Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten

Ilhamsadli.com,- Kemaren aku sempat menulis mengenai bagaimana agar produktif ketika bulan Ramadhan serta di tengah pandemi ini. Tetapi banyak sekali teman yang bertanya bagaimana sih cara seorang freelance blogger sepertiku bisa produktif, sedangkan kesibukan lain masih banyak yang antri. Jika boleh bilang, untuk bulan ini alhamdulillah ada banyak sekali kesibukan yang membuatku dipaksa untuk bisa produktif.

Misalnya saja dengan adanya deadline buku yang sudah harus disetorkan, lalu deadline editing video hingga optimasi 2 website official. Dan ada juga yang hampir saja terlupa adalah mengenai pekerjaan artikel untuk majalah. Namun satu hal yang perlu digaris bawahi adalah, aku bersyukur dengan kesibukan ini. Sehingga waktu-waktu yang digunakan selain untuk istirahat bisa digunakan dengan produktif. Bahkan sudah ada jadwalnya tersendiri selama Ramadhan ini, mulai dari jam berapa hingga jam berapa. 
Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten

Cara Mencari Inspirasi Untuk Konten


Sebagai seorang content creator (mungkin itu sebutannya), ada banyak cara yang biasa aku lakukan untuk bisa menghasilkan sebuah tulisan maupun ide dari inspirasi. Nah, mungkin saja beberapa cara ini bisa kamu terapkan juga ketika bingung akan membahas mengenai apa.

1. Selalu Memperhatikan apa yang sedang tren

Sebagai seorang yang bergerak dalam dunia digital, tentunya hal pertama dan pelu dilakukan adalah memperhatikan apa yang sedang hangat dibahas. Baik itu di media sosial maupun di media televisi. Karena ini adalah salah satu celah untuk aku pribadi sebagai seorang blogger menemukan ide tulisan ataupun konsep konten untuk disajikan. 
Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten


Misalnya saja, beberapa pekan sebelum Ramadhan ramai tentang Dalgona Coffe. Maka untuk mendapatkan sebuah traffic yang mungkin saja tinggi adalah membahas mengenai hal itu. Misalnya membahas bagaimana cara membuat Dalgona Coffe, bahan yang dibutuhkan, waktu yang dibutuhkan atau siapa dan darimana awal mula dikenalnya Dalgona ini. Untuk konten Youtube, tentunya bisa membahas mengenai kopi dengan kata kunci “Dalgona Coffe”. Tinggal sesuaikan denga kreatifitas masing-masing.

2. Menuliskan Pengalaman Pribadi di masa lalu

Konsep sseperti ini juga bisa digunakan sebagai alternatif ide konten. Kalau aku pribadi yang dulu sering explore destinasi wisata, tentunya masih menyimpan beberapa dokumentasi lokasi. Tinggal bagaimana menyusun rangkaian memori dalam sebuah kata-kata. Ini tidak terlalu sulit, karena tinggal bagaimana kita bercerita seperti biasa saja, atau istilah sederhanannya adalah story telling.
Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten

Misalkan ketika Ramadhan dan pandemi kali ini, bisa saja kita membahas mengenai apa yang dirindukan dari suasana Ramadhan tahun lalu. Dimana kegiatan itu belum bisa kita adakan dalam Ramadhan kali ini misalnya. Atau bisa juga dengan membahas bagaimana masa kecil kita ketika Ramadhan dahulu, bahasan ini juga sebenarnya tidak kalah menariknya. Karena bisa saja memancing pembaca untuk mengenang memory masa lampaunya.

3. Menuliskan Rencana Kedepan

Mungkin kita merindukan masa-masa dimana semuanya masih baik-baik saja. Daripada kerinduan itu hanya sekadar rindu, ada baiknya jika kita tulisakan saja menjadi sebuah rangkaian konten yang menarik. Misalnya saja “jika pandemi berlalu, aku ingin...” atau “menuju ujung rindu” dan seterusnya. 
Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten

Cara ini mudah kok, tinggal bagaimana mengolahnya saja. Karena ide dan inspirasi itu sebenarnya paling banyak berasal dari sekitar kita. Jadi jangan sia – siakan potensi sentuhan personal dalam konten yang akan disajikan. Karena konten yang sifatnya personal biasanya lebih banyak diminati.

4. Perbanyak Membaca atau Menonton Video Youtube

Mungkin untuk seorang blogger, istilah yang paling dikenal adalah blogwalking atau jalan-jalan ke blog orang lain dan meninggalkan komentar. Tetapi kurang lengkap rasanya apabila hanya berkunjung kemudian berlalu, betapa bahagianya ketika ternyata ketika memperhatikan konten orang lain kemudian hal itu bisa menginspirasi kita.
Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten

Ini salah satu cara yang sering banget aku lakukan. Meskipun kadang tidak meninggalkan komentar, tetapi setidaknya membaca artikel tersebut hingga tuntas. Dan tidak jarang sering sekali menemukan ide baru dari hasil bacaan. Misalkan dalam artikel tersebut membahas mengenai rekomendari handphone terbaru 2020, maka yang ada dalam otakku adalah rekomendasi makanan atau menu untuk berbuka. 

Atau misalkan ketika tidak sengaja melihat explore video di instagram atau youtube dan menarik serta unik, tentu hal itu langsung aku terapkan sekaligus eksperimen. Tenang, ini bukan copy paste, salin tempet, copyright, duplicate atau apalah namanya, tetapi menurutku ini adalah konsep ATM. ATM adalah psingkatan dari Amati Tiru Modifikasi. Jangan takut melanggar hak cipta, karena tinggal bagaimana kita memodifikasinya saja kalau menurutku. 

Nah, sekian ya sharing sederhana kali ini. See You.
#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-4
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

11 Komentar untuk "Cara Seorang Blogger Mencari Inspirasi Untuk Konten"

  1. Kalaau aku kebanyakan menuliskan pengalaman masa lalu, masa" masih bisa jalan" bebas sebelum corona menyerang. Menjadi pengingat kalau harus melebihkan syukur, karena mungkin pandemic ini datang biar kitanya sadar kalau selama ini kita kurang syukur huhu

    BalasHapus
  2. MasyaAllah bermanfaat sekali kak idenya

    BalasHapus
  3. Yes's.. Riset tema yang sedang booming penting banget.. Buat dongkrak pengunjung hahah

    BalasHapus
  4. Menuliskan pengalaman di masa lalu dan banyakin baca itu menurutku cara terbaik utk mendapatkan inspirasi. Tiba2 ada aja gitu ya yang datang setiap habis semedi dan melakukan hal2 tsb.

    BalasHapus
  5. Tambahin satu lagi, Bang. Lakukan riset kata kunci. Ada atau gak ada inspirasi, kalau dapat kata kunci potensial maunya ditulis juga hhe

    BalasHapus
  6. Iya blogwalking itu hiburan buatku nggak hanya buat nambah DA tapi baca tulisan teman-teman tuh seru, banyak hikmah dan kadang kocak..

    BalasHapus
  7. pas lagi butuh inspirasi, untung mampir ke sini. terima kasih idenya. btw barakallah yg udah lewat seperempat abad!

    BalasHapus
  8. sangat bermanfaaat. Seringkali bingung mau nulis apa padahal ya apa aja bisa ditulis gitu. Kalau kata Hemingway "Write Drunk, Edit Sober" daripada gak nulis-nulis kan :D

    BalasHapus
  9. Kalau ngeblog aja direncanain, apalagi masa depan bersama orang tercinta ini. Recomended buat calon suami atau mantu, ini

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel