√ [Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan - Ilhamsadli.com

[Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan

Ilhamsadli.com,- [Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan. Salam sahabat, kembali lagi kali ini saya akan mereview sebuah buku, eh Novel tepatnya. Karena momen dan ceritanya pas, jadi ya saya review saja ya, siapa tau sobat sekalian penasaran untuk membaca novel ini. Saya memberi judul review buku kali ini sebagai "Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan", karena kisahnya tidak akan jauh dari kisah tentang hal demikian. Oke, tanpa perlu berlama-lama ya, saya akan memberikan identitas novelnya dahulu.

Seputar Novel Marioriawa

[Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan

Sinopsis Novel Mariowiawa

Mayla melarikan diri dari tugasnya hanya karena mitos kelelawar yang menghantuinya. Kepergiannya membuat teman-teman satu tim kalang kabut. Tugas baru satu bukan berlangsung, tapi ia telah menghancurkan separuh kekuatan tim, terutama Ray sebagai ketua. Ia kehilangan segalanya tanpa Mayla.

Dalam kerapuham itulah Yashinta datang menggantikan posisi Mayla. Ia mampu menjadi obor dan membangkitkan kembali semangat juang tim yang sempat rapuh, tetapi justru dirinya menjadi korban keegoisan sang ketua tim.

Haruskah cinta mengorbankan pasien dan tim yang sudah mati-matian berjuang?
"jika ada pasien di tempat ini yang harus kutolong, ia adalah kamu"

Seputar Penulis Novel Marioriawa

Ulin Nurviana mulai menulis sejak 2012. Novel - novelnya adalah I Hope You Love Me (ANDI, 2014), Disturbance (LeutikaPrio, 2014), Always You (Bentang Pustaka, 2017), dan Shocking Destiny (Buana Ilmu Populer, 2017). Yang Merindu adalah Novel Kelimanya dan Cinta Selalu Punya Cara Untuk Pulang adalah Novel Keenamnya. Lalu terbitlah Marioriawa pada bulan Maret 2019.

Ulin Nurviana memulai karir menulisnya ketika bergabung dengan Forum Lingkar Pena. Dia juga aktif menulis di wattpad dan beberapa judul. Dia adalah pecinta drama korea, Novel Romance Thriller, dan lagu-lagu Jepang. Harapannya bisa menulis di pohon sakura.

Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan

Kalau dihitung, jarang sekali saya menikmati membaca novel. Karena saya pribadi sangat pilih-pilih untuk bahasan tentang novel, terutama novel romance. Mungkin karena sudah sering dimanjakan dengan novel-novel romance karya Kang Abik, atau novel misteri Sherlock Holmes, atau Novel karya Risa Saraswati. Jadi diantara 20 buku yang berjejeran di rak buku, hanya 2 atau 3 novel.
[Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan
"Aku menyukainya, dan aku tidak memaksanya untuk menyukaiku. Bagiku, cinta itu bukan menguasai, tapi membebaskan. Jika dengan mengungkapkan rasa saat ini justru membuatnya gelisah, berarti aku tak sanggup menyukainya. Aku hanya memikirkan diriku sendiri"(Farhan)
Dan Novel Marioriawa ini adalah salah satu novel yang masuk dalam jajaran buku di rak buku. Alhamdulillah buku ini tuntas dibaca dalam sehari, dan ketika sobat membaca novel ini ada banyak sekali hal baru yang akan sobat temukan. Kisah yang digambarkan dalam novel Marioriawa ini begitu nyata sehingga membuat saya pribadi merasa dipaksa untuk membuat imaji suasana pedesaan hingga suasana tegang dalam novel.

Baca Juga: Cinta Semanis Kopi Sepahit Susu

Sekali lagi, seorang Ulin Nurviana membuat saya takjub dengan tulisannya. Novel ini bertema kesehatan, meskipun penulisnya bukan anak kesehatan. Namun dilakukan riset sehingga benar-benar nyata seperti penulisnya mengalami hal yang ada dalam novel tersebut. Oh ya, kalau sobat belum tau, novel ini mengisahkan tentang perjuangan seorang relawan tenaga kesehatan di pelosok negeri, yang kemudian mengalami guncangan cinta yang tumbuh dalam bertugas.

Yashinta digambarkan sebagai sosok seorang apoteker dengan kemampuan yang luar biasa, baik hati dan sosok yang bertanggung jawab. Kemudian ada Farhan, sosok seorang dokter gigi yang banyak belajar menangani semua jenis pasien bahkan bisa dibilang sosok yang sempurna untuk seorang pria. Kemudian Ray yang menjadi ketua tim, namun terlalu bergantung pada sosok yang lain sehingga dalam kisahnya digambarkan sebagai seorang yang menurut saya egois. Terlepas dari sosok seorang Mayla yang menjadi misteri dalam imajinasi saya.

Baca Juga: Mengukir Sepenggal Kisah Dalam Kepak Cahaya

Hal yang paling menarik sehingga saya pribadi betah membaca novel ini adalah kisahnya yang bisa dikatakan agak mendekati kisahku. Terlalu fokus pada satu, sehingga melupakan ada seseorang yang peduli terhadap kita. Untuk para penikmat cerita fiksi, maka saya rekomendasikan novel ini untuk dibaca. Sebagai bonus nih sob, saya ambilkan beberapa penggalan ceritanya. hehehe
[Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan
"Jika saja aku sanggup jujur kepadamu, aku pasti sudah menangis meronta di hadapanmu, tetapi aku tidak mau. Aku tidak mau terlihat lemah sekali pun kau sudah tahu semua. Aku akan mengobati luka ini sendirian, aku akan merubah langkah yang sempat oleng, juga niat yang sempat terkotori. Kau cukup yakin aku bisa melakukannya. Aku tak meminta lebih"
(Yashinta)
Catatan pentingnya nih sob, Allah akan selalu mengirimkan orang terbaik untuk mendampingi kita. Jadi tidak usah risau masalah jodoh, banyakin doa aja sama terus memperbaiki diri. Karena Cinta Selalu Punya Cara Untuk Pulang.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

20 Komentar untuk "[Review Buku] Novel Marioriawa : Kisah Perjuangan dan Cinta Seorang Relawan"

  1. Mungkin kisah hidupmu sudah kayak novel, Kak. Sehingga malas baca novel ^_^

    BalasHapus
  2. Saya sudah lama enggak baca novel ha...ha... ha... Terakhir baca kumpulan cerpen. Novel yang aku suka biasanya ditulis oleh Dee, dan beberapa penulis Korea. Kalau baca sinopsisnya jadi pengen ikutan baca novel Marioriawa ini.

    BalasHapus
  3. Wah ada referensi novel baru nih, tapi tebel bgt yah 🙈 next deh, coba hunting, seru kayaknya 😍

    BalasHapus
  4. Kisahnya seru juga ya, dan jadi penasaran sama endingnya, mungkin aku harus baca novel ini untuk mengisi kekosongan waktu

    BalasHapus
  5. Awal membaca ulasan Mas Ilham, saya langsung penasaran dengah mitos kalelawar yang sampai menyebabkan selalu menghantui Mayla dan akhirnya dia pergi.

    Novelnya kayaknya menarik ya Mas Ilham. Apalagi ditulis dengan riset yang matang. Jadi selain konflik dalam cerita, pembaca juga tau seluk-beluk dunia kesehatan.

    BalasHapus
  6. keren tuh, bukan anak kesehatan tapi nulis tema tersebut.
    Risetnya keren ya, saluutt.
    Jadi kepo ingin baca, meski juga mikir kalau udah punya bukunya bisa dibaca nggak ya? hahaha

    BalasHapus
  7. Ah kutipannya bikin meleleh. " Aku akan mengobati luka ini sendirian, aku akan merubah langkah yang sempat oleng, juga niat yang sempat terkotori ". aku pernah merasakan itu.. dulu...

    BalasHapus
  8. Marioriawa ya, ntar cari ah di tokbuk. Saya suka banget baca novel tp ya itulah, belakangan kl ngelalap novel suka lama br khatam. Ke jeda² terus, hehe. Makasih rekomendasinya yaa

    BalasHapus
  9. Saya lagi cari cari novel karangan penulis milenial yang isinya tidak sekedar food and beverage 🤣🤣🤣
    mungkin Marioriawa bisa menaklukan hati saya

    BalasHapus
  10. mau dong bukuku direview blogger kece
    btw aku belum baca novel ini
    kayaknya bagus ya

    BalasHapus
  11. Endingnya curcol #eh
    Ini kisah romansa emang cocok kyknya dibaca utk mengobati hati yang lagi gundah gulana gtu ya mas? #ehem
    Btw ini gak diceritain sekalian kyk setting tempatnya jadi relawan dmn gtu? Daerah gempa atau gmn? :D

    BalasHapus
  12. Aku pikir judul Marioriawa karena itu nama tokoh utamanya.
    Eh baca reviewnya kok enggak disebutkan sama sekali artinya.
    Jadi deh makin penasaran saya sama novelnya.
    Dan setuju sekali dengan penutupnya: Karena Cinta Selalu Punya Cara Untuk Pulang.

    BalasHapus
  13. Kuyipan Farhan diatas itu yang lagi kurasa, kadang menyukainya dan tidak mengungkapkan adalah pilihan yang hatus dipilih agar saya dan dia seperti biasa saja ga kikuk hehe.

    BalasHapus
  14. Karena Cinta Selalu Punya Cara Untuk Pulang. Penutupnya keren diksinya, membaca novel biasanya sih erat kaitannya sama penulisnya. Kadang seseorng sudah suka sama penulisnya pasti sudah suka buku/novelnya kayak apa. Masih dan baru denger sih Marioriawa ini

    BalasHapus
  15. Karena kalau sudah dibaluti cinta, luka diujung mata aja bisa disembunyikan.
    Ingin baca novelnya 😊

    BalasHapus
  16. Kisahnya inspiratif dan bagus mas, boleh lah jadi rekomendasi novel saya. Bahasanya yang ringan dan mudah dipahami bikin betah membacanya yac...

    BalasHapus
  17. Jadi Marioriawa itu apa? Dijelaskan ga dalam novelnya?

    Baca novel romance seperti ini kadangkala seperti me time bagi Saya, melepaskan diri sejenak dari aktivitas in rumah tangga yang ga habis-habis, menyelami kisah orang lain dan mungkin saja menemukan makna hidup dari novel tersebut

    BalasHapus
  18. dapet referensi bacaan nih saya mas.
    Novelnya keren dan boleh juga untuk dinikmati.

    sepertinya seru. apalagi pas tau si penulis ternyata buka orang kesehatan tapi bisa nulis tentang kesehatan. Pasti dia eksplorenya dalam untuk dapet feelnya.

    mkasih sharingnya mas..

    BalasHapus
  19. Aku sudah lama gak baca novel, dan baca ulasan ini langsung teringat jaman dulu yg masih sering bacain novel. Jadi pengen juga nih mulai baca novel lagi hehe. Boleh juga sih ini hehe

    BalasHapus
  20. novel inspirasi seperti ini sangat bagus, buat struggling disaat lagi down, semoga sukses untuk kita semua

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink