Simak di Sini, Aturan Baru Penerbangan PPKM dan Tips Aman ke Bandara

Ilhamsadli.com,- Menyusul pengumuman pemerintah tentang perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali sampai 16 Agustus 2021, ada beberapa pembaharuan syarat penerbangan. Bagi yang memiliki banyak jadwal terbang, pergi ke berbagai wilayah di Tanah Air perlu tahu berbagai syarat terbaru. Supaya penerbangan bisa berjalan lancar. Jangan sampai karena Kurang update berbagai penerbangan terbaru, penerbangan tertunda atau bahkan gagal.

aturan penerbangan ppkm dan tips aman ke bandara

Selain itu bagi Anda yang ingin lebih aman saat ke bandara, bisa pesan transportasi yang menerapkan protokol kesehatan dengan tertib. Anda bisa pesan Damri ke bandara atau sebaliknya untuk pulang ke rumah. Yuk bahas terlebih dahulu berbagai syarat terbang paling baru yang diperpanjang sampai 16 Agustus 2021, kemudian tips aman menuju bandara.

1. Harus Sudah Vaksinasi Minimal Dosis Pertama

Syarat wajib yang harus dipenuhi untuk calon penumpang pesawat terbang adalah telah melakukan vaksinasi. Minimal sudah vaksinasi dosis pertama, dosis kedua atau lengkap malah lebih baik. Jika Anda sudah vaksinasi dosis kedua akan mendapatkan keringanan bisa melakukan tes antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Tapi bagi yang masih vaksinasi dosis pertama harus memberikan surat negatif Covid-19 dari tes PCR 2x24 jam sebelum keberangkatan. Tes ini harus dilakukan dari berbagai laboratorium yang telah ditunjuk oleh kementerian Kesehatan. Nantinya hasil surat negatif covid-19 langsung diunggah ke akun e-HAC.

Ada beberapa kondisi yang memperbolehkan calon penumpang tidak perlu menunjukkan sertifikat vaksin. Mulai dari memiliki kondisi kesehatan khusus, riwayat penyakit komorbid, sampai dengan kehamilan. Nah, meski tidak membawa sertifikat vaksin, perlu menyertakan surat keterangan dari dokter terkait penyebab tidak boleh melakukan vaksin. Tentunya surat tersebut akan diperiksa sedemikian rupa keaslianya.

2. Tidak Diperbolehkan Makan Minum untuk Perjalanan Pendek

Peraturan lainnya, bagi Anda yang melakukan perjalanan pendek kurang dari 2 jam dilarang makan, minum, dan juga berbicara dengan orang lain. Hal tersebut berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 dengan No. 14 Tahun 2021.

Bagi yang memiliki riwayat tertentu yang harus meminum obat secara teratur, pemerintah melonggarkan aturan makan dan minum. Tentunya harus dilengkapi dengan surat keterangan dokter yang valid. Selain itu anjuran lainnya adalah para penumpang mengenakan masker ganda untuk mendapatkan proteksi yang lebih baik lagi. Anjurannya, kombinasi masker kain dan medis.

3. Anak Kecil di Bawah 12 Tahun Dilarang Naik pesawat

Aturan terbaru lainnya pada PPKM periode 10-16 Agustus 2021 ini, anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan melakukan perjalanan. Baik itu antar negara, provinsi, kabupaten, atau juga kota. Berbagai alat transportasi pun juga dilarang, termasuk juga dengan pesawat. Hal tersebut tercantum dalam SE No. 62 Tahun 2021 yang sudah mulai berlaku sejak tanggal 11 Agustus 2021.

Penetapan aturan tersebut tersebut semata-mata dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Apalagi memang anak-anak juga termasuk golongan rentan sekali dengan virus. Bagi para orang tua diharapkan juga mematuhi hal tersebut dengan saksama.

4. Harus Menerapkan Protokol Kesehatan 6M

Selain itu semua, para penumpang yang naik pesawat harus menerapkan protokol kesehatan 6M, sudah tidak 3M lagi. Yaitu,
  • mengenakan masker,
  • mengurangi mobilitas
  • mencuci tangan dengan sabun
  • menjauhi kerumunan,
  • menjaga jarak,
  • dan juga menghindari makan minum
Selalu tunduk dan patuh dengan berbagai kebijakan yang telah dilakukan. Selalu aware untuk menjaga diri saat berada di tempat-tempat publik supaya kesehatan diri tetap terjaga dengan baik.

5. Jangan Lupa Instal e-HAC dan PeduliLindungi

Ada beberapa aplikasi yang perlu untuk Anda instal guna memudahkan proses penerbangan. Yakni e-HAC dan PeduliLindungi. Kedua aplikasi tersebut diciptakan oleh pemerintah untuk semakin menekan angka positif corona. Selain itu juga untuk mempermudah pantau masyarakat yang bepergian.

Aplikasi e-HAC harus diisi nantinya diperlukan untuk mengambil bagasi. Sementara PeduliLindungi digunakan untuk mengunduh sertifikat vaksin. Perlu diketahui, sebelum mendapatkan boarding pass, nanti beberapa dokumen perlu divalidasi. Dan jika telah menginstal PeduliLindungi atau e-HAC akan lebih memudahkan.

Baik PeduliLindungi atau e-HAC sudah dapat bisa diunduh di PlayStore atau App Store. Bagi yang ingin mengakses website-nya juga bisa. pelajari kedua aplikasi tersebut sebelum berangkat, supaya saat hari penerbangan tidak ada masalah.

Tips Aman Menuju Bandara

Setelah mengetahui berbagai syarat baru penerbangan pada PPKM sampai 16 Agustus, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips aman menuju ke bandara. Pertama, pilihlah kendaraan yang aman dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pilihannya banyak, bisa naik kereta bandara atau pilih Damri. Kedua, Anda bisa check in secara online supaya perjalanan tetap nyaman anti antri panjang saat berada di bandara.

tips aman ke bandara saat ppkm

Supaya check in online semakin mudah, terlebih dahulu lakukan pemesanan tiket secara online. Bisa di Traveloka Lifestyle SuperApp dengan menawarkan banyak sekali maskapai penerbangan, Jumlahnya lebih dari 40 pilihan, termasuk juga di dalamnya ada Batik Air. Jika ingin pesan dalam waktu dekat bisa cek harga Batik Air di sini.

Tips yang ketiga adalah berangkat lebih awal supaya tidak terburu-buru. Saat sedang tergesa-gesa, proteksi diri akan longgar. Anda bisa saja menerobos kerumunan untuk bisa mendapatkan boarding pass dengan lebih cepat supaya tidak ketinggalan pesawat. Jika sudah begitu, keamanan diri menjadi taruhannya.

Itulah penjelasan tentang berbagai update terbaru penerbangan untuk perpanjangan PPKM Level 3 atau Level 4 periode 10-16 Agustus. Ketahui dan lengkapi hal-hal yang dibutuhkan ya. Semoga perjalanan yang dilakukan menyenangkan.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Simak di Sini, Aturan Baru Penerbangan PPKM dan Tips Aman ke Bandara"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink