Ingin Tampil Fresh? Ini 7 Warna Rambut Untuk Kulit Gelap

Ilhamsadli.com,- Dear kamu yang mungkin saja memiliki jenis kulit dan warna kulit yang sama gelapnya seperti aku, maka pastinya agak susah untuk memilih warna rambut ketika ingin mengubah penampilan. Kadang suka mikir juga, kira-kira kalau mau mengubah warna rambu maka warna rambut untuk kulit gelap seperti apa? Apakah setelah mengubah warna rambut nantinya bisa tampil fresh atau malah sebaliknya.

warna rambut untuk kulit gelap

Memiliki kulit gelap sepertiku bukan berarti tidak bisa bereksperimen dengan model rambut atau warna rambut, termasuk warna rambut terang yang seringkali bikin ragu pemilik kulit gelap untuk mencobanya. Asalkan pilihan warnanya tepat, kita tetap bisa kok tampil beda dengan warna rambut terang. Tapi aku rasa banyak yang memiliki kulit gelap sepertiku, karena tidak sedikit orang Indonesia dengan jenis kulit gelap atau istilah lainnya adalah sawo matang.

Kenali Skin Tone dan Undortone Terlebih Dahulu

Sebelum memilih kira-kira jenis warna rambut yang cocok, tentunya perlu untuk memahami tentang skin tone dan undertone. Dimana skin tone merupakan warna kulit permukaan yang langsung terlihat. Beberapa jenis skin tone ini didapatkan secara genetis, namun karena perawatan juga bisa mengubah skin tone, hingga mungkin terpapar sinar matahari. Jenis yang paling banyak ditemukan di Indonesia biasanya jenis kuning langsat hingga sawo matang.

Sedangkan skin undertone ini juga didapatkan dari genetis dan tidak bisa diubah. Maka bisa dikatakan bahwa skin undertone ini adalah warna dasar kulit yang terletak pada bagian bawah kulit. Cara menentukan apa jenis undertonenya adalah dengan melihat pembuluh darah pada pergelangan tangan. jika berwarna biru atau ungu, berarti jenis cool undertone. Maka jenis kulit ini cocok menggunakan warna rambut yang punya pigmentasi dominan biru, abu-abu.

Sedangkan jika warnanya hijau berarti warm undertone, artinya cocok dengan pigmentasi dominan merah, orange. Sementara jika warnanya biru kehijauan atau sebaliknya, maka kamu punya neutral undertone. Artinya paling pas menggunakan warna yang cool undertone, warm hingga paduan keduanya.

Warna Rambut Untuk Kulit Gelap Sawo Matang

Nah, sekilas sudah mengerti bagaimana menentukan skintone dan unsertone dari kulit sendiri maka akan lebih memudahkan untuk memilih warna rambut yang akan digunakan. Berikut ini 7 rekomendasi warna rambut untuk kulit sawo matang.
warna rambut untuk kulit sawo matang

Warna Rambut Cokelat Highlight

Untuk orang yang baru akan mewarnai rambutnya, terutama jika tipe kulitnya adalah kulit gelap tentu tidaklah mudah untuk menentukan warna apa yang akan dicoba pertama kali. Nah, dari beberapa refrensi menyarankan untuk menggunakan warna cokelat dengan tambahan highlight. Karena jenis rambut dengan warna cokelat ini terbilang warna paling netral alias cocok untuk semua warna kulit.

Perpaduan antara warna cokelat dan highlight ini sebenarnya bertujuan agar rambut terlihat lebih cerah sehinggar terlihat memiliki volume serta tampak lebih tebal. Apalagi untuk urusan fashion, tentunya lebih mudah diserasikan dengan warna outfit baik terang maupun gelap.

Warna Rambut Hitam Pekat

Hitam pekat merupakan warna rambut yang cocok untuk kulit gelap. Oh ya, untuk hitamnya bukan seperti hitam pada rambut pada umumnya. Melainkan perpaduan antara warna hitam dengan warna biru. Memang tampilannya akan menjadi lebih helap dan lebih deep dari rambut kebanyakan orang. Tapi percayalah bahwa warna rambut ini cocok untuk pertama kali eksperimen ganti warna rambut, karena perubahannya tidak terlalu mencolok.

Warna Rambut Copper Red

Untuk jenis warna ini terbilang unik, karena memang tidak terlalu banyak yang menggunakannya. Akan tetapi boleh juga untuk dicoba sebagai eksperimen warna rambut untuk kulit gelap milikmu. Untuk jenis warna ini seringkali disebut sebagai warna merah tembaga yang memberikan kesan keemasan untuk orang dengan kulit gelap. Untuk mendapatkan warna demikian ini dengan mencampurkan warna merah, jingga, cokelat, dan kuning.

Warna Rambut Merah Burgundy

Pilihan warna untuk jenis kulit gelap adalah warna merah burgundy seperti milik Tara Basro. Teknik ini menggunakan cara pewarnaan rambut setengah-setengah sehingga memunculkan tampilan gradasi.

Warna Rambut Strawberry Blonde

Warna rambut selanjutnya yang juga cocok untuk orang dengan jenis kulit gelap adalah warna starberry blonde. Dimana warna ini merupakan campuran dari warna pirang dan merah. Bahkan beberapa hair desainer mengakui bahwa warna ini paling cocok untuk kulit sawo matang. Karena warna ini mampu menonjolkan warna yang sama dengan wajah sehingga terlihat lebih fresh.

Warna Rambut Merah Mahoni

Bagiaman? Unik bukan nama warna kali ini? Warna ini bisa dibilang mirip-mirip dengan warna burgundy, hanya bedanya warna rambut merah mahoni ini terbilang lebih pekat, deep dan gelap. Warnanya lebih mendekati ungu jika dilihat secara saksama. Kombinasi warna merah dan hitam menjadikan warna ini terlihat natural.

Warna Rambut Brunette

Untuk warna rambut brunette ini sebenarnya trending di Korea Selatan, dan rata-rata pengguna warna rambut ini berkulit gelap alias sawo matang. Mungkin sekilas mirip warna cokelat, namun warna ini terbilang lebih feminim sehingga penggunanya terlihat santai tapi elegan. 

Kesimpulan

Untuk bisa menggunakan warna-warna tersebut tentunya kamu bisa melakukan eksperimen sendiri atau jika ragu bisa datang ke salon saja. Selamat mencoba dan jangan sampai keliru memilih warna rambu yang cocok untuk jenis kulit gelapmu.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Tampil Fresh? Ini 7 Warna Rambut Untuk Kulit Gelap"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel