Mengapa Blog Kita Sepi Pengunjung?

Mengapa Blog Kita Sepi Pengunjung
Blogsadli-, Bagi seorang blogger, pengunjung yang banyak memberikan sensasi tersendiri dan bisa memberikan nilai plus bagi seorang blogger. Karena semakin banyak pengunjung blog tersebut, membuktikan bahwa rangking blog tersebut bagus dan memang rekomendasi untuk dibaca. Kita sudah bekerja keras dengan meluangkan banyak waktu demi menulis kontent yang menarik. Tidak hanya itu, kadang sampai dianggap spam karena mengirim link blog ke banyak group atau forum atau sejenisnya. Terkadang usaha mempercantik tampilan blog juga sering dilakukan, dengaan harapan akan banyak pengunjung blog. Tetapi tetap saja blog masih sepi pengunjung. 

Apa yang salah? Usaha belum maksimal dalam memviralkan blog atau apanya? Seorang penulis blog kadang dituntut tidak hanya bekerja keras tetapi juga bekerja cerdas. Selain dalam menulis kontent dan mempercantik blog, seorang blogger tentu harus bisa mengidentifikasi inti permasalahnnya terletak dimana lalu mengambil langkah tegas untuk menyelesaikan permasalahn itu. Berikut ini beberapa permasalahan mengapa blog kita sepi pengunjung sesuai dengan pengalaman saya sendiri sebagai seorang blogger pemula.

1. Kita Belum Menemukan Siapa Target Pembaca Blog
Mengetahui dan menentukan siapa yang menjadi target pebacamu sangat penting. Seperti halnya ketika menjajakan pakaian couple pada jomblo, tentu baju tersebut kemungkinan besar tidak akan laku. Tetapi ketika mnejajakan pakaian couple pada yang memiliki pasangan maka kemungkina untuk tidak terjual kecil. Oleh karenanya, tentukan dahulu siapa target pembacamu. Dengan demikian langkah awal sudah kita tentukan untuk mendapatkan pengunjung. 

2. Kontent Belum Menarik
Kadang kita beranggapan bahwa kontent yang kita tulis sangat menarik, tetapi itu hanya dari sudut pandang kita saja. Sedangkan realitanya tidak menurut pembaca. Kenapa bisa demikian? karena kita hanya memandang dari sudut pandang penulis, bukan sudut pandang seorang pembaca. Karena penulis yang baik haruslah bisa memberikan suasana nyaman pada pembaca, jika tidak maka kita sudah tergolong dalam penulis egois. Faktanya, apa yang kita anggap menarik belum tentu menarik bagi pembaca, hal ini disebabkan oleh persepsi yang berbeda antara setiap orang.

3. Halaman Blog Belum Ringan
Halaman blog yang berat sangat berpengaruh pada pengunjung. Bayangkan saja jika kita dalah seorang pengunjung, ketika loading lama maka apa yang kita lakukan, tentu menutup blog itu dan mencari blog yang lain. Jadi cobalah untuk memilih template yang ringan-ringan saja dan kurangi penggunaan widget-widget yang tidak perlu. Karena penggunaan banyak widget berpengaruh pada kecepatan halaman blog. 

4. Belum Bisa Membuat Pembaca Nyaman
Nah, point yang satu ini penting juga untuk dipertimbangkan. Karena ketika pengunjung blog merasa tidak nyaman, kejadian seperti point 3 otomatis akan terjadi. Usahakan kalau ada widget, gunakan widget sederhana tanpa ada widget melayang karena bisa saja hal itu mengganggu ruang baca pengunjung. 

5. Belum Mengandalkan SEO
Point terakhir ini belum terlalu penting untuk dipahami oleh blogger pemula. Karena SEO bisa dipelajari sambil jalan, jadi jangan terlalu terpaku dengan istilah SEO. SEO memang dibutuhkan dalam blog, tetapi point-point diatas lebih penting. Jika sahabat bertanya apa itu SEO, sahabat bisa mencari refrensi yang lebih memadai mengenai SEO itu sendiri. Karena penulis blogsadli masih belajar tentang SEO.

6. Kurang Maksimal Mempromosikan Blog
Mungkin sahabat bertanya kenapa saya menambahkan point ini. Karena kadang kita salah mempromosikan blog kita, pembahsan mengenai kepenulisan malah kita share di group keorganisasian, parenting, kesehatan atau diluar group kepenulisan. Hal ini akan berakibat pada account kita nantinya aka dianggap spam. Dan ini terkadang seringkali terjadi pada kita. Jadi promosikan blog sesuai dengan tema bahasan blog kita. 

Sekian dulu sedikit bahasan mengenai kenapa blog kita sepi pengunjung. Semoga setelah membaca artikel ini, sahabat bisa menerapkannya dan bisa meningkatkan pengunjung blog sahabat. 


Terimakasih sudah membaca
Salam Literasi...

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung