Jodoh Terbaik Untukmu

Jodoh Terbaik Untukmu
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S Al-Hujarat; 13)

Setiap mahluk diciptakan berpasang-pasangan, maka tidak perlu terlalu merisaukan perihal jodoh. Sadar atau tidak, terkadang kita dirisaukan masalah kapan bertemu jodoh, dimana akan dipertemukan dam dengan siapa akan dipertemukan. Secara tidak langsung sebenarnya kita telah meragukan bahwa Allah Maha Mengetahui yang baik untuk kita. Karena yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah.

"...... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui." (Q.S Al-Baqarah; 216)

Hal ini berarti bahwa Allah mengetahui apa yang lebih baik untuk kita. Maka tetaplah dalam kesabaran menanti (bagi muslimah) dan tetaplah sibuk memperbaiki diri (bagi muslim). Satu catatan penting bahwa yang namanya jodoh tidak akan menjauh walaupun kita berlari mendekatinya, dan maut tidak akan menjauh walaupun kita berlari menjauh darinya. Lalu untuk apa sebuah kegalauan perihal jodoh? Tetaplah kalem dan memperbaiki diri agar Allah mengirimkan jodoh terbaik. 

“Wahai manusia, bertaqwalah kamu sekalian kepada Tuhanmu yang telah menjadikan kamu satu diri, lalu Ia jadikan daripadanya jodohnya, kemudian Dia kembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang banyak sekali.” (Q.S An-Nisa' ; 1)

Tapi saya sudah berumur dan teman seangkatanku sudah menikah?
lalu apa masalahnya? karena menikah itu bukan perkara siapa yang cepat tetapi siapa yang tepat. Ya, tepat karena ketika mencintainya tidak mengurangi cinta kita pada Allah melainkan menjadikan kita lebih dekat dengan Allah. Karena jodoh terbaik akan menuntun ke jalan yang baik. Oleh karenanya tetaplah kalem dan berproses menjadi lebih baik agar segera diberikan jodoh terbaik. Karena laki-laki yang baik hanya untuk wanita yang baik. 

Tapi saya belum bisa move on dari masa lalu? 
Itulah ketika kita hanya terpaku pada satu nama, maka akan merasakan yang namanya sakitnya sebuah pengharapan. Cukup tanamkan dalam diri bahwa dia yang pergi akan digantikan dengan pilihan terbaik. Ketika tidak dijodohkan dengan ia yang selalu kita sebut namanya dalam do'a, insyaAllah Allah akan mengirimkan dia yang selalu menyebutmu dalam do'anya. Karena Allah selalu tahu mana yang terbaik untuknya. 

Tapi saya sudah gagal melamar beberapa wanita, bagaimana?
Sudahlah, gagal melamar bukan akhir dari segalanya sahabat. Karena masih banyak wanita-wanita terbaik di Indonesia yang bersedia menikah dengan laki-laki baik dan shalih (insyaAllah) sepertimu sahabat. Kalau terus-terusan gagal melamar maka coba kembali sampai nanti Allah berkata "inilah akhir dari penantian panjangmu", intinya tetaplah berusaha dan berdo'a serta jangan lupa terus perbaiki diri agar pantas mendapatkan jodoh terbaik.

Jodoh itu punya masa. Karena bisa saja kita hanya berjodoh sekedar pertemuan lalu yang kita temui dipersunting orang. Karena bisa jadi kita hanya berjodoh sebelum proses menikah. Mungkin sahabat pernah mendengar kisah mengenai seorang wanita yang keluarganya menginginkan ia menjadi pengantin di dunia tetapi Allah menginginkannya menjadi pengantin di surga. 

Ada seorang wanita di Qatar yang saat berjodoh dengan maut dalam keadaan shalat. seorang perempuan yang taatnya luar biasa. Pada hari pernikahannya, dia sudah didandani dengan pakaian yang luar biasa, lalu kemudian di make up. 
Kemudian adzan Isya berkumandang, Ibunya datang dan berkata "naak ayo keluar."
Kata anaknya "mah tiba panggilan Allah."
Kata ibunya "bisa diakhirkan tamu sudah menunggu."
"Mah izinkan saya shalat dahulu" jawabnya.
"Kalau kamu shalat make up kamu habis" kata ibunya.
"Mah, izinkan saya memenuhi ketaatan kepada Allah"
Ibunya marah dan keluar mengatakan kamu tidak taat dengan mamah. Kemudian sang gadis wudhu, lunturlah make up itu sebagian ketika shalat. Shalatnya nikmat, khusuk, baik, rukuk. Lalu begitu sujud tenaaang, begitu tenang dan saking tenangnya tidak bangun-bangun.

Manusia menginginkan ia menjadi pengantin dunia tetapi Allah menginginkan ia menjadi pengantin di surga. Itulah jodoh terbaik untuknya, dan seketika itu membuat para bidadari cemburu padanya.

Sekian sedikit pembahasan mengenai jodoh terbaik, semoga bisa memberikan manfaat. jika dirasa baik silahkan di share... 
Terimakasih

Salam Literasi..... 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung