Budidaya Lebah Madu dan Manfaatnya bagi Lingkungan serta Kecantikan

Ilhamsadli.com,- Setiap dari kita pasti pernah mengonsumsi madu, minimal madu yang sudah menjadi ekstrak. Bahkan saya pribadi pernah punya pengalaman melihat langsung prosesnya seperti apa sulitnya budidata lebah madu ini. Terutama ketika akan melakukan panen, harus benar-benar ahli agar tidak tersengat oleh lebah. Dulu seringnya dikonsumsi langsung sebagai obat, semakin kesini dikembangkan menjadi produk kecantikan.

Kita tahu madu adalah hasil produksi dari Lebah. Dan lebah ini memiliki banyak sekali manfaat atau kebaikannya untuk lingkungan. Karena lebah ini membantu proses penyerbukan bunga hingga akhirnya kita merasakan manisnya buah. Dan lebah juga harus tetap dijaga dan dibudidayakan untuk menjaga ekosistem lingkungan.

Madu dan Manfaatnya

Pastinya kita sering mendengar mengenai filosofi dari lebah ini, salah satunya adalah lebah mengambil hal baik dan memberikan yang baik. Maka kita sebagai manusia juga haruslah belajar dari hal itu.

Contoh Komoditas Petani Lebah Madu


Jerora Jaya adalah salah satu dari nama kelompok binaan Self Help Group (SHG) yang bergerak di bidang budidaya Lebah Madu. Kelompok ini berada di Desa Jerora Satu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, dan terdiri dari 2 orang dalam kelompoknya.

Kelompok ini adalah komoditas lokal dan mencoba melakukan terobosan baru budidaya Lebah Madu dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Cara ini tentunya bisa bisa memberikan manfaat yaitu ramah lingkungan dan ramah sosial tentunya. Untuk jenis Lebah yang dibudidayakan oleh komoditas lokal ini adalah jenis Apis Melifera. Yang merupakan jenis Lebah dan dikenal dengan Lebah Eropa atau di Indonesia biasa dikenal dengan Lebah unggul.

Jika diklasifikasikan, maka Lebah ini tergolong jinak (tidak mudah menyerang dan menyengat) juga mudah dalam proses pemeliharaannya, serta yang tidak kalah penting adalah lebah unggul menguasai manajemen koloni. Semuanya tentu tidak diraih secara instan tetapi melalui pelatihan terlebih dahulu agar tidak keliru mengambil langkah.

Memulai budidaya ini denga meminjam uang di CU Keling Kumang melalui produk pinjaman TAROH berjumlah Rp.50.000.000 dengan jangka waktu pengembalian selama 48 bulan. Dana ini yang kemudian digunakan untuk membeli kotak Lebah sebanyak 19 buah dengan estimasi satu kotak Lebah akan mampu menghasilkan 2 kg madu untuk kotak biasa, dan 5-6 kg madu untuk kotak super.

Selain bisa menghasilkan madu dan uang, beternak Lebah madu juga mampu membantu pelestarian lingkungan. Bisa dikatakan demikian karena berternak lebah madu, selain harus menanam sayur-sayuran yang menghasilkan bunga juga menanam tanaman berbunga. Sehingga dapat mempercantik pekarangan atau ramah lingkungan dan juga tidak merusak ekosistem alam, karena lebah madu dapat membantu penyerbukan bunga seperti yang saya bilang dari awal tadi.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Dalam bentuk aslinya, madu ini diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang berkumpul untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis. Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit Anda.

Kandungan antioksidan di dalam madu dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, mengalami penuaan dini dan berkeriput, bahkan memicu terjadinya kanker. Jadi memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan termasuk untuk kulit, dan untuk kulit ini berkaitan dengan kecantikan.

Bicara soal kecantikan ini tentunya tidak akan lepas dari apa yang diimpikan oleh seorang wanita, yaitu bisa tampil cantik dan menawan. Nah, madu bisa juga dimanfaatkan untuk hal ini, karena ada beberapa manfaatnya.

Dimanfaatkan Sebagai Masker Wajah

Selain mengandung antioksidan, madu juga ternyata mengandung antiseptik dan antibakterial. Beberapa kandungan dalam madu inilah yang membuat madu masuk dalam deretan bahan alami yang membantu mengatasi jerawat dan juga bisa untuk mengatasi kulit kering dan mengangkat sel mati. Cara penggunaannya adalah dengan digunakan sebagai masker wajah.

Cara menggunakan masker madu

Bilas wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat, fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuka pori-pori kulit. Kemudian jika sudah, lanjutkan dengan mengoleskan madu pada bagian wajah serta diamkan saja selama sekitar 30 menit, agar semua madunya meresap ke dalam pori-pori kulit. Jika sudah 30 menit, lanjutkan dengan langkah terakhir yakni membilas kembali dengan air hangat, lalu basuh dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.

Tetapi perlu untuk diperhatikan adalah sebelum mengoleskan madu, selalu basuh wajah terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Disarankan untuk memilih madu asli serta tidak ada campuran bahan kimia yang bisa saja berbahaya bagi kulit. Bukan menjadikan cantik malah merusak kecantikan nantinya.

Dimanfaatkan untuk Menghaluskan rambut

Selain digunakan sebagai masker, ternyata madu memiliki kandungan yang diyakini bisa membantu menghaluskan rambut. Untuk cara menggunakannya sendiri adalah dengan mengoleskan campuran masker madu tersebut ke bagian rambut yang sudah dicuci terlebih dahulu, kemudian diamkan selama 15 menit, jika sudah maka tinggal kemudian dibilas sampai bersih.

Melembutkan bibir

Selain untuk rambut, Anda juga bisa menggunakan masker madu untuk mengatasi bibir yang kering. Dengan kandungan antimikroba yang dimilikinya, madu merupakan salah satu pelembut alami untuk bibir. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampur madu dengan air hangat.

Menghilangkan bekas luka

Masker madu terbukti efektif untuk membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Di samping itu, masker madu juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka yang timbul karena diabetes atau bekas luka setelah operasi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat madu, Anda bisa mencoba menggunakan masker madu untuk wajah atau memakai madu untuk rambut, bibir, dan bekas luka. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena kadang pemakaian madu dapat menyebabkan reaksi alergi. Bila muncul reaksi alergi, seperti gatal, kulit kemerahan, atau bengkak, segera hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Lebah Madu dan Manfaatnya bagi Lingkungan serta Kecantikan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel