Peluang Ide tulisan tentang Bulan Ramadhan

Ilhamsadli.com,- Menulis menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan untuk kita yang menyukainya. Dan mungkin saja, kamu adalah salah satu orang yang suka menulis. Namun banyak pertanyaan mengenai bagaimana cara mencari sebuah ide tulisan untuk seorang blogger. Kemarin aku sudah pernah membahas mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan ide tulisan.

Nah, untuk kali ini aku ingin berbagi mengenai peluang ide tulisan untuk bulan Ramdahan kali ini. Meskipun kita sama-sama tahu mengenai bagaimana keadaan sekarang ini. Tetapi sebuah tuntutan dan tantangan menjadi seorang penulis tentunya adalah tentang mencari peluang ide tulisan. 
Peluang Ide tulisan tentang Bulan Ramadhan

Berikut ini mungkin bisa menjadi referensi tulisan yang bisa kita olah. Check this out!

1. Pengalaman Pertama Ramadhan ditengah Pandemi

Siapa yang pernah membayangkan kalau akan terjadi pandemi seperti sekarang ini, tentunya tidak ada yang pernah berharap akan terjadi hal seperti ini. Tetapi tentunya setiap orang memiliki pengalama unik dalam menjalani hal ini. Coba angkat bahasan ini menjadi sebuah tulisan sederhana yang ringan untuk dibaca, setidaknya cerita dan pengalaman pertama ini bukan hanya menguap dan hilang bersama waktu.

Ada yang memiliki pengalaman ditengah pandemi ketika bisnisnya menurun, atau ketika semua kegiatannya berubah menjadi online, atau ketika tidak bisa mudik lebaran, atau tidak leluasa berburu takjil. Semua hal itu bisa dibahas sehingga memiliki sisi yang unik.

2. Hal yang Dirindukan dari Ramadhan

Setiap orang pastinya memiliki momen-momen penting dan sulit dilupakan. Lalu kemudian momen itu menjadi sesuatu yang dirindukan. Misalnya mengenai bagaimana reuni sekolah, angkatan, atau acara buka bersama dengan sahabat dan kerabat. Atau acara Ramadhan dijadikan sebuah ajang untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan memperbanyak ibadah. Atau bisa juga Ramadhan menjadi kenangan manis ketika seorang bertemu dengan kekasihnya. Semua bisa saja menjadi sebuah bahan tulisan yang bagus, tergantung bagaimana mengolah serta mengemasnya dengan menarik.

3. Cara Agar tetap produktif di bulan Ramadhan

Ramadhan, khususnya nuansa Ramadha sering kali menjadi satu momen seseorang lebih banyak istirahat. Bukan karena apa, tetapi memang nuansanya menggoda untuk tidur. Tetapi alangkah baiknya apabila Ramadhan digunakan untuk hal-hal yang menghasilkan karya atau manfaat. 

Nah, menjadi sebuah ide tulisan tentunya ketika kita memiliki cara sendiri untuk tetap produktif ketika Ramadhan. Misalkan dengan belajar infografis, belajar menggambar atau mungkin menghabiskan waktu dengan buku bacaan.

4. Menulis Tentang Menu Takjil

Mungkin banyak yang melewatkan hal ini, karena mereka terlalu fokus menyiapkan hal itu. Tetapi jika ingin produktif menulis dan bisa berbagi banyak hal lewat tulisan, mungkin ide ini bisa kita gunakan. Karena menu takjil setiap orang berbeda, namun tidak menutup kemungkinan seseorang akan meniru menu takjil kita apabila bisa dikemas dengan baik. 

Ini tentunya kebanyakan yang menuliskannya adalah pasukan emak-emak, tentunya bapak-bapak juga jangan mau kalah. Karena toh diluar sana ada banyak bapak-bapak keren yang bisa memasak dan rasanya tidak kalah dengan masakah ibu-ibu. Tidak perlu ribet mencari bahan, misalkan kita bisa menuliskan sebuah ide tulisan mengenai bagaimana mengolah bahan makanan yang tersedia menjadi makanan yang mewah, misalnya. 

5. Curhat Pribadi

Ide tulisan selanjutnya adalah curhat pribadi. Ya, jika tidak ingin diketahui itu adalah kisah kita, cukup dengan mengubah sudut pandang dan gaya tulisan sedikit saa. Tetapi tetap memberikan sentuhan personalnya. Bisa saja menuliskan kisah percintaan atau kisah persahabatanmu dengan seseorang atau mungkin ungkapan rindumu terhadap seseorang. Semua bisa ditulis.

#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-5
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Peluang Ide tulisan tentang Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel