Mencari Sakinah Dalam Hidup



Sakinah berasal dari kata litaskunu, sakana, sakinah yang diartikan sebagai ketenangan. Biasanya kata sakinah selalu disandingkan dengan mawaddah dan warahmah, sehingga tidak banyak yang mengerti bagaimana sebenarnya sakinah itu. Menjalani kehidupan yang sakinah sudah menjadi harapan dan impian setiap insan manusia, namun terkadang kita sendiri masih belum tahu bagaimana mendapatkan sakinah dalam hidup.
Umpama 1 buah apel yang kita beli di toko buah, apel tersebut jika kita lihat dari luar nampak mulus dan manis. Akan tetapi, kita belum tahu bagaimana dalamnya sebuah apel tersebut. Apakah benar mulus seperti nampak diluar ataukah hanya nampak bagus dari luar tetapi dalamnya berulat. Seperti itulah perumpamaan kita manusia, bisa jadi memang mendapatkan gemerlapnya hidup dengan kondisi sosial yang bagus namun siapa yang tahu jika dengan kondisi demikian kita dapat memperoleh ketenangan dalam hidup.

Jika hidup jauh dari ketenangan, maka harta dan pangkat hanyalah aksesoris semata. Karena ketika kita tidak memperoleh sakinah dalam hidup, bisa jadi makan tak enak, tidurpun tak lena. Namun jika sakinah sudah tumbuh subur dalam hati, hidup akan terasa lebih bermakna. Berbagai cara kita lakukan untuk bisa mendapatkan sakinah dalam hidup, mulai dari mencoba sesuatu yang baru hingga kembali mencoba mengulang masa lalu namun sayang sungguh disayang tidak diperoleh ketenengan hidup melainkan memperoleh kebimbangan.

Cobalah untuk menerapkan tips berikut ini, semoga saja ketenangan hidup bisa diperoleh.

Cobalah Untuk Mengikhlaskan

Nah, ini adalah cara yang memang sulit. Namun jika kita terus berusaha dan berdoa, akan kita rasakan sendiri bagaimana efeknya jika kita mencoba untuk mengikhlaskan. Misalnya jika kita putus hubungan dengan orang yang disayang, maka cukup iklhaskan saja walaupun sulit bagi kita. Paling tidak, bisa sedikit menghilangkan beban dalam pikiran sehingga bisa sedikit memberika ketenangan batin. Apabila kita tidak mendapatkan apa yang kita harapkan, cobalah untuk ikhlas dan pandangi lagi bagaimana cara kita untuk mencapai tujuan itu.

Cobalah Untuk Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu hal yang seringkali dilupakan kita sebagai insan manusia, kita lupa bahwa dibalik ujian dan cobaan yang sedang Tuhan berikan masih banyak sekali kebahagiaan yang diberikan-Nya untuk kita. Jadi cobalah untuk bersyukur dan dengan demikian, kita tidak akan terlalu terobsesi untuk mendapatka apa yang orang lain dapatkan. Dengan banyak bersyukur, kita bisa mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan hati.

Demikain sedikit tips, semoga bisa diterapkan dan dilaksanakan untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung