Gunakan Fitur Software Inventory Ini untuk Memudahkan Pengelolaan Bisnis, Gratis!

Ilhamsadli.com,- Dalam memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis yang Anda bangun dapat meraih kesukesan. Salah satu poin penting dalam bisnis adalah bagaimana cara Anda mengelola barang. Pengelolaan barang dalam bisnis mencangkup barang apa saja yang masuk dan keluar. 

Banyak yang menyepelakan pengelolaan barang ini, padahal pengelolaan barang dapat mengakibatkan masalah dalam bisnis, seperti saat ada pesanan barang padahal stok barang tersebut sedang kosong. Untuk mencegah permasalahan-permasalahan tersebut, Anda harus melakukan pemantauan stok barang yang ada di gudang.

Software Inventory mudahkan Pengelolaan Bisnis

Memantau stok barang bukan sesuatu yang mudah. Banyak pemilik bisnis yang kesulitan mengelola stok gudang ini, terlebih bagi mereka yang memiliki banyak gudang di tempat yang berbeda. Anda sebenarnya bisa memeriksanya satu per satu namun itu akan menghabiskan banyak waktu. Nah, untuk memudahkannya, ada teknologi yang bisa Anda gunakan yaitu software inventory.

Apa itu software inventory dan bagaimana menggunakannya? Semuanya akan dibahas di sini, jadi pastikan membacanya hingga selesai, ya!

Pengertian dari Software Inventory

Software inventory merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pelacak tingkat inventaris, pesanan, penjualan, dan pengiriman. Software inventory ini memiliki fungsi untuk menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan stok barang. 

Persediaan barang ini mencangkup barang jadi yang diproduksi atau barang dalam persediaan yang akan diproduksi, termasuk perlengkapan dalam proses produksi. Diharapkan dengan adanya software inventory ini, pemilik bisnis tidak perlu khawatir akan terjadinya kekosangan stok atau kelebihan barang.

Manfaat Software Inventory


Sebelum memutuskan menggunakan software inventory, Anda pasti ingin tahu apa manfaat yang akan diberikan software inventory untuk bisnis Anda. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya:


Manfaat Software Inventory bagi Perusahaan

  1. Dapat memudahkan perusahaan dalam memantau stok
  2. Dapat memudahkan perusahaan dalam penulisan laporan atau informasi yang dibutuhkan stakeholder
  3. Dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan rekonsiliasi atau stok opname
  4. Dapat memudahkan perusahaan dalam mengelola vendor
  5. Dapat meminimalisir biaya akibat kesalahan manusia
  6. Dapat mengurangi lead time yang terjadi pada proses produksi dan pemesanan barang
  7. Dapat memanahemen saldo

Manfaat Software Inventory bagi Dirjen Pajak dan Cukai

  1. Dapat memudahkan pengontrolan pergerakan persediaan perusahaan
  2. Memudahkan dalam pengontrolan rekonsiliasi dokumen kepabeanan dengan sistem persediaan ada ada pada perusahaan. 

Kelebihan yang Dimiliki Software Inventory

Dalam memudahkan pengelolaan stok barang, software inventory memiliki beberapa kelebihan. Apa saja?

1. Memudahkan Memantau Produk Terlaris

Software inventory, Anda mendapatkan update tentang produk terlaris, profit yang dihasilkan, dan laporan stok barang secara realtime. Informasi ini berguna ketika Anda ingin membuat keputusan yang tepat ketika melakukan reorder dan dalam menentukan harga produk.

2. Membantu Import Excel dengan Mudah

Dengan bantuan Software inventory Anda tidak perlu repot memasukan data produk dan stok opname satu per satu. Anda dapat membuatnya di excel, lalu menguploadnya dan data-data secara otomatis akan masuk ke bagian inventory.

3. Melakukan Penyimpanan Multi Gudang

Bagi perusahaan besar, memiliki gudang lebih dari satu sering membuat pemiliknya bingung cara mengelolanya. Namun dengan bantuan software inventory, Anda dapat mengontrol multi gudang dengan mudah karena adanya penyimpanan multi gudang di inventory.

4. Memudahkan Membuat Produk Paket

Anda dapat menggabungkan beberapa produk menjadi satu paket dengan tujuan menaikan penjualan. Anda dapat mengolala produk paket ini dengan mudah melalui software inventory.

5. Memudahkan Penyesuaian Stok

Dengan penggunaan software inventory, Anda juga dapat menyesuaikan stok barang yang berasal dari bukan penjualan dan pembelian. Misalnya adalah saat melakukan penyesuaian karena promosi, barang hilang dan barang rusak.

6. Dapat Memeriksa Stok Opname

Dengan software inventory, Anda juga dapat membuat stok opname dengan sangat mudah, yaitu dengan cara mengunduh laporan stok terkini dalam format Microsoft excel, masukkan perhitungan stok terbaru di Microsoft excel, dan upload ke inventory.

7. Membuat Laporan Gudang secara Realtime

Software inventory akan memudahkan Anda dalam melihat laporan stok secara detail dan realtime di setiap gudang, tanpa perlu menunggu akhir bulan. Anda juga dapat melakukan pemantauan pergerakan stok dan tidak perlu khawatir barang hilang tidak terlacak.

8. Mudah Memantau dari Mana Saja

Software inventory akan memudahkan Anda dalam memantau stok barang dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor atau gudang. Anda cukup membuka laporan dari laptop dan handphone dimana pun Anda berada.

Temukan Fitur Software Inventory Terbaik Hanya di Kledo

Software inventory merupakan salah satu fitur di software akuntansi yang memiliki peran sangat penting bagi bisnis. Ada berbagai manfaat dan kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan software inventory. Namun bagaimana sih cara memilih software inventory yang baik? 

Buat Anda yang bingung memilih software inventory, ada rekomendasi terbaik yaitu software inventory dari Kledo. Kledo adalah software akuntansi yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis dan juga akan membantu Anda dalam mengelola stok barang dengan fitur software inventory. Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo dan nikmati semua fitur yang ada di sana dengan klik di sini.

Kesimpulan 

Mengelola stok barang menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bisnis. Pengelolaan stok barang ini bahkan dapat menentukan kesuksesan bisnis ke depannya. Jadi, pastikan Anda mengelolanya dengan baik, ya!
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Gunakan Fitur Software Inventory Ini untuk Memudahkan Pengelolaan Bisnis, Gratis!"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink