulan sekali.

Hal ini secara standar dan idealnya untuk jadwal yang bisa Anda ikuti. Bisa juga kita sesuaikan dengan berapa lama mobil tersebut kita simpan, hal ini jadi pertimbangan utamanya.

Anda bisa juga menentukan jadwal dari jarak tempuhnya. Karena mobil bisa jarang kita gunakan akan memiliki batas jarak tempuh, mulai dari 5.000 hingga 10. 000 km, perhatikan hal ini juga.

Apa Akibat Jika Ganti Oli Mobil Yang Jarang Dipakai Tidak Kita Lakukan?

Nah, siklus pergantian oli tersebut bisa Anda perhatikan untuk menerapkan pada kendaraan pribadi Anda. Lalu, bagaimana jika kita justru abai dan tidak menggantinya sesuai dengan standarnya?

Hal ini tentu akan menyebabkan hal yang lebih serius pada kondisi mobil. Karena oli tersebut bisa menyebabkan beberapa hal yang membahayakan mobil tersebut.

Oli Mobil Mengendap

Pertama tentu seperti yang kita ketahui bahwa oli yang terlalu lama ada kendaraan akan menyebabkan kotoran. Dari hasil endapan tersebut kita bisa membuat mesin mudah rusak.

Endapan tersebut justru menjadi kotoran yang jika mesin menyala akan membuat komponen lain tersumbat. Kejadian seperti ini justru membuat kita menambah masalah baru bukan?

Bahkan lebih parahnya kotoran akan lama kelamaan jadi sebuah endapan. Jika sampai masuk ke saluran yang bisa mengganggu pelumasan akan membuat resiko mesin mobil.

Oli Mesin Rusak

Ganti oli mobil yang jarang dipakai jika tidak kita lakukan akan berakibat buruk. Seperti ketika mengendap pada karter maka oli mesin hanya rusak. Kejadian seperti ini terjadi karena sebuah reaksi kimia yang bisa kita jauhi saja.

Karena jika terjadi sebuah reaksi hingga muncul unsur FeO2 maka akan menimbulkan oksidasi. Jika hal seperti ini terjadi pada mesin akan membuat fungsi aditif yang membantu melumasi komponen rusak.

Oleh karena hal inilah mengganti oli mobil jadi hal penting. Meskipun kendaraan tersebut jarang kita gunakan dan terkesan membuat boros saja.

Lalu Bagaimana Perawatan Setelah Ganti Oli Mobil Yang Jarang Dipakai?

Selanjutnya, kita juga akan membahas bagaimana perawatannya khusus untuk kendaraan yang jarang kita gunakan. Sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet sama sekali.

Namun perlu telaten, kendaraan seperti ini akan membutuhkan proses pemanasan paling tidak sepuluh hingga lima belas menit setiap harinya. Tindakan seperti ini akan membuat mesin tetap bekerja setiap harinya paling tidak sebentar saja.

Usahakan untuk tetap menghidupkan AC seperti ketika dalam perjalanan. Hal ini akan berpengaruh pada kondisi AC tersebut ketika kita menggunakannya kembali.

Tips yang tidak kalah pentingnya adalah melepas aki mobil. Jika kita akan memutuskan untuk tidak menggunakannya selama satu minggu lebih lakukan hal ini.

Tindakan seperti ini akan membantu untuk mengurangi risiko terjadinya soak pada aki tersebut. Karena mesin akan berhenti selama seminggu maka hal seperti ini jadi siasat yang tepat.

Rekomendasi Tempat Ganti Oli Mobil Yang Jarang Dipakai

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi untuk tempat ganti oli terpercaya. Semua bisa Anda akses melalui Otoklix.com yang merupakan platform untuk membantu kita. Mereka bermitra dengan banyak bengkel terpercaya dengan fitur yang membantu banyak.

Mulai dari mencari bengkel terpercaya terdekat dari lokasi kita. Selain itu ganti oli mobil, akan terasa mudah dan praktis.

Kita tidak akan kerepotan sama sekali hanya tinggal klik. Apalagi ketika tidak memiliki banyak waktu luang dan libur hanya pada weekend juga tanggal merah saja.

Ganti oli mobil yang jarang dipakai bisa terselesaikan dengan website tersebut. Jadi segera kunjungi dan buktikan sendiri.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai, Simak Bahasan Lengkapnya!"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink