Tertarik Dengan Dunia Digital? Rekomendasi Univesitas di Jawa Timur Untukmu

Ilhamsadli.com,- Era millenials seperti sekarang ini, ketika teknologi semaki mempuni dan kecerdasan manusia semakin bertambah. Muncul lagi satu istilah Digital Technopreneur yang bergerak dan fokus dalam pemanfaatan platform digital sebagai salah satu pengembangan banyak hal. Sekarang ada banyak sekali pekerjaan di dunia digital yang populer, diantaranya IT Consultant, SEO Specialist, Data Analyst, Digital Marketing dan seterusnya.

Univesitas di Jawa Timur

Untuk gajinya tentu jangan ditanyakan, karena memang tidak tanggung-tanggung. Ada yang bahkan mengatakan gaji mereka diatas 8 juta perbulannya, ini berdasarkan pengalaman banyak orang yang sata kenal. Anak-anak sekarang kalau ditanyakan mengenai cita-citanya, akan rata-rata bilang yang berkaitan dengan dunia digital. Berbeda dengan anak 90an jika ditanya masih rata-rata punya cita-cita sebagai insinyur, dokter, polisi atau guru, sedangkan anak zaman sekarang sudah ada yang bermimpi menjadi Youtuber hingga influencer.

Tentang Peluang Di Dunia Digital

Jika dulu orang taunya Teknik Infomatika bekerjanya sebagai seorang web development, maka sekarang sudah berbeda lagi karena mengikuti perkembangan kebutuhan industri. Terlebih lagi dengan munculnya banyak sekali start up dan membuka banyak peluang untuk anak muda. Jika impianmu ke arah situ, maka salah satu Universitas di Jawa Timur ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahkan beberapa alumninya sudah tersebar dan mempunyai nama yang bagus di dunia digital.

Bicara soal peluang dari seorang lulusan informatika tentu sangat besar di era yang serba digital ini, karena semakin kesini kebutuhan akan SDM yang memahami teknologi menjadi tolak ukur kemajuan dan perkembangan sebuah perusahaan.
Universitas Binus Malang

 

Dan ada beberapa peluang yang bisa didapatkan sebagai seorang lulusan Teknik Informatika ini, diantaranya.

1. Software Engineer

Menjadi seorang software engineer tentunya tidaklah mudah, maka tidak bisa dipungkiri bahwa untuk pekerjaan ini memang dibutuhkan seseorang yang benar-benar paham pemrograman. Karena sadar atau tidak, tugasanya seorang software enginer ini nantinya akan menyusn algoritma bahkan sampai ke tahap aktualisasi algoritma pemrograman sehingga hadir sebuah software. 

Memang sekilas mirip dengan seorang programer, tetapi lebih fokus pada software development life Cycle atau SDLC.

2. Data Analyst

Data Analyst atau beberapa orang juga menyebutnya sebagai database spesialist bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen untuk dipresentasikan ke redaksi. Kita tahu bahwa setiap bisnis selalu mengumpulkan data, baik data penjualan, riset pasar, logistik, atau biaya operational.

Dengan spesifikasi tersebut maka bisa dikatakan bahwa pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data tersebut yang nantinya akan menjadi petimbangan pengambilan keputusan terbaik dalam sebuah perusahaan. Dimana ini nantinya akan berpengaruh pada pekerjaan lainnya seperti Operations Analysts, Marketing Analysts, Financial Analysts, dll. Dengan kata lain, semua yang berkaitan dengan analisis data akan terhubung secara tidak langsung.

3. Web Development

Kalau dengar kata web development ini tentunya sudah tidak asing lagi kan? Karena sudah sangat familiar dan seorang lulusan teknik Informatika akan selalu dihubungkan dengan seorang web development. Pasti akan selalu ada yang bilang “kamu kan lulusan informatika, bisa bikin website atau database pasti kan?”

Untuk spesifikasi pekerjaanny asendiri adalah merancang serta mengembangkan sebuah website atau informasi bahkan database dalam sebuah sistem bernama website. Banyak sekali jenis dan macamnya, tetapi ada juga yang bergerak sendiri seperti layanan jasa pembuatan website sendiri. Tetapi secara umum tugasnya tidak terlalu jauh berbeda dengan web development pada umumnya.

4. Computer Network Spesialist

Computer Network Spesialist atau kalau bahasa sederhana dan pasarannya adalah komputer jaringan. Seperti namanya, tentu tugasnya tidak akan jauh dari merakit, desain, instalasi sampai ke tahap pemeliharaan jaringan.

5. SEO Spesialist

Bicara soal dunia digital pasti tidak pernah lepas sama yang namanya SEO, dan SEO sekarang sudah bisa dijadikan pekerjaan, lebih tepastnya SEO Spesialist. Pekerjaannya tentu tidak jauh dari yang namanya SEO dan berkaitan dengan optimasinya. Karena salah satu penentu rank sebuah website (web development ada di bagian ini).

6. System Analyst

Profesi ini fokus tanggung jawabnya pada penelitian, merancang, dan mengkoordinasikan software dan system. Dalam pengembangan, seorang system analyst memiliki peranan kunci yang sangat penting.

Alasan Kenapa Universitas Binus Pilihan Tepat di Jawa Timur

Setelah lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas atau bahkan SMK, MA dan sederajat, biasanya para calon lulusannya sudah mulai mencari rekomendasi melanjutkan studi di universitas mana. Itu juga yang kini sepupu saya alami, bingung untuk memilih universitas mana yang pas. Dari keluarganya lebih tepatnya keluarga terdekatnya menyarankan anak ini untuk mengambil jurusan kesehatan atau keguruan.

universitas di jawa timur
Kemudian suatu ketika anak itu menghubungi saya untuk menanyakan rekomendasi universitas di Jawa timur karena katanya ingin juga kuliah di Jawa Timur. Tetapi tentunya sebelum menyebutkan nama universitas yang saya rekomendasikan, tentunya saya tanyakan dulu ketertarikannya ke arah mana? 

Karena jika kesehatan dan keguruan saja, nampaknya tidak perlu berkuliah jauh-jauh karena di kampung halaman sendiri juga ada instansi kesehatan dan keguruan. Ternyata dia tertarik dengan apa yang saya kerjakan di dunia digital dan saya sarankan untuk mendaftar di Universitas BINUS Malang.

Sekilas Tentang Universitas BINUS Malang

Tanggal 29 Oktober 2019 lalu universitas BINUS Malang telah diresmikan, tetapi sejak September 2016, Binus Malang telah memulai perkuliahan program studi Teknik Informatika. Untuk yang belum tahu bahwa, Universitas BINUS Malang ini merupakan perguruan tinggi swasta ternama yang telah memiliki banyak pencapaian. Dan Salah satu universitas informatika terbaik di Jawa Timur yang saya rekomendasikan adalah Universitas Binus Malang


Meskipun memang terbilang baru, tetapi Universitas BINUS Malang telah tumbuh dan berkembang sampai sekarang ini. Yakni menjadi salah satu universitas di Jawa timur yang mendapatkan predikat terbaik untuk jurusan Informatika ini.

Kini Universitas BINUS Malang telah membuka prodi baru yakni Business Creation, Ilmu Komputer, Desain Interior, Public Relation, Desain Komunikasi Visual, Komunikasi. Beberapa prodi ini seperti yang bisa dilihat ada yang berbasis saintek, soshum hingga ke seni. Tentunya ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan indsutri digital dan insdustri kedepannya.

Alasan Kenapa Harus Memilih Universitas BINUS Malang

Memilih Universitas BINUS sebagai rekomendasi Universitas di Jawa Timur bukan tak beralasan, tetapi memang ada beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan. Diantaranya adalah

Lokasinya Strategis yakni di Kota Malang

Kita mengenal Kota Malang atau kota Apel ini adalah kota pendidikan, karena banyak sekali universitas negeri dan swasta ada di kota ini. Jangankan untuk melanjutkan kuliah di Kota Malang, mendengar kata Kota Malang saja sudah bikin rindu. Karena suasana kota Malang memang bikin nyaman. Selain karena memang kawasan pendidikan, beberapa lokasi wisata hingga jenis kuliner banyak tersebar di kota ini. Biaya hidup juga terbilang standar alias tidak terlalu mahal.

Kalau butuh suasana belajar baru atau sekadar untuk refreshing, sudah ada banyak tempat nongkrong hingga tempat wisata. Dan pasti sudah akrab dengan Malang Flower Festival yang selalu diadakan setiap tahunnya oleh dinas pariwisata kota Malang.

Penerapan Program 2+1+1

Progarm 2+1+1 itu apa sih? Bagi yang bingung, program ini adalah program 2 tahun, 1 tahun dan 1 tahun, jadi totalnya tetap 4 tahun namun ada yang berbeda. Bedanya adalah 2 tahun di kampus Malang, kemudian 1 tahun melanjutkan di BINUS Jakarta dan 1 tahun lagi melanjutkan ke luar negeri yakni universitas yang bekerja sama dengan BINUS dan biasanya tidak jauh dari startup.

Tujuannya adalah agar mahasiswanya memeng kompeten dan berpangalaman dari pengalaman ke 3 tempat berbeda dalam 4 tahunnya. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk mengetahui sejauh mana ketertarikan dengan dunia yang digeluti sang mahasiswa. Dengan program seperti ini tentunya bisa meningkatkan skill lulusannya, baik soft skill maupun hard skill. Dan pastinya tidak akan bosan dengan suasana kuliah yang begitu-begitu saja.

Kampus dengan Konsep Digital Technopreneur

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Universitas BINUS Malang menjawab kebutuhan startup dan beberapa perusahaan yang bergerak dalam digital dan teknologi. Karena mahasiswanya dipersiapkan sedemikian rupa untuk berada di industri digital. Jadi lulusannya nanti akan bersaing pada tingkat nasional bahkan global dalam urusan Digital Technopreneur.

Program Studi Strata 1 bukan Diploma

Banyak yang mulai resah dengan pendidikan Diploma atau D3, karena beberapa perusahaan sudah rata-rata mencari lulusan Strata atau S1. Maka jangan risau jika masuk universitas BINUS Malang, karena pada dasarnya program studinya sudah ke tahap Strata 1. Dan semoga kedepannya ada S2, karena saya pribadi juga tertarik untuk melanjutkan studi. 

Univesitas di Jawa Timur

Jadi bagaimana? Sudah siap untuk menentukan pilihan universitas impianmu sekarang? Jika memang tertarik dengan dunia digital technopreneur ini maka Universitas di Jawa Timur yang satu ini layak dijadikan pilihan. Apalagi kalau bukan Universitas BINUS Malang.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tertarik Dengan Dunia Digital? Rekomendasi Univesitas di Jawa Timur Untukmu"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel