5 Makanan Peningkat Imunitas di Bulan Ramadhan

Ilhamsadli.com,- Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam, karena di bulan itulah semua amal kebaikan dilipat gandakan. Jika diniatkan dengan baik, bisa saja sebagian besar kegiatan kita akan bernilai ibadah. Namun ditengah situasi sekarang ini, dimana pandemi menjadi salah satu ancaman dalam melakukan kegiatan seperti Ramadhan sebelum-sebelumnya. Maka perlu sekali untuk selalu menjaga pola makan hingga apa saja yang dimakan.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menigkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Meskipun aku bukan orang yang punya banyak pengetahuan tentang ilmu kesehatan, tetapi setidaknya sering sekali membaca tulisan mengenai makanan yang wajib dikonsumsi ketika bulan Ramadhan dan pastinya baik untuk peningkat imunitas ketika sedang berpuasa.
5 Makanan Peningkat Imunitas di Bulan Ramadhan

5 Makanan Peningkat Imunitas di Bulan Ramadhan

Berikut ini adalah 5 makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita ketika sedang berpuasa.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Sadar atau tidak, ketika seharian lamanya kita berpuasa. Tentunya tubuh akan kekurangan ion atau cairan sehingga ketika berbuka nantinya bisa diakali dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini tentunya bertujuan agar bisa mengganti ion – ion tubuh yang hilang selama berpuasa. Karena ternyata air putih tidak hanya menghilangkan dahaga juga membantu mengganti ion yang hilang ketika kita melakukan kegiatan.

2. Mengkonsumsi Buah Kurma

Seberapa sering kamu mendengar kalimat “berbukalah dengan yang manis-manis” dan kalimat ini masih ada lanjutannya. Karena berbuka dengan yang manis saja tidaklah cukup jika manis hanya dalam ucapan tapi tidak ada tindakan. Manis saja tidaklah cukup jika hanya bentuk yang maya bukan nyata. Ah, tetapi bukan ini yang ingin aku katakan. 

Perlu diketahui bahwa dalam satu biji kurma ada beberapa nutrisi yang bisa sangat membantu untuk imunitas. Diantaranya adalah 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian hingga 12% kebutuhan vitamin B6 harian. Terlebih lagi, mengkonsumsi kurma untuk berbuka adalah salah satu sunnah yang diajarkan baginda Rasulallah Saw.

3. Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran juga merupakan makanan yang harus dikonsumsi. Jangan hanya mengkonsumsi takjil berupa kolak saja atau apalah namanya, tetapi perlu juga untuk mengkonsumsi sayuran. Ketika Ramadhan seperti sekarang ini, apabila bosan dengan mengkonsumsi sayuran, mungkin yang membuat kita bosan adalah sayuran tersebut hanya berupa satu olahan.

Cobalah sesekali untuk berkreasi membuat makanan atau hidangan dari sayuran. Misalkan dengan membuatnya menjadi cemilan mungkin atau bisa menjadi jajanan, bergantung selera masing-masing. Intinya adalah mengkonsumsi sayuran ini baik untuk tubuh dan tentunya bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi di bulan Ramadhan ini.

4. Mengkonsumis Buah

Selain kurma, ada banya buah yang juga kaya akan manfaat. Dan ini pastinya bisa kita temukan di sekitar kita, kalau di pasaran bisa jadi harganya tidak terlalu mahal. Ambil saja contoh jeruk atau apel. Untuk mengkonsumsinya sendiri, bisa bervariasi. Kalau aku pribadi lebih menyukai dalam bentuk buah aslinya untuk dikonsumsi, namun sebagian orang menyukainya dalam bentuk salad atau bahkan jus. Buah yang paling mudah ditemukan ketika Ramadhan biasanya adalah semangka, blewah, atau kelapa muda.

5. Mengkonsumsi Vitamin

Nah, poin terakhir ini kadangkala sering terabaikan. Ya, memang sama-sama kita akui bahwa vitamin yang adalam dalam minuman berupa vitamin ini bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah tadi. Akan tetapi, hal ini adalah langkah untuk mengantisipasi apabila tidak suka mengkonsumsi buah. Atau mungkin karena satu dan lain hal sehingga serat dan vitamin dalam buah akhirnya tidak terserap dengan baik.

Sekian dulu ya, artikel sederhana dariku yang minim ilmu ini. Karena memang pengetahuan ini adalah pengetahuan umum. Tetapi ya, mungkin ini adalah pandanganku pribadi tentang cara meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan ini. Selain juga harus rajin berolahraga.

#inspirasiramadan
#dirumahaja
#flpsurabaya
#BERSEMADI_HARIKE-3
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "5 Makanan Peningkat Imunitas di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel